alasan dibalik mualnya ibu hamil

Ini Dia Alasan di Balik Mualnya Ibu Hamil

Bagi seorang wanita, kehamilan adalah suatu momen yang akan menyempurnakan hidupnya. Namun, terkadang efek dari masa kehamilan sangatlah membuat ibu hamil menjadi tidak nyaman seperti merasakan mual dan muntah di trimester pertama kehamilan. Walaupun hal ini lumrah terjadi karena banyak alasan, terkadang karena kurangnya pengalaman dan pengetahuan akan kehamilan, banyak ibu muda yang justru merasa khawatir dan panik serta lantas takut makan sebab enggan merasa mual. Apakah Bunda juga termasuk seperti itu?

Tak sepenuhnya buruk, pada dasarnya munculnya rasa mual dan ingin muntah saat mengandung ternyata menandakan kondisi kehamilan yang normal. Namun beda halnya bagi ibu hamil yang berusia lebih dari 30 tahun, merasa mual dan muntah saat mengandung terbukti mengurangi risiko keguguran dini. Lalu, sebenarnya, apa sih yang menjadi penyebab munculnya mual dan muntah di masa kehamilan?

1. Human Chorionic Gonadotropin(HCG)

Pada dasarnya, tak lama setelah sel telur dibuahi, tubuh akan memproduksi Human Chorionic Gonadotropin (HCG). Sebuah hormon yang dicurigai menjadi penyebab timbulnya rasa mual saat mengandung. Selain itu, rahim yang membesar turut mengganggu kinerja usus sehingga muncul beberapa keluhan lain, seperti rasa penuh pada lambung hingga nyeri ulu hati.

2. Meningkatnya Jumlah Estrogen dan Progesteron

Pada masa kehamilan tubuh memproduksi hormon HCG, hormone inilah yang dapat menyebabkan kondisi hormon tubuh secara keseluruhan terganggu. Salah satunya adalah dengan adanya peningkatan hormon estrogen dan progesteron hingga 40 kali lipat dari jumlah normal. Kondisi tersebutlah yang turut memperparah rasa mual dan muntah pada ibu hamil.

3. Timbulnya Reaksi Imunologik

Mungkin Bunda belum mengetahui apa itu reaksi imunologik tubuh. Pada dasarnya ini adalah suatu keadaan di mana sistem imun tubuh menolak kehadiran sel-sel plasenta yang menempel di dinding rahim karena dianggap sebagai sel asing. Karena hal tersebutlah, ibu hamil akan merasakan mual terutama di trimester pertama.

4. Lebih Sensitif Terhadap Bau-Bauan

Memang bukan hal yang tabu jika ibu hamil menjadi sensitif terhadap banyak hal, termasuk dalam hal mencium aroma tertentu. Banyak lho kasus di mana ibu hamil merasa mual dan ingin muntah saat menghirup bau yang menyengat, seperti bau badan orang, durian, bau nasi hingga bau amis.

5. Hindari Stres

Bagi Bunda yang sedang menjalani masa kehamilan, sangat dianjurkan untuk tidak terbebani oleh masalah yang dapat mengganggu suasana hati hingga menyebabkan stres. Alasannya tidak lain karena ibu hamil yang mengalami kondisi psikis tidak baik seperti stres, cemas dan panik biasanya lebih sering merasa mual dan muntah.

Meskipun rasa mual dianggap wajar pada trismester masa kehamilan, namun yang perlu diperhatikan adalah dehidrasi akibat terlalu banyak cairan tubuh yang terbuang akibat muntah-muntah. Hati-hati, lho! Karena banyak ibu hamil yang harus menjalani perawatan medis karena cairan tubuh berkurang drastis.

Lalu bagaimana cara mengatasinya?

Selain mengonsumsi obat-obatan, sebenarnya ada banyak cara sederhana yang dapat Bunda terapkan setiap hari, seperti banyak minum air putih, menjaga keseimbangan pola makan, menyiapkan camilan, hindari mengenakan pakaian yang longgar dan menghirup aroma terapi.