Bolehkah Ibu Hamil Minum Kopi? Ini Jawabannya!

bolehkah ibu hamil minum kopiBolehkah ibu hamil minum kopi?— Kopi, sebagaimana yang kita ketahui adalah minuman favorit di seluruh dunia dengan beragam macam jenisnya. Tercatat, tidak kurang dari 400 milyar cangkir kopi yang dikonsumsi tiap tahunnya diseluruh dunia. Uniknya, kopi ini bukan hanya minuman favorit bagi kaum pria, melainkan juga kaum wanita tidak luput dari menjadikan kopi sebagai minuman favorit mereka.

Namun, untuk wanita yan sedang hamil, ada pertanyaan yang teramat penting di sini, yaitu:

“Bolehkah wanita yang sedang hamil minum kopi?”

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, alangkah baiknya kita jawab dengan memberikan ulasan yang detail yang mengarah kepada jawaban dari pertanyaan tersebut.

Sehingga anda memiliki pemahaman yang benar tentang boleh tidaknya minum kopi saat seorang wanita sedang hamil.

Ada kesepakatan umum, bahwa wanita (baik yang ingin hamil atau yang sedang hamil) sebaiknya menghindari mengkonsumsi kafein seperti misalnya kopi (di mana kopi tercatat sebagai minuman yang mengandung kafein tinggi).

Alasannya, kafein yang terkandung di dalam kopi dapat dengan mudah menembus plasenta ibu yang sedang hamil dan dampaknya bisa buruk untuk detak jantung bayi.

Penelitian Terkait dengan Pertanyaan Bolehkah Ibu Hamil Minum Kopi?

Banyak studi yang telah dilakukan yang meneliti hubungan antara mengkonsumsi kopi dan pengaruhnya dengan ibu hamil.

Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

Sebuah studi yang dilakukan di Denmark seperti yang dilansir oleh babycenter.com menghasilkan kesimpulan bahwa:

“Setelah beberapa jam dari kelahirannya, terdapat adanya resiko kematian pada bayi sebesar 2x lipat pada ibu hamil yang mengkonsumsi kopi sebanyak 8 cangkir setiap harinya dibandingkan dengan wanita yang tidak mengkonsumsi kopi”.

Studi lainya juga menemukan fakta, bahwa ibu hamil yang sering mengkonsumsi kafein sebanyak 200 mg atau lebih setiap harinya, memiliki resiko mengalami keguguran sebesar 2x lipat dari wanita yang tidak mengkonsumsi kafein.

Lebih jauh, ada studi yang mengungkapkan fakta yang cukup menarik…

…bahwa wanita yang baru saja melahirkan, di mana wanita tersebut memiliki riwayat suka minum kopi sebanyak 500 gram atau lebih setiap harinya, bayinya terlahir dengan kondisi pernapasan dan juga detak jantung yang lebih cepat dari bayi normal pada umumnya”.

Dengan merujuk pada beberapa studi di atas, maka bisa disimpulkan:

“Wanita (baik yang ingin dan khususnya yang sedang hamil) sebaiknya tidak mengkonsumsi kopi mengingat bahaya yang akan ditimbulkannya seperti yang termuat dalam beberapa studi di atas.”

Sekadar informasi buat anda, ada pendapat lain yang mengatakan, “wanita yang sedang hamil boleh saja minum kopi, namun dengan catatan tidak boleh berlebihan”.

Artinya, wanita yang sedang hamil dan memiliki kegemaran mengkonsumsi kopi, boleh saja tetap mengkonsumsi kopi namun dengan catatan:

“Wanita tersebut harus mengurangi takaran kopi yang diminumnya”, yakni tidak lebih dari 200 mg atau 2 cangkir perharinya.

Namun menurut hemat kami, untuk hasil yang lebih maksimal dan sekaligus untuk menghindari kemungkinan terburuk yang dapat terjadi…

…maka kami menganjurkan anda untuk menghindari mengkonsumsi kopi selagi sedang hamil.

Oleh karena itu, merupakan pilihan yang bijaksana dan tepat jika saat ini anda sedang hamil dan anda memutuskan untuk menghindari mengkonsumsi kopi sementara waktu — paling tidak sampai anda selesai melahirkan.

Itulah yang dapat kami share pada anda seputar pertanyaan Bolehkah Ibu Hamil Minum Kopi?.

Semoga informasi yang disajikan di artikel ini bermanfaat untuk anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *