ibu hamil naik sepeda motor

Bolehkah Ibu Hamil Muda Mengendarai Sepeda Motor?

Setelah menikah, kehamilan adalah yang paling diinginkan oleh seorang wanita.

Sehingga ketika berhasil hamil, wanita sangat berhati-hati dengan kandungannya, terlebih jika usia kandungan masih di trimester awal kehamilan.

Sebab kehamilan dengan usia kandungan yang masih muda sangat beresiko keguguran.

Karena itulah ibu hamil muda dianjurkan untuk menghindari aktivitas yang dapat memicu terjadinya keguguran.

Nah pertanyaan adalah: “bolehkah ibu hamil muda mengendarai sepeda motor?”

Menurut pakar kesehatan, ibu hamil muda masih diperoblehkan mengendari sepeda motor, namun dengan catatan, ibu hamil yang bersangkutan berada dalam kondisi yang baik.

Kondisi yang baik maksudnya adalah dalam pemeriksaan rutin, dokter menyatakan kamu masih berada dalam keadaan yang sehat begitupun dengan janin kamu.

Nah dalam keadaan yang seperti ini, mengendarai sepeda motor masih diperbolehkan.

Namun, ada beberapa hal yang mesti diperhatikan oleh ibu hamil muda saat naik motor.

Yaitu hindari sebisa mungkin goncangan, karena jika sampai terjadi gonjangan yang cukup keras, kamu bisa mengalami kram di perut dan bahkan bisa mengalami pendarahan.

Karena itu, ketika mengendarai sepeda motor, usahakan berhati-hati, jangan sampai ada gonjangan yang keras, karena sangat beresiko untuk janin yang sedang dikandung.

Selain itu, ibu hamil muda yang ingin naik sepeda motor juga disarankan untuk menggunakan semacam sabuk penopang kehamilan…

…ini berfungsi untuk meredam getaran akibat gonjangan yang mungkin saja terjadi.

Baca juga: Bolehkah Ibu Hamil Naik Pesawat?

Jadi kesimpulannya, mengendarai sepeda motor masih diperbolehkan bagi ibu hamil muda, namun dengan catatan kondisinya memang dalam keadaan yang baik setelah melakukan pemeriksaan rutin ke dokter.

Dan selain itu, ikuti tips sederhana yang disebutkan di atas, karena dapat meminimalisir hal buruk yang bisa saja terjadi saat menaiki sepeda motor.

Namun menurut hemat kami, ibu hamil muda meskipun dinyatakan sehat oleh dokter dan diperbolehkan naik motor oleh pakar kesehatan, kami tetap menganjurkan untuk menghindari sebisa mungkin mengedarai sepeda motor demi keselamatan janin.

Karena jika terjadi sedikit saja kesalahan, maka sangat mungkin menyebabkan keguguran.

Demikian yang dapat kami jelaskan terkait pertanyaan…bolehkah ibu hamil muda mengendarai sepeda motor — semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *