Bolehkah Ibu Hamil Naik Pesawat?

bolehkah ibu hamil naik pesawatBolehkah ibu hamil naik pesawat? Inilah topik pembahasan kita pada artikel kali ini. Adakalanya, karena urusan penting yang mendesak atau karena hal lain, mengharuskan kita untuk pergi dengan naik pesawat. Hal ini tentunya bukan masalah jika anda tidak sedang hamil. Namun masalahnya adalah, bagaimana jika anda sedang hamil? Boleh naik pesawat? Apakah tidak akan membahayakan anda dan juga janin yang sedang anda kandung?

Sebenarnya, tidak ada larangan naik pesawat bagi ibu hamil dan itu aman-aman saja selagi kondisi fisik ibu hamil yang bersangkutan memang dalam keadaan yang baik.

Menurut ACOG : American Collage of obstetrician and Gynecologist, suatu organisasi kebidanan dan kandungan Amerika Serikat, bahwa bepergian dengan naik pesawat tidaklah membahayakan baik bagi ibu hamil maupun janin yang sedang dikandungannya.

Dengan catatan, TIDAK TERLALU SERING!

Meskipun begitu, tetap ada hal yang perlu diperhatikan oleh ibu hamil sebelum bepergian dengan pesawat — yaitu harus berkonsultasi dulu dengan dokter kandungan.

Yang perlu dikonsultasikan adalah, apakah kondisi fisik dan juga kandungan anda memang memungkinkan untuk bepergian dengan naik pesawat atau tidak.

Jika memang dokter menyatakan bahwa kondisi fisik anda memungkinan, maka anda tentu boleh untuk naik pesawat dan itu tidak mengapa.

Namun juga perlu dicatat, bahwa ibu hamil yang boleh naik pesawat disini adalah ibu hamil yang kehamilannya masih di trimester 2 (usia kandungan 4 – 6 bulan).

Ibu hamil yang di trimester awal kehamilan tidak dianjurkan untuk naik pesawat karena kadang masih rentan dengan perasan mual, muntah, morning sickness dll yang kerap dialami oleh ibu hamil di trimester awal kehamilan (usia kandungan 1 – 3 bulan).

Selain itu, ketika kehamilan juga sudah memasuki trimester 3 (usia kandungan 7 bulan ke atas), ibu hamil juga tidak diperkenankan untuk naik pesawat, karena dengan usia kandungan 7 bulan ke atas, anda akan mudah lelah dan butuh banyak istirahat.

Sehingga naik pesawat dengan kandungan di usia seperti ini bisa membuat anda semakin lelah dan tentunya ini tidak baik untuk anda maupun janin anda.

Jadi kesimpulan dari pemabahasan kita seputar bolehkah ibu hamil naik pesawat adalah:

Ibu hamil boleh bepergian dengan pesawat, namun dengan catatan:

  • Dokter menyatakan bahwa kondisi fisik anda memungkinkan untuk naik pesawat.
  • Kehamilan anda haruslah berada di trimester 2 (usia kandungan 3 – 6 bulan).
  • Konsumsi banyak cairan sebelum pergi agar tidak dehidrasi.
  • Memilih tempat duduk yang bisa membuat anda leluasa untuk bergerak, seperti misalnya kursi disebelah lorong.
  • Renggangkanlah kaki anda selama di tempat duduk.
  • sekali-kali berdiri jika memungkinkan.
  • kencangkan sabuk pengaman di bawah perut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *