9 Jenis Buah yang Baik Untuk Ibu Hamil

buah yang baik untuk ibu hamilBuah yang baik untuk ibu hamil — Wanita yang sedang hamil perlu memperhatikan asupan nutrisi bagi tubuhnya termasuk nutrisi dari  buah-buahan. Buah menjadi sangat penting untuk wanita yang sedang hamil karena buah mengandung berbagai macam nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh seperti vitamin, mineral dan serat, di mana nutrisi tersebut sangat dibutuhkan untuk menunjang tumbuh kembangnya janin yang optimal.

Itulah alasannya mengapa banyak dokter kandungan sangat mengajurkan anda untuk mengkonsumsi buah selama masa kehamilan.

Selain untuk menunjang tumbuh kembangnya janin yang optimal, buah juga berguna untuk menjaga kondisi wanita yang sedang hamil agar tetap prima dan juga untuk mencegah hal-hal buruk yang bisa terjadi karena kekurangan nutrisi.

Salah satu manfaat buah untuk ibu hamil yaitu, buah dengan kandungan seratnya dapat mencegah/mengatasi sembelit yang kerap terjadi pada wanita yang sedang hamil.

Mendukung tumbuh kembangnya janin yang optimal dan juga mencegah/mengatasi sembelit hanyalah satu dari sekian banyak manfaat buah untuk ibu hamil, masih banyak manfaat lainnya.

Nah, mengingat manfaatnya yang sangat besar untuk ibu hamil dan juga janin yang sedang dikandungnya, maka di artikel ini kami membahas beberapa jenis buah yang sangat dianjurkan oleh para dokter kandungan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil.

Berikut 9 Jenis Buah Yang Baik Untuk Ibu Hamil yang Perlu Anda Konsumsi

1. Apel

Buah apel dengan kandungan serat sebanyak 3 – 4 gram/biji membuatnya menjadi buah pilihan yang baik dan dianjurkan dikonsumsi oleh ibu hamil.

Serat yang dikandung oleh buah apel ini berguna untuk memperlancar pencernaan sehingga sangat efektif dalam mencegah/mengatasi susah buang air besar (sembelit) yang acap kali dialami oleh wanita yang sedang hamil.

Selain itu, dengan kandungan seratnya juga, buah apel akan membuat kotoran menjadi lebih padat sehingga dapat mengobati penyakit diare.

Dengan 2 manfaat utama di atas, yaitu dapat mencegah sekaligus mengatasi sembelit serta bisa mengobati penyakit diare, maka buah ini menjadi buah pilihan yang sangat baik dan dianjurkan untuk anda konsumsi selama masa kehamilan.

2. Pisang

Pisang dengan kandungan nutrisinya yang cukup lengkap, yaitu mengandung asam folat tinggi, Vitamin B6, Vitamin C, magnesium dan kalium menjadikkanya sebagai salah satu buah yang baik untuk ibu hamil dan sekaligus paling baik untuk kesehatan.

Asam folat yang terkandung di dalamnya sangat bermanfaat untuk anda yang sedang hamil karena dapat menutrisi otak janin sehingga berkembang dengan baik dan terbentuk dengan sempurna.

Kekurangan asam folat pada masa kehamilan bisa menyebabkan janin menderita Anencephaly, yaitu suatu kondisi di mana otak janin tidak berkembang dan terbentuk dengan sempurna.

Kemudian, vitamin B6 yang juga terkandung dalam pisang berguna untuk mengurangi sensasi mual dan muntah yang acap kali dialami oleh wanita yang sedang hamil.

Sementara itu, magnesium dan kalium berguna untuk meregulasi cairan tubuh sehingga anda yang sedang hamil terhindari/telindungi  dari mengalami komplikasi kehamilan yang mungkin terjadi.

Dengan segundang manfaat pisang bagi ibu hamil seperti yang dijelaskan di atas, maka anda sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi 1 buah pisang/hari selama masa kehamilan.

3. Alpukat

Sama dengan pisang, alpukat juga merupakan buah yang sangat baik dikonsumsi oleh anda yang sedang hamil karena memiliki kandungan asam folat yang tinggi.

Dalam setiap 100 gram alpukat terdapat setidaknya 20 mcg asam folat.

Asam folat selain berguna untuk mencegah janin dari mengalami anencephaly seperti yang disebutkan di atas, juga berguna untuk menyempurnakan pertumbuhan struktur tulang belakang janin di trimester awal kehamilan.

Manfaat lain dari asam folat yang terkandung di dalam alpukat adalah dapat menurunkan resiko anemia, insomnia, depresi serta penyakit preeclampsia.

Selain itu, dalam satu buah alpukat juga terkandung berbagai macam jenis vitamin dan mineral (tepatnya 11 vitamin dan 14 mineral).

Jenis vitamin yang dikandung oleh buah yang baik untuk ibu hamil yang satu ini diantaranya adalah Vitamin B1, B2, B6, Vitamin C, Vitamin E dan  Vitamin K, yang mana semua jenis vitamin ini sangat dibutuhkan oleh ibu hamil dan janin selama masa kehamilan.

Dan yang menjadi nilai tambah dari alpukat yang kebanyakan tidak dimiliki oleh buah-buahan lain adalah terletak pada kandungan lemak tak jenuhnya yang cukup tinggi yang sangat baik untuk tubuh, khususnya untuk anda yang sedang hamil.

4. Stroberi

Jenis buah berikutnya yang juga sangat baik dan dianjurkan untuk dikonsumsi oleh wanita selama menjalani kehamilan adalah stroberi.

Sama seperti pisang dan alpukat, buah yang kecil, merah dan memiliki rasa khas yang asam manis ini juga memiliki kandungan asam folat yang melimpah.

Setidaknya terdapat 24 mcg asam folat / 100 gram buah stroberi, di mana ini lebih banyak dari asam folat yang dikandung oleh alpukat dalam jumlah yang sama.

Dengan kandungan asam folatnya yang tinggi inilah sehingga wanita yang ingin cepat hamil sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi buah stroberi ini.

Namun kelebihan utama dari stroberi ini dibandingkan dengan buah lainnya adalah karena buah ini kaya dengan pigmen warna antosianin yang dapat menjadi antioksidan.

Dengan kandungan antioksidannya, stroberi dapat menjadi imunitas bagi tubuh ibu hamil sehingga terhindar dari radikal bebas dan sekaligus juga membantu tubuh dalam memperbaik sel yang rusak.

Selain itu, stroberi juga mengandung mineral yang berguna dalam membantu pertumbuhan tulang janin yang sedang dikandung sehingga menjadi lebih kuat dan kokoh.

Dengan beragam manfaatnya tersebut, maka tidak heran jika stroberi juga menjadi salah satu buah yang sangat dianjurkan oleh para dokter kandungan untuk dikonsumsi oleh wanita yang ingin atau sedang hamil.

5. Semangka

Semangka yang merupakan jenis buah yang mengandung banyak air ini, ternyata mengandung berbagai jenis nutrisi yang penting untuk ibu hamil seperti Vitamin A, Vitamin B6, Vitamin C, kalium dan juga kalsium yang melimpah.

Dengan kandungan nutrisinya yang beragam jenis dan melimpah, maka semangka juga menjadi salah satu jenis buah yang baik untuk ibu hamil konsumsi selama masa kehamilan.

Mineral kalium dan juga magnesium yang terkandung dalam buah semangka akan sangat membantu dalam menjaga fungsi pertahanan tubuh anda selama menjalani kehamilan.

Bila buah semangka dikonsumsi di trimester akhir kehamilan (bulan ke-7 s/d bulan ke-9 kehamilan), maka itu dapat mengatasi/mengurangi rasa tidak nyaman pada lambung anda, mencegah pembengkakan pada kaki  dan tangan dan juga akan menjaga otot anda dari mengalami rasa kram.

6. Mangga

Sebuah keberuntungan jika anda yang sedang hamil ngidam mangga.

Pasalnya, buah yang memiliki rasa asam dan manis ini, di dalamnya terkandung berbagai jenis nutrisi penting yang dibutuhkan oleh wanita selama masa kehamilan seperti Vitamin A, Vitamin C, Vitamin E, serat dan juga antioksidan.

Antioksidan yang terkandung dalam buah mangga sangat efektif dalam membantu ibu hamil menjaga sistem imunitas tubuhnya (fungsi pertahanan tubuh) sehingga akan menghindarkan anda yang sedang hamil dari resiko terkena penyakit infeksi.

Disisi lain, vitamin C dan serat yang juga terkandung dalam buah mangga sangat efektif dalam memperlancar proses pencernaan, sehingga dapat mencegah ibu hamil dari mengalami sembelit (susah buang air besar) dan juga kondisi konstipasi.

Meskipun begitu, mangga sebagai salah satu jenis buah-buahan yang baik untuk wanita selama menjalani kehamilan ini cukup dijadikan sebagai makanan selingan saja.

7. Lemon

Buah lemon yang biasanya dijadikan sebagai infused water untuk program diet oleh sebagian orang, ternyata memiliki banyak manfaat untuk wanita yang sedang hamil sehingga menjadikannya sebagai salah satu buah yang baik untuk ibu hamil.

Salah satu keunggulan buah lemon dibandingkan buah lainnya adalah, dengan rasanya yang asam namun menyegarkan, buah ini sangat efektif dalam mengurangi rasa mual, morning sickness dan berbagai masalah kehamilan lainnya yang kerap di alami oleh wanita yang sedang hamil.

Lemon yang merupakan salah satu dari jenis jeruk, tentu mengandung banyak vitamin C dan juga antioksidan yang sangat baik dalam menjaga sistem imun tubuh anda dan juga membantu dalam mempercepat  perbaikan sel-sel tubuh yang rusak.

Buah lemon ini bisa anda konsumsi secara bergantian dengan buah mangga karena sama-sama mengandung vitamin C dan juga antioksidan.

8. Anggur

Anda tentu sering mendengar mitos seputar kehamilan yang mengatakan bahwa buah anggur merupakan buah yang dilarang untuk dikonsumsi oleh wanita yang sedang hamil.

Namun mitos ini TIDAK BENAR!

Anggur dengan kandungan vitamin A nya yang tinggi justru menjadi salah satu dari jenis buah yang baik untuk ibu hamil konsumsi.

Vitamin A yang dikandungnya akan menstabilkan serta menyeimbangkan laju metabolisme tubuh, di mana ini sangat bermanfaat untuk ibu hamil karena metabolisme tubuh yang stabil secara otomatis akan memperlancar peredaran darah keseluruh tubuh termasuk juga ke janin.

Dengan lancarnya aliran darah ke janin, maka janin akan terhindar dari resiko kekurangan oksigen, di mana kita tahu bahwa kekurangan oksigen bisa menyebabkan kematian pada janin.

Nah, dengan melihat manfaatnya, maka anggur sangat dianjurkan untuk anda konsumsi selama menjalani kehamilan dan bukannya justru dihindari seperti mitos yang beredar.

9. Jambut batu

Biasanya jambu batu hanya dijadikan jus oleh kebanyakan orang (disebut juga jus jambu batu) untuk penderita demam berdarah.

Namun ternyata, jambu batu memiliki manfaat lebih dari itu, yaitu dapat mengurangi sensasi mual dan muntah yang kerap di alami oleh wanita saat sedang hamil.

Dengan manfaatnya itu, tak heran jika jambu batu juga menjadi salah satu buah yang baik untuk ibu hamil konsumsi selama kehamilan.

Selain itu, jambu batu juga mengandung Vitamin C, Vitamin E, polifenol, iso-flavonoid dan karotenoid yang berfungsi dalam meningkatkan sistem imunitas tubuh menjadi lebih baik dan juga memperlancar aliran darah selama masa kehamilan.

Dan manfaat terkahir jambu batu adalah dapat memperlancar pencernaan anda serta membantu perkembang saraf janin yang sedang anda kandung agar terbentuk dengan sempurna.

Cara terbaik dalam mengkonsumsi jambu batu untuk wanita yang sedang hamil adalah dijadikan jus baru kemudian diminum.

Itulah 9 jenis buah yang baik untuk ibu hamil konsumsi selama menjalani kehamilan.

Dengan rutin mengkonsumsi buah selama masa kehamilan, maka anda dan juga janin anda akan lebih sehat dan terhindari dari berbagai resiko yang mungkin terjadi akibat dari kekurangan nutrisi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *