Cara Mengatasi Mual Dan Muntah Di Awal Kehamilan Secara Alami

cara mengatasi mual dan muntah di awal kehamilanCara mengatasi mual dan muntah di awal kehamilan, inilah yang kita bahas di artikel kali ini. Mual dan muntah adalah hal yang umum terjadi pada ibu hamil di awal kehamilan (usia kandungan 1 – 3 bulan). Mual dan muntah ini tentunya tidak menyenangkan bagi wanita karena menyebabkan turunnya nafsu makan, perasaan menjadi tidak enak dan kondisi fisik menjadi lemas. Karena itu anda perlu tahu bagaimana cara mengatasinya.

Hal paling umum yang menyebabkan munculnya rasa mual dan perasaan ingin muntah di awal kehamilan adalah ketidakseimbangan hormon.

Saat hamil, tubuh melakukan penyesuaian diri yang menyebabkan terjadinya ketidakseimbangan hormon (salah satunya hormon estrogen) dalam tubuh wanita.

Kondisi hormon yang tidak stabil, baik dari kinerja maupun produksinya, inilah yang menyebabkan munculnya gejala mual dan muntah di awal kehamilan.

Mual dan muntah umumnya terjadi mulai dari minggu pertama hingga bulan ketiga kehamilan, meskipun juga pada beberapa wanita bisa mengalami mual yang lebih lama.

Mual dan muntah itu sendiri bukanlah suatu penyakit, melainkan hanya merupakan suatu gejala dan termasuk hal yang normal yang tidak perlu dikhawatirkan

Namun meskipun begitu, anda perlu untuk khawatir jika mual dan muntah tersebut sudah disertai dengan dehidrasi (kekurangan cairan pada tubuh).

Jika hal ini terjadi, anda perlu segera ke dokter untuk mengecek kondisi fisik anda, apakah muntah dan mual yang anda alami disebabkan karena ketidakseimbangan hormon atau karena sebab lain.

Namun jika mual dan muntah yang merupakan gejala awal kehamilan yang anda alami masih wajar (dalam artian tidak disertai dehidrasi)…

…maka 4 tips cara mengatasi mual dan muntah di awal kehamilan berikut perlu anda coba.

  • Mengkonsumsi jahe. Jahe sangat efektif untuk mencegah rasa mual dan perasaan ingin muntah saat hamil karena jahe bekerja secara anti-emetik pada sistem pencernaan untuk mencegah gejala mual dan muntah. Cara penggunaaannya adalah dengan mencapurkan jus jahe dan jus lemon masing-masing satu sendok teh dan dikonsumsi 3 – 4 kali sehari.
  • Minum teh mint. Minum teh mint juga merupakan salah satu cara yang efektif mengatasi gejala mual dan muntah, khususnya mual dan muntah yang disebabkan oleh sakit perut saat hamil. Cara penyajiannya adalah dengan menambahkan satu sendok makan daun mint kering ke dalam secangkir air panas, kemudian diamkan selama 5 sampai dengan 10 menit. Terakhir saring dan kemudian minum teh ini.
  • Sering minum air putih. Minum air putih dengan sering juga cukup ampuh mengatasi rasa mual dan perasaan ingin muntah. Minumlah air putih sedikit demi sedikit dengan sering. Jangan minum banyak sekaligus.
  • Hindari mengkonsumsi makanan padat saat rasa mual dan muntah muncul.

Itulah beberapa tips yang bisa anda coba untuk mengatasi gejala mual dan muntah yang kerap kali dialami oleh ibu hamil diawal kehamilan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *