cara supaya cepat hamil setelah haid

5 Cara Supaya Cepat Hamil Setelah Haid Terbukti Berhasil

Cara supaya cepat hamil setelah haid yang terbukti berhasil perlu anda ketahui jika saat ini anda sedang merencanakan untuk bisa segera hamil setelah haid anda selesai.

Mengetahui cara yang tepat untuk bisa segera hamil setelah selesai haid sangatlah penting, karena setelah haid lah proses ovulasi terjadi, suatu proses di mana sel telur dilepaskan dari ovarium menuju tuba fallopi untuk dibuahi oleh sperma.

Ovulasi itu sendiri hanya terjadi pada masa subur, sementara masa subur ini hanya terjadi pada hari-hari tertentu setelah haid selesai.

hamil cara cepat awal

Jadi agar bisa hamil dengan cepat setelah haid, yang pertama kali harus anda lakukan adalah mengetahui masa subur anda sendiri.

Tujuannya agar anda tahu kapan saat paling tepat untuk melakukan hubungan intim setelah haid yang memberikan peluang terbesar untuk anda hamil.

Selain mengetahui kapan masa subur, ada beberapa hal lain yang juga harus diperhatikan karena sangat menunjang terjadinya kehamilan.

Tanpa panjang lebar, langsung saja simak ulasannya berikut ini…

5 Cara Supaya Cepat Hamil Setelah Haid yang Harus Diperhatikan

1. Mengetahui masa subur

Seperti yang telah disebutkan diatas, mengetahui kapan masa subur sangatlah penting, karena itu, ini adalah hal pertama yang harus anda perhatikan agar setelah haid anda bisa langsung hamil.

Masa subur ini mencakup 2 bagian, yaitu masa subur untuk wanita yang siklus haidnya teratur dan masa subur wanita yang siklus haidnya tidak teratur.

  • Mengetahui masa subur yang siklus haidnya teratur

Jika siklus haid anda teratur 28 hari, maka masa subur anda adalah 14 hari sebelum hari pertama haid anda berikutnya.

Lebih jelasnya perhatikan contoh berikut:

Misalkan hari pertama haid anda adalah pada tanggal 2 maret.

Dengan demikian, maka hari pertama haid anda berikutnya adalah: 2 + 28 = 30 maret, sehingga masa subur anda terjadi pada tanggal 30 – 14 = 16 maret.

kalender masa subur siklus haid teratur

Jadi masa subur anda pada bulan maret tersebut adalah pada tanggal 13, 14, 15, 16, 17, 18 dan 19, dengan Puncak Masa subur adalah pada tanggal 16.

Tanggal 13, 14, 15, 17, 18 dan 19 adalah masa subur biasa.

Yang perlu anda lakukan selanjutnya agar cara supaya cepat hamil setelah haid ini bisa membuat anda segera hamil adalah, berhubunganlah pada hari-hari subur tersebut, yaitu dari tanggal 13 sampai dengan tanggal 19 bulan maret tersebut.

Inilah cara berhubungan intim agar cepat hamil setelah haid yang sangat penting anda perhatikan demi kesuksesan anda dalam mengusahakan kehamilan setelah haid.

Karena pada hari-hari tersebutlah sel telur dilepaskan dari ovarium menuju tuba fallopi, yang di mana jika anda berhubungan pada masa subur tersebut, maka peluang terjadinya pembuahan sangat besar, dan itu artinya kesempatan anda untuk cepat hamil terbuka lebar.

Nah itulah cara bagaimana anda bisa mengetahui kapan datangnya masa subur anda sendiri jika siklus haid anda teratur 28 hari.

Tapi bagaimana jika siklus haid anda tidak teratur? Bagaimana cara mengetahui masa suburnya?

Silahkan lanjutkan baca…

  • Mengetahui masa subur yang siklus haidnya tidak teratur

Jika siklus haid anda tidak teratur, maka untuk mengetahui kapan masa subur nya, anda harus mengetahui siklus haid anda selama 6 bulan terakhir.

Itulah mengapa penting untuk mencatat tanggal hari pertama anda haid setiap bulannya.

Oke, kita misalkan saja siklus haid anda selama 6 bulan terakhir adalah: 29, 27, 30, 26, 31 dan 28.

Dengan demikian, maka:

Hari pertama masa subur anda adalah: Siklus haid terpendek – 18 = 26 – 18 = 8; dan

Hari terakhir masa subur anda adalah: Siklus haid terpanjang – 11 = 31 – 11 = 20.

Jadi hari pertama masa subur anda adalah hari ke-8 dihitung dari hari pertama anda haid sampai dengan hari ke-20.

Jadi misalkan hari pertama anda haid adalah tanggal 2 maret, maka hari pertama masa subur anda adalah pada tanggal: 2 + 8 = 10 maret, sampai dengan tanggal 2 + 20 = 22 maret.

kalender masa subur siklus haid tidak teratur

Sehingga masa subur anda pada bulan maret dimulai dari tanggal 10 sampai dengan 22 (10, 11, 12, 13, 14, 15, 16, 17, 18, 19, 20, 21 dan 22) dengan Puncak Masa Subur adalah pada tanggal 10.

Selanjutnya, agar bisa segera hamil setelah selesai haid, anda perlu melakukan hubungan intim pada hari-hari subur tersebut — dalam contoh ini yaitu dari tanggal 10 sampai dengan tanggal 22.

2. Mengkonsumsi asam folat

Setelah mengetahui kapan masa subur, tips cara supaya cepat hamil setelah haid berikutnya yang perlu anda lakukan adalah mengkonsumsi asam folat.

Asam folat sangat penting karena peranannya yang sangat besar dalam membantu pasangan suami istri baik pria maupun wanita untuk bisa cepat memiliki momongan.

Asam folat bagi wanita berfungsi untuk menguatkan sel telur agar dapat berovulasi dengan baik sehingga bisa mencapai tuba fallopi dan dibuahi oleh sperma.

Untuk pria, asam folat berfungsi untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas sperma sehingga mampu mencapai tuba fallopi dan membuahi sel telur.

Karena itu, mengkonsumsi asam folat merupakan cara supaya cepat hamil setelah haid yang sangat penting anda dan pasangan anda lakukan guna menunjang keberhasilan anda dalam mengusahakan kehamilan.

cara hamil cepat tengah

Jenis makanan yang megandung asam folat tinggi adalah: tauge, asparagus, bit merah, brokoli, bayam, pisang, stroberi, alpukat, jeruk, jagung, pepaya masak, melon, garbanzo, kacang hijau, lentil dan kacang polong.

Konsumsilah beberapa saja (tidak perlu semuanya) daftar makanan yang mengandung asam folat tinggi di atas secara rutin, sebab sangat efektif dalam meningkatkan kesuburan baik istri maupun suami, sehingga lebih mungkin untuk bisa hamil.

3. Memiliki berat badan ideal

Setelah anda dan juga pasangan anda mengkonsumsi asam folat secara rutin, cara supaya cepat hamil setelah haid berikutnya yang perlu anda lakukan adalah milikilah berat badan yang ideal.

Inilah hal berikutnya yang juga harus anda perhatikan dengan baik.

Anjuran memiliki berat badan ideal untuk wanita yang ingin cepat hamil didasarkan pada penelitian, bahwa wanita yang menderita obesitas (kelebihan berat badan) sulit untuk hamil.

Penjelasan lengkap kenapa berat badan yang berlebih (obesitas) bisa membuat wanita sulit hamil bisa anda baca di sini: Alasan Wanita Gemuk Sulit Hamil.

Berat badan ideal yang dianjurkan oleh para dokter kehamilan dan kandungan untuk wanita yang ingin cepat hamil adalah tidak terlalu gemuk dan tidak juga terlalu kurus.

Gunakan Kalkulator Penghitung Indeks Massa Tubuh (Kalkulator IMT) untuk mengetahui apakah berat badan anda ideal atau tidak.

Jika setelah mengeceknya dan ternyata berat badan anda tidak ideal, artinya anda masuk kategori gemuk atau kurus, maka lakukanlah diet sehat untuk menurunkan berat badan anda.

Namun jika ternyata anda masuk kategori kurus, maka konsumsilah nutrisi yang dapat meningkatkan bobot badan anda hingga menjadi ideal.

4. Menghindari olahraga berlebihan

Jika anda hobi berolahraga, maka mulai saat ini anda harus mulai mengurangi frekuensinya.

Mengurangi frekuensi olahraga jika memang anda hobi berolahraga adalah tips cara supaya cepat hamil setelah haid berikutnya yang perlu anda lakukan.

Banyak studi yang telah dilakukan dan memberikan kesimpulan, bahwa wanita yang ingin hamil harus menjaga frekuensi olahraganya agar tidak berlebihan.

hindari olaharaga berlebihan

Hasil studi di Norwegian University of Science and Technology memberikan kesimpulan bahwa:

Wanita yang sering melakukan olahraga secara berlebihan akan rusak kesuburannya. Ini terjadi ketika seorang wanita berolahraga dengan frekuensi di atas wanita yang berolahraga pada umumnya, yaitu 3x lebih sering dari wanita yang melakukan olahraga secara normal.

Studi lain yang dilakukan di Harvard University mendapatkan hasil bahwa:

Atlet wanita yang sering melakukan aktivitas olahraga secara berlebihan kerap kali mengalami siklus menstruasi yang tidak teratur.

Merujuk pada 2 hasil studi di atas, maka anda yang ingin segera hamil setelah haid HARUS menghindari olaharaga secara berlebihan.

Olahraga yang dianjurkan untuk anda yang ingin cepat hamil setelah selesai haid adalah berjalan cepat selama 30 menit sehari sebanyak 3 – 4x dalam seminggu.

5. Menghindari stres

Menghindari stres adalah hal terakhir yang perlu dilakukan agar  bisa segera hamil setelah haid.

Stres merupakan satu-satunya faktor mental yang punya pengaruh negatif yang sangat besar yang dapat menghambat anda dari kehamilan.

Dalam sebuah wawancara eksklusif bersama penerbit buku DIGI PUSTAKA, dr. Rosdiana Ramli, SPOG mengatakan bahwa:

Seorang wanita yang ingin hamil HARUS menghindari stres, karena stres akan mengganggu kemampuan sel telur (ovum) sehingga tidak mampu berovulasi dengan baik dan juga menganggu kemampuan sperma dalam membuahi sel telur.

Karena itu, jika saat ini anda sedang merencakanan agar setelah haid bisa hamil, maka  hindari memilikirkan hal-hal yang hanya akan membuat stres.

Dan alangkah baiknya jika anda berpikir positif bahwa anda pasti akan bisa hamil, karena sugesti pada diri sendiri memiliki manfaat yang sangat baik secara psikologis dan itu akan sangat efektif dalam membantu anda biar cepat hamil.

Itulah 5 tips cara supaya cepat hamil setelah haid yang dapat kami share pada anda.

Dapatkan bimbingan hamil setelah haid langsung dari Dokter yang telah membantu ribuan wanita akhirnya bisa hamil, klik banner di bawah untuk info selengkapnya!

cara hamil cepat akhir