Fakta Tentang Minuman Bersoda, Penting Untuk Diketahui!

fakta tentang minuman bersodaKamu perlu tahu fakta fakta tentang minuman bersoda berikut ini. Minuman bersoda memang memiliki cita rasa yang khas dan juga sensasi yang menyegarkan. Tak heran jika kemudian pria, wanita dan juga anak-anak sangat menyukai minuman ini. Minuman ini pun menjadi kegemaran orang-orang di Amerika Serikat sana. Mereka tercatat sebagai pengkonsumsi minuman bersoda yang sangat banyak, bahkan mungkin yang terbanyak di dunia.

Menurut data yang dirilis oleh National Health and Nutrition Examination, dalam selang waktu antara 2005 sampai dengan 2008 saja, tidak kurang setengah dari warga Amerika Serikat yang setiap harinya mengkonsumsi minuman bersoda.

Seperempat diantaranya bahkan mengkonsumsi bahan cola lebih dari 12 ons perharinya.

Namun tahukah kamu? bahwa meskipun minuman ini sangat digemari oleh orang di seluruh dunia, ternyata terdapat dampak negatif bagi kesehatan kita jika sering mengkonsumsi minuman ini.

Berikut fakta tentang minuman bersoda dan kaitannya dengan kesehatan yang penting diketahui.

Menyebabkan obesitas

fakta pertama tentang minuman bersoda adalah, minuman ini ternyata bisa membuat seseorang mengalami kelebihan berat badan (obesitas).

Penyebabnya adalah karena minuman bersoda memiliki kandungan gula yang jauh lebih banyak dari minuman manis pada umumnya.

Dalam seporsi minuman bersoda, terapat kandungan gula 4 kali lebih banyak dari pada kandungan gula yang terdapat pada minuman manis lainnya dengan porsi yang sama.

Kandungan gula yang terlalu tinggi ini akan menyumbang kalori berlebih pada tubuh kita…

…inilah yang kemudian memicu munculnya masalah obesitas.

Menyebabkan diabetes

Fakta berikutnya tentang minuman bersoda adalah dapat menyebabkan diabetes.

Sebagaimana kita ketahui, salah satu penyebab kita bisa terkena diabetes adalah karena kandungan gula yang terlalu tinggi dalam tubuh.

Nah karena minuman bersoda ini memiliki kandungan gula yang sangat tinggi, maka ketika seseorang sering mengkonsumsinya, otomatis orang tersebut beresiko terkena diabetes.

Meningkatkan tekanan darah

Meningkatnya tekanan darah adalah fakta berikutnya tentang efek negatif pada tubuh kita akibat sering mengkonsumsi minuman bersoda.

Ini karena minuman bersoda seperti yang disebutkan di atas menyebakan obesitas.

Sementara salah satu penyebab seseorang mengalami tekanan darah tinggi adalah karena memiliki berat badan yang berlebih (obesitas).

Jumlah oksigen dan nutirisi yang dialirkan darah dikukur berdasarkan berat badan.

Sehingga ketika seseorang memiliki berat badan berlebih, maka  oksigen dan nutrisi yang diperlukan pun meningkat juga melebihi dari jumlah yang seharusnya.

Kondisi ini berakibat pada meningkatnya volume darah.

Ketika volume darah meningkat, maka otomatis tekanan darah pun akan meningkat juga.

Membuat tulang keropos

Fakta berikutnya tentang minuman bersoda adalah menyebabkan tulang keropos.

Asam fosfat yang terkandung pada minuman bersoda adalah penyebabnya.

Ini karena asam fosfat menyebabkan penyerapan kalsium oleh tubuh terhambat, sehingga perlahan namun pasti menyebabkan tulang kekurangan kalsium dan akhirnya menjadi keropos.

Membuat gigi cepat rusak

Selain mengandung asam fosfat, minuman bersoda juga mengandung asam sitrat.

Jika asam fosfat menyebabkan tubuh susah menyerap kalsium, maka asam sitrat ini akan membuat enamel gigi mudah rusak, sehingga akhirnya membuat gigi mudah berlubang.

Itulah beberapa fakta tentang minuman bersoda bagi kesehatan tubuh kita.

Melihat fakta-fakta tersebut, alangkah baiknya kamu mengurangi mengkonsumsi minuman bersoda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *