Sedang Hamil Tua Bolehkah Berpuasa?

hamil tua bolehkah berpuasaSedang hamil tua bolehkah berpuasa? Ini adalah pertanyaan yang cukup sering diajukan oleh para ibu hamil yang sebentar lagi akan melahirkan. Sebenarnya, menurut para ahli kesehatan, puasa ini termasuk ibadah yang aman untuk dilakukan, tak terkecuali oleh wanita yang sedang hamil tua. Namun benarkah pendapat ini? benarkah bahwa wanita yang sedang hamil tua benar-benar boleh berpuasa? atau justru sebaliknya?

Untuk menjawab pertanyaan ini ada baiknya kita merujuk pada pendapat dari para dokter atau pakar kesehatan yang memang ahli dibidang ini.

Menurut seorang pakar kesehatan yang merupakan anggota dari the Global Institute of Public Health, NYU Langone, dr. Taraneh Shirazian, MD, bahwa dokter zaman dulu menyarankan wanita yang sedang hamil tua, khususnya yang sudah mendekati persalinan untuk tetap berpuasa”.

Alasannya, karena adanya resiko di mana makanan dan minuman yang dikonsumsi oleh wanita yang sedang hamil tua dapat terserap ke organ paru-paru.

Dengan berpuasa, resiko ini tentu bisa diminimalisir dan bahkan dapat dihindari.

Namun pendapat para dokter zaman dulu ini yang menyatakan bahwa ibu hamil tua boleh berpuasa telah terbantahkan dengan hasil penelitian yang baru-baru ini dilakukan.

Adalah sebuah penelitian yang dilakukan oleh sejumlah dokter ahli yang tergabung dalam American Society of Anesthesiologists.

Di mana penelitian yang dilakukan guna untuk memberikan jawaban terbaik atas pertanyaan ”ibu hamil tua bolehkah berpuasa?” ini menemukan fakta:

Bahwa wanita yang sedang hamil tua dan sudah mendekati persalinan justru dianjurkan untuk mendapatkan asupan gizi yang seimbang karena dapat memperlancar proses persalinan.

Justru ketika wanita yang sedang hamil tua dan sudah mendekati persalinan berpuasa, maka dikhawatirkan wanita yang bersangkutan kekurangan energi saat proses persalinan berlangsung.

Jika hal ini terjadi, maka akan banyak cadangan lemak di dalam tubuh wanita yang sedang melangsungkan persalinan yang akhirnya terbakar dan menyebabkan kontraksi saat persalinan sedang berlangsung menjadi terganggu.

Akibatnya, proses persalinan akan menjadi lebih lama.

Nah, dengan merujuk pada hasil penelitian di atas, maka anda yang saat ini sedang hamil tua dan sudah mendekati persalinan, sebaiknya untuk tidak berpuasa dulu.

Dengan begitu, diharapkan proses persalinan berlangsung dengan lancar karena anda memiliki cukup banyak energi, sehingga bayi anda pun bisa terlahir dengan selamat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *