Kenapa Air Kelapa Sangat Baik Untuk Ibu Hamil? Ini Alasannya

kenapa air kelapa sangat baik untuk ibu hamilKenapa air kelapa sangat baik untuk ibu hamil? Itulah yang akan dibahas di artikel kali ini. Hingga saat ini kita masih sering mendengar, bahwa orang tua yang anaknya sedang hamil disarankan untuk minum banyak air kelapa. Ini dimaksudkan agar kelak janin yang dikandung oleh anaknya tersebut lahir sebagai bayi yang sehat. Entah berdasarkan apa para orang tua menyarankan anaknya supaya minum banyak air kelapa ketika sedang hamil.

Namun jika ditinjau dari segi medis, apakah memang benar bahwa minum air kelapa bisa membuat janin terlahir sebagai bayi yang sehat nantinya seperti anggapan para orang tua tersebut?

Berikut penjelasannya…

Menurut para pakar kesehatan, air kelapa memiliki banyak nutrisi yang terkandung di dalamnya, di mana nutrisi ini sangat baik untuk wanita yang sedang hamil.

Coconut Development Board (CDB) sebuah badan hukum yang didirikan di bawah Kementrian Pertanian India yang fokus pada pengembangan budi daya kelapa bahkan menyebutkan:

Jika ibu hamil rutin mengkonsumsi air kelapa, maka ia akan mendapatkan berbagai asupan elektrolit yang sangat dibutuhkan oleh tubuh selama menjalani proses kehamilan.

CDB menambahkan, bahwa alasan kenapa air kelapa sangat baik untuk ibu hamil adalah:

Karena larutan elektrolit air kelapa mengandung kalsium, magnesium, klorida, sodium, ribovlafin, protein, vitamin C dan gula, yang mana semua nutrisi ini sangat baik untuk kehamilan.

Dengan berbagai kandungan nutrisi itulah, maka ketika wanita dengan usia kandungan 1 – 3 bulan minum air kelapa dengan rutin, ia akan mampu melawan rasa mual dan muntah (morning sickness) yang memang acap kali dialami oleh ibu hamil.

Selan itu, air kelapa juga sangat efektif dalam membantu ibu hamil terhindar dari dehidrasi dan konstipasi selama menjalani kehamilan…

…ini karena komposisi elektrolit yang terdapat di dalam air kelapa ternyata sama dengan komposisi elektrolit dalam plasma darah manusia.

Itulah juga mengapa banyak kita jumpai kasus-kasus dehidrasi ditangani medis dengan cara menyuntikkan langsung air kelapa yang masih segar ke dalam pembuluh darah.

Untuk janin, air kelapa diyakini sangat membantu dalam pertumbuhan janin yang optimal.

Ini karena air kelapa juga akan membuat volume darah meningkat,  tekanan darah menjadi normal dan bahkan dapat mencegah terjadinya infeksi saluran kemih.

Nah itulah segudang menfaat air kelapa untuk ibu hamil.

Baca juga : Pengaruh Musik Terhadap Perkembangan Janin

Jadi jika kamu saat ini sedang hamil, maka mengkonsumsi air kelapa dengan rutin seperti yang disarankan oleh para orang tua sebaiknya kamu lakukan.

Karena secar medis pun terbukti, bahwa air kelapa memang sangat efektif dalam membantu wanita yang sedang hamil dalam menjalani kehamilan.

Namun perlu DIINGAT!

Air kelapa yang dimaksud disini adalah Air Kelapa Muda, bukan kelapa tua ya! 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *