kista ovarium

Apa itu Kista Ovarium? Ini Penjelasannya

Kista Ovarium adalah kantong yang berukuran sekitar 2 cm dan berisi cairan yang terbentuk di dalam Ovarium (Indung Telur).

Setiap wanita memiliki 2 Ovarium yang masing-masing berada dibagian kiri dan kanan rahim.

Ovarium (Indung Telur) adalah bagian dari reproduksi wanita yang fungsinya adalah memproduksi atau menghasilkan Ovum (sel telur) setiap bulan dimulai saat wanita memasuki masa pubertas sampai pada masa menopause.

Ovarium kadang tidak berfungsi sebagaimana mestinya karena adanya gangguan, dan gangguan yang seringkali terjadi adalah Kista.

Secara garis besar, ada 2 jenis utama dari kista ovarium, yaitu kista fungsional dan kista patologis.

Kista fungsional adalah jenis kista yang umum terjadi dan muncul sebagai bagian normal dari siklus menstruasi… Kista ini bisa hilang dengan sendirinya dan yang paling penting adalah tidak berbahaya.

Lain halnya dengan kista patologis, kista jenis ini berbahaya karena mengandung sel abnormal… Bahkan pada sebagian kecil kasus dari wanita yang mengalami kista ini, sel abnormal nya bersifat kanker ganas.

Gejala Kista

Sebenarnya ada cukup banyak wanita yang pernah memiliki kista ovarium meskipun umumnya tidak menimbulkan gejala, dan dalam kurun waktu beberapa bulan bisa hilang dengan sendirinya.

Meskipun begitu, saat ukuran kista menjadi besar, maka sangat beresiko menimbulkan gejala serius yang dalam kasus tertentu harus ditangani dengan operasi.

Beberapa gejala kista ovarium yang perlu diwaspadai adalah:

…sulit hamil, nyeri saat berhubungan seksual, lebih banyak pendarahan saat haid dari pada biasanya, muncul rasa nyeri dibagian tulang panggul, siklus haid jadi tidak teratur dan sering susah buang air besar maupun kecil.

Kalau Bunda mengalami gejala di atas, maka disarankan untuk periksa ke Dokter, dan kalau memang positif memiliki kista ovarium, maka Bunda akan dirujuk ke Dokter Spesialis Ginekologi.

Pengobatan Untuk Kista

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.