7 Makanan Untuk Kesuburan Wanita Agar Cepat Hamil

makanan untuk kesuburan wanita agar cepat hamilAnda perlu tahu makanan untuk kesuburan wanita agar cepat hamil kalau sedang berencana untuk hamil. Makanan tak bisa dipisahkan sebagai salah satu faktor penting yang sangat menentukan berhasil tidaknya wanita Hamil. Beberapa wanita memang bisa hamil meskipun tidak mengkonsumsi makanan yang menunjang terjadinya kehamilan, namun beberapa wanita lainnya justru sangat bergantung pada jenis makanan agar bisa hamil.

Banyak faktor penentu yang bisa menjelaskan kenapa wanita yang meskipun tidak mengkonsumsi makanan yang menunjang terjadinya kehamilan tetap bisa hamil.

Salah satunya adalah faktor KESUBURAN!

Banyak wanita yang kesuburannya tidak terlalu terpengaruh dengan jenis makanan yang dikonsumsinya — sehingga mereka tetap bisa hamil meskipun mengkonsumsi makanan seadanya.

Namun banyak juga wanita yang kesuburannya sangat bergantung dengan makanan — sehingga perlu mengkonsumsi makanan tertentu untuk meningkatkan kesuburannya.

Jika selama ini anda sudah berusaha untuk hamil namun belum juga membuahkan hasil, maka mungkin masalah anda terletak pada makanan yang anda konsumsi.

Karena itu mungkin anda perlu untuk mulai memperhatikan makanan yang anda konsumsi.

Nah di artikel ini diulas makanan apa saja yang sangat efektif meningkatkan kesuburan wanit, sehingga bisa anda jadikan rujukan untuk pengaturan pola makan anda agar bisa segera hamil.

Berikut 6 Jenis Makanan Untuk Kesuburan Wanita Agar Cepat Hamil yang Perlu Anda Konsumsi

Karbohidrat Kompleks

Anda harus mulai mempertimbangkan untuk mengganti sumber karbohidrat anda yang selama ini berasal nasi putih dan roti olahan dengan karbohidrat kompleks.

Karbohidrat yang berasal dari nasi putih dan roti olahan akan meningkatkan insulin dan kadar gula darah, dimana ini akan membuat hormon estrogen yang mengatur reproduksi wanita terganggu, akibatnya kesuburan terganggu dan pembuahan menjadi sulit terjadi.

Selain itu, karbohidrat ini juga beresiko menyebabkan kegemukan yang dapat menghambat kehamilan (telah dulas di artikel ini: Alasan Berat Badan Menyebabkan Sulit Hamil).

Lainya halnya dengan karbohidrat kompleks, karbohidrat ini tidak menyebabkan insulin, kadar gula darah dan juga berat badan meningkat…

…sehingga tidak menyebakan kesuburan terganggu.

Karbohidrat kompleks juga mengandung vitamin B yang penting untuk meningkatkan kesuburan, antioksidan untuk menangkal radikal bebas dan zat besi untuk pengaturan siklus menstruasi.

Ketiga nutrisi inilah yang tidak lagi terdapat pada karbohidrat olahan…

…sehingga membuat karbohidrat olahan ini tidak baik dikonsumsi oleh wanita yang ingin hamil.

Dengan berbagai keunggulannya tersebut, maka karbohidrat kompleks menjadi makanan untuk kesuburan wanita agar cepat hamil yang penting anda konsumsi untuk menggantikan sumber karbohidrat olahan yang selama ini anda konsumsi.

Degan begitu anda akan lebih mudah untuk hamil.

Karbohidrat kompleks bisa anda temui pada: sereal, gandum, beras merah, oat, barley dan dedak.

Asam Folat

Asam folat yang merupakan salah satu dari jenis vitamin B (tepatnya vitamin B9) memiliki pengaruh yang sangat besar dalam menunjang terjadinya kehamilan.

Pasalnya, asam folat menentukan seberapa berkualitasnya sel telur dan sperma yang diproduksi.

Ketik asupan asam folat pada wanita kurang, maka sel telur yang dihasilkan oleh ovarium tidak cukup baik kualitasnya — dan begitupun dengan sperma, ketika pria kekurangan asam folat, maka sperma yang diproduksi pun juga kurang berkualitas.

Sel telur dan sperma yang tidak berkualitas tentu akan membuat pembuahan SANGAT SULIT terjadi yang pada akhirnya membuat kehamilan pun sulit terjadi.

Sebaliknya, ketika kebutuhan asam folat pada pria dan wanita tercukupi, maka sel telur dan sperma yang dihasilkan akan memiliki kualitas yang sangat baik, sehingga memudahkan pembuahan terjadi.

Ini karena asam folat menutrisi indung telur (ovarium) sehingga mampu menghasilkan sel telur yang memiliki kualitas sangat baik.

Sementara itu, asam folat menutrisi testis sehingga Tubulus Seminiferus tempat diproduksinya sperma mampu menghasilkan sperm yang juga memiliki kualitas sangat baik.

Karena peranannya yang demikian penting dalam membantu produksi sel telur dan sperma yang berkualitas itulah, maka asam folat  menjadi WAJIB dikonsumsi oleh wanita yang ingin hamil.

Asam folat sebagai makanan untuk kesuburan wanita agar cepat hamil bisa anda jumpai pada: tauge, asparagus, kacang hijau, alpukat, bayam, brokoli, stroberi, garbanzo, jagung, selada, pisang, kacang almond, pepaya masak, melon, bit merah dan jeruk.

Vitamin E

Radikal bebas merupakan salah satu penyebab wanita sulit hamil.

Ini karena radikal bebas dapat menyebabkan kerusakan pada DNA sperma secara ekstensif sehingga menyebabkan terjadinya masalah infertilitas pada pria.

Selain itu, radikal bebas juga dapat menyebabkan terjadinya gangguan pada hormon reproduksi wanita, sehingga siklus haid menjadi tidak teratur dan masa subur sulit ditentukan.

DNA sperma yang rusak, diperparah dengan siklus haid dan masa subur yang sulit ditentukan, jelas menyebabkan pembuahan tidak dapat terjadi.

Jika pasangan suami istri ingin cepat punya anak, maka kedua hal ini HARUS dicegah.

Nah disinilah fungsinya vitamin E.

Karena vitamin E dapat menangkal radikal bebas dengan sangat baik dan juga dapat menjaga jumlah produksi hormon reproduksi wanita tetap stabil.

Sehingga kerusakan DNA sperma dan juga gangguan hormon karena radikal bebas bisa dihindari.

Jadi agar pasangan suami istri terhindar dari masalah yang ditimbulkan oleh radikal bebas, maka pasangan suami istri perlu mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin E.

Adapaun makanan yang mengandung Vitamin E yang baik dikonsumsi agar terhindar dari radikal bebas adalah: kedelai, kecambah, alpukat, pepaya, kiwi, tomat, buah berry, tahu, tempe, ikan, kacang almond, buah olives, brokoli, susu kedelai, bayam, dll.

Daftar lengkap makanan yang mengandung vitamin E bisa anda lihat disini.

Protein

Zat Besi

Zinc

Kalsium