Manfaat Asam Folat Untuk Perencanaan Kehamilan

manfaat asam folat untuk perencanaan kehamilanPengetahuan tentang manfaat asam folat untuk perencanaan kehamilan sangat berguna bagi anda yang saat ini sedang berencana agar bisa cepat hamil. Dengan mengetahui manfaat asam folat untuk wanita yang ingin hamil, maka anda akan lebih memperhatikan asupan nutrisi bagi tubuh anda sendiri. Karena peranan nutrisi seperti asam folat bagi wanita yang ingin hamil memang sangat besar pengaruhnya.

Bahkan pada beberapa wanita, hampir mustahil bagi mereka untuk hamil jika tidak terpenuhi kebutuhan tubuhnya akan nutrisi yang seimbang.

Asam folat atau yang lazim disebut dengan folid acid adalah salah satu dari jenis vitamin B, lebih tepatnya adalah vitamin B9 — vitamin yang larut dalam air.

Asam folat bukan hanya bermanfaat untuk para wanita yang ingin atau sedang hamil, melainkan juga memiliki segudang manfaat lainnya.

Salah satu dari manfaat asam folat yang paling umum dikenal adalah peranannya dalam pembelahan dan pembentukan sel.

Tanpa asam folat, pembelahan dan pembentukan sel tidak akan berjalan dengan baik dan akibatnya bisa menimbulkan cacat tabung saraf pada janin yang sedang dikandung.

Dalam dunia medis kondisi ini dikenal dengan istilah Neural Tube Defects (NTDs) — hal ini terjadi disebabkan karena kurangnya asupan asam folat pada ibu yang sedang hamil.

Manfaat asam folat lainnya yang juga paling dikenal adalah peranannya dalam pembentukan sel darah merah, di mana asam folat berfungsi untuk membentuk sel darah merah.

Tanpa asam folat, jumlah sel darah merah akan selalu berada di bawah normal dan inilah yang menyebabkan orang terkena penyakit anemia.

Nah itulah beberapa manfaat asam folat secara umum.

Adapun Manfaat Asam Folat Untuk Perencanaan Kehamilan Adalah Sebagai Berikut:

Pada PRIA

Menurut beberapa penelitian, asam folat pada PRIA berguna untuk pembentukan sel, sintesis DNA dan yang terpenting adalah untuk meningkatkan kualitas sperma.

Seorang pria yang kekurangan asam folat spermanya akan menjadi tidak berkualitas dan bisa saja rusak sehingga akan menyebabkan pria yang bersangkutan mengalami infertilitas.

Rusaknya sperma pria karena kekurangan asam folat merupakan masalah infertilitas yang paling banyak dijumpai kasusnya.

Oleh karena itu, untuk menjaga kualitas dan kauntitas sperma pria, maka sangat dianjurkan bagi pria yang ingin agar istrinya cepat hamil untuk mengkonsumsi asam folat.

Sebuah penelitian yang mengkaji hubungan antara asam folat dengan jumlah sperma pada pria telah dilakukan di Belanda pada bulan maret 2002, tepatnya di kota Nijmegen.

Penelitian ini memberikan hasil, bahwa pria yang mengkonsumsi asam folat secara teratur meningkat volume spermanya sebesar 74%.

Hasil dari penelitian ini merupakan kabar kembira bagi setiap pria yang mengalami masalah infertilitas terkait buruknya kualitas sperma, bahwa ternyata solusi dari buruknya kualitas sperma bisa diatasi hanya dengan rutin mengkonsumsi asam folat.

Itulah manfaat asam folat pada pria yang sangat efektif terutama untuk meningkatkan kualitas dan juga kuantitas sperma sehingga resiko infertilitas karena sperma yang buruk bisa teratasi.

Pada Wanita

Pada wanita yang ingin cepat hamil, asam folat berguna untuk meningkatkan kemampuan sel telur sehingga dapat melakukan ovulasi dengan baik.

Tanpa asupan asam folat yang cukup, resiko kemungkinan gagalnya sel telur dalam berovulasi sangat besar, sehingga akibatnya adalah pembuahan tidak akan pernah terjadi dan itu artinya kehamilan pun tentu tidak akan terjadi.

Selain itu, pada wanita asam folat juga berguna untuk menghindari terjadinya cacat otak pada janin dan juga cacat pada tabung saraf agar janin bisa lahir dengan normal.

Itulah manfaat asam folat untuk perencanaan kehamilan bagi wanita.

Untuk itu, bagi anda yang ingin hamil, mengkonsumsi asam folat secara rutin minimal 3 bulan sebelum anda berencana untuk hamil sangat dianjurkan oleh para dokter kandungan.

Dengan asupan asam folat yang cukup, maka sel telur dapat berovulasi dengan baik sehingga pembuahan bisa terjadi dan anda pun tentu akan hamil.

Itulah manfaat asam folat bagi pria dan wanita yang sangat penting diperhatikan asupannya pada tubuh karena peranannya yang sangat besar dalam menunjang keberhasilan kehamilan yang sedang anda rencanakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *