Cara Menghitung Masa Subur Haid Tidak Teratur Dengan Akurat

menghitung masa subur haid tidak teraturMengetahui cara menghitung masa subur haid tidak teratur sangat penting bagi anda yang memiliki siklus haid tidak teratur namun ingin segera hamil. Pasalnya, pada masa inilah sel telur yang telah matang dan siap dibuahi oleh sperma dilepaskan dari ovarium ke tuba fallopi. Sehingga ketika anda melakukan hubungan intim pada masa subur ini, maka sel telur yang telah berada di tuba fallopi bisa langsung dibuahi oleh sperma.

Beberapa wanita yang mengeluhkan sulit hamil ternyata alasannya hanyalah karena mereka tidak tahu masa subur mereka sendiri (kapan datangnya, berapa hari setelah haid dan lain sebagainya).

Ketika anda tidak tahu kapan masa subur anda, maka sudah pasti anda tidak tahu kapan saat yang paling tepat untuk berhubungan yang memberikan peluang terbesar untuk terjadinya pembuahan.

Mungkin anda bertanya: β€œKenapa wanita yang tidak tahu kapan masa suburnya maka peluangnya untuk hamil sangat kecil?”.

Jawabannya karena umur sel telur yang sangat singkat, yakni hanya 24 jam terhitung dari saat terjadinya ovulasi inilah yang membuat peluang wanita untuk hamil sangat kecil.

Catatan: Ovulasi adalah saat di mana sel telur yang telah matang dan siap dibuahi oleh sperma dilepaskan dari ovarium (indung telur) menuju tuba fallopi (saluran indung telur).

Jika dalam 24 jam setelah ovulasi terjadi sel telur tidak dibuahi oleh sperma, maka sel telur tersebut akan mati dan pembuahan tentu tidak terjadi…hasilnya, anda sudah pasti tidak bisa hamil.

Jadi, agar anda bisa hamil, maka anda harus tahu kapan tepatnya ovulasi terjadi.

Untuk mengetahui kapan ovulasi ini terjadi, anda harus tahu masa subur anda, karena pada masa subur inilah ovulasi terjadi.

Itulah alasannya mengapa mengetahui masa subur sangatlah penting.

Nah mengingat pentingnya masa subur ini bagi keberhasilan kehamilan anda, maka diartikel ini kami membahas bagaimana anda yang haidnya tidak teratur bisa mengetahui cara menghitung masa subur sendiri dengan akurat, sehingga bisa anda jadikan panduan dalam berhubungan intim ketika anda ingin cepat mendapatkan keturunan.

Sebenarnya, menghitung masa subur wanita yang siklus haidnya tidak teratur sudah kami ulas di artikel kami sebelumnya: Cara Menentukan Kapan Masa Subur Wanita dengan Akurat.

Tapi kami merasa bahwa menentukan masa subur wanita dengan siklus haid tidak teratur ini perlu untuk diberikan pembahasan terpisah agar anda bisa lebih mudah memahaminya.

Selain itu, agar anda juga menjadi lebih paham mengenai masa subur itu sendiri, mengapa itu penting diketahui dan bagaimana itu bisa menentukan keberhasilan anda dalam mengusahakan kehamilan, maka untuk itulah kami membahasnya secara terpisah.

Oke, karena di atas kami telah menjelaskan mengapa masa subur ini penting dan bagaimana itu bisa menentukan keberhasilan anda dalam mengusahakan kehamilan, maka saatnya kita masuk ke inti pembahasan dari artikel ini:

Yaitu bagaimana anda bisa mengetahui masa subur wanita yang siklus haidnya tidak teratur yang juga bisa anda terpakan caranya untuk mengetahui masa subur anda sendiri jika memang siklus haid anda juga tidak teratur.

Menghitung Masa Subur Haid Tidak Teratur Dengan Akurat

Hal pertama yang harus anda persiapkan untuk memulai perhitungan masa subur ini adalah kalender siklus haid anda selama 6 bulan terakhir berturut-turut.

Jika sudah, silahkan perhatikan pola siklus haid anda selama 6 bulan tersebut.

Satu siklus haid dihitung dari hari pertama haid anda yang sebelumnya (saat darah pertama keluar) sampai dengan hari pertama haid anda berikutnya (saat darah pertama keluar).

Setelah itu, hitung dengan cermat berapa jumlah hari dari masing-masing siklus haid anda selama 6 kali berturut-turut tersebut dan kemudian lihat berapa hari siklus terpanjangnya dan berapa hari juga siklus terpendeknya.

Agar lebih mudah dipahami, kita anggap saja siklus haid anda selama 6 bulan terakhir berturut-turut adalah: 29 hari, 27 hari, 26 hari, 31 hari, 30 hari dan 28 hari.

Dengan melihat pada contoh siklus haid di atas, maka bisa dilihat bahwa siklus haid terpanjang anda adalah 26 hari dan siklus terpendeknya adalah 31 hari.

Nah, sampai disini anda sudah bisa mengetahui masa subur anda sendiri.

Caranya adalah, kurangi siklus haid terpendek anda (dalam hal ini 26) dengan 18, hasilnya adalah hari pertama masa subur anda…kemudian kurangi siklus haid terpanjang anda (dalam hal ini 31) dengan 11, hasilnya adalah hari terakhir masa subur anda.

Untuk lebih jelasnya, lihat perhitungan berikut:

Hari Pertama masa subur anda adalah: 26 – 18 = 8; dan

Hari Terakhir Masa Subur anda adalah: 31 – 11 = 20.

Dengan demikian, maka didapatlah hari pertama masa subur anda yaitu pada hari ke-8 dihitung dari hari pertama haid anda yang sebelumnya, sampai dengan hari ke-20 juga dihitung dari hari pertama haid anda sebelumnya.

Agar cara menghitung masa subur haid tidak teratur ini bisa anda pahami dengan lebih baik, maka perhatikan ilustrasi berikut:

Misalkan hari pertama anda haid pada bulan ke-6 dari 6 siklus haid anda berturut-turut yang kita misalkan di atas terjadi pada tanggal 4 Juni, maka:

Hari Pertama Masa Subur anda pada bulan Juni tersebut adalah pada tanggal:

4 + 8 = 12 Juni;

Dan Hari Terakhir Masa Subur anda pada bulan Juni tersebut adalah pada tanggal:

4 + 20 = 24 Juni.

Dengan demikian, maka pada bulan Juni tersebut, anda berada dalam keadaan subur mulai dari tanggal 12 s/d tanggal 24…atau dengan kata lain, masa subur anda pada bulan Juni tersebut terjadi pada tanggal 12 sampai dengan tanggal tanggal 24.

Jadi, tanggal 12, 13, 14, 15, 16, 17, 18, 19, 20, 21, 22, 23 dan 24 adalah hari di mana anda berada dalam keadaan subur.

Tanggal 12 sendiri adalah hari Paling Subur anda ( disebut juga dengan PUNCAK MASA SUBUR), sementara hari-hari berikutnya ( yaitu mulai dari tanggal 13 s/d tanggal 24) disebut dengan hari subur atau masa subur biasa anda.

Begitulah cara bagaimana menghitung masa subur haid tidak teratur dengan akurat.

Selanjutnya anda tinggal melakukan hubungan intim saja pada hari-hari subur tersebut agar bisa cepat hamil setelah haid jika ingin cepat punya momongan.

cara hamil cepat akhir

164 thoughts on “Cara Menghitung Masa Subur Haid Tidak Teratur Dengan Akurat

  1. Cara hitungx bgmn yaw klo buln juli haidx tgl 27, trus bln agustus tdk mens. Buln september tgl 11 bru dpt, buln oktober tgl 15, dan buln november tgl 20. Jdi cara menghitung siklus haidx bgmn kah, tlng di bntu yaw.

    1. Cara hitungnya gini bu Rina,

      27 Juli – 11 September = 4 + 31 + 11 = 46 hari
      11 September – 15 Oktober = 19 + 15 = 34 hari
      15 Oktober – 20 November = 16 + 20 = 36 hari

      Nah ini kan baru 3 siklus haid berturut-turut. Kalau mau mengetahui masa subur secara akurat, maka paling tidak harus butuh 3 siklus haid lagi.

      Tapi coba kita hitung kapan masa subur ibu Rhina dari 3 siklus haid ini.

      Siklus terpendeknya adalah 34 hari dan siklus terpanjangnya 46 hari.

      Jadi hari pertama masa subur ibu Rhina adalah: 34 – 18 = 16; dan

      Hari terakhir masa subur ibu Rhina adalah: 46 – 11 = 35.

      Dengan begitu, masa subur Ibu Rhina adalah 16 hari dihitung dari tanggal 20 November sampai dengan hari ke-35.

      16 hari dari tanggal 20 November itu adalah tanggal 6 Desember, dan 35 hari dari tanggal 20 November adalah tanggal 25 Desember.

      Jadi masa subur ibu Rhina dimulai dari tanggal 6 Desember s/d 25 Desember.

      Tapi kami tidak bisa yakin ini akurat, karena untuk mendapatkan perhitungan akurat, paling tidak dibutuhkan 6 siklus haid berturut-turut, dalam hal ini ibu Rhina butuh 3 siklus haid lagi untuk mendapatkan perhitungan masa subur secara akurat.

      Demikian jawaban yang bisa kami berikan, semoga membantu πŸ™‚

      1. KLO aq haidnya bner2 gk teratur 3bulan aku gak haid dan ditanggal 30 Desember 2016 ini Alhamdulillah aq haid,dan bagaimana cara menghitung masa subur aku..bisa tlong dibantu KA!! Mkasih

        1. Kalau siklus haid nya seperti sebaiknya gunakan metode lain.

          Sebagai saran ibu Humairoh bisa menggunakan metode lendir serviks atau suhu basal tubuh untuk mengetahui masa subur, atau paling praktis gunakan test pack kesuburan yang bisa dijumpai di Apotek.

      2. Ass sya juga pengen di bantu cara menghitung masa subur, sudah coba tp masih bingung, 25 juni, 20 agustus, 16 september, 16 oktober, 12 november, dan 13 desember . Tolong di bantu

      3. Kalau ngitung suklusnya gimana dok 25juli,20agustus,21september,18oktober,20november,17desember,16januari

        1. Hi bunda Yul πŸ™‚

          Berikut perhitungan masa suburnya..

          25 Juli – 20 Agustus = 6 + 20 = 26 hari
          20 Agustus – 21 September = 11 + 21 = 32 hari
          21 September – 18 Oktober = 9 + 18 = 27 hari
          18 Oktober – 20 November = 13 + 20 = 33 hari
          20 November – 17 Desember = 10 + 17 = 27 haru
          17 Desember – 16 Januari = 14 + 16 = 30 hari

          Hari pertama masa subur: 26 – 18 = 6, 16 Januari + 6 hari = 22 Januari
          Hari terakhir masa subur: 33 – 11 = 22, 16 Januari + 22 hari = 7 Februari

          Jadi masa subur bunda Yul adalah dari tanggal 22 Januari s/d 7 Februari.

          (22, 23, 24, 25, 26 ,27, 28, 29, 30, 31, 1, 2, 3, 4, 5, 6 dan 7)

          Sebenarnya ini masa subur yang cukup lebar, jadi saran kami dalam rentang waktu tersebut berhubunganlah setiap 2 atau 3 hari sekali.

          Demikian, semoga membantu ya bund πŸ™‚

          1. Kalau ini dok gimana ngitungnya 20 agstus,21 september,18 oktober,20 november,17 desember,16 januari,13 februari tolong bantu dok

      4. Ass..dok syakn udh 44 hri blom mens.kmrin ada flek pink kecoklatan gtu dok,trus td mlm kluar kyak drah mo hlngn tp cm dikit dok sya kira sya mens.trus sy pke pembalut smpe skrang gk da flek ato pun kyak darah dok.itu knpa ya dok apa sya hamil ato gmn..tp sya msh blom pke tespect tkut kecewa dok..

      1. Hai bunda Mia πŸ™‚

        Berikut perhitungan Masa Subur bunda..

        5 Juli – 5 Agustus = 26 + 5 = 31 hari
        5 Agustus – 8 September = 26 + 8 = 34 hari
        8 September – 10 Oktober = 22 + 10 = 32 hari
        10 Oktober – 8 November = 21 + 8 = 29 hari
        8 November – 15 Desember = 22 + 15 = 37 hari
        15 Desember – 16 Januari = 16 + 16 = 32 hari

        Hari pertama Masa Subur bunda adalah: 29 – 18 = 11, 16 Januari + 11 = 27 Januari;
        dan hari terakhir Masa bunda adalah: 37 – 11 = 26, 16 Januari + 26 = 11 Februari

        Jadi masa subur Bunda Mia yaitu dari tanggal 27 Januari s/d 11 Februari.
        (27, 28, 29, 30, 31, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10 dan 11).

        Sebenarnya ini masa subur yang cukup lebar.

        Kalau hasil perhitungan cukup lebar seperti ini biasanya hasil perhitungan Masa Subur dengan metode kalender kurang akurat bund.

        Karena itu, disarankan bunda Mia berhubungan setiap 2 atau 3 hari sekali dari tanggal 27 Januari sampai 11 Februari tersebut.

        Sekian, semoga membantu ya bund πŸ™‚

  2. Bagaimana kalau juli 1, agustus 29,september 27, oktober 17, november 10, desember 7. Bagaimana cara menghitung masa suburnya??

    1. Ibu Wiwin, dari Juli 1 ke Agustus 29 itu 59 hari.

      Ini bukan siklus haid normal, jadi kami sarankan Ibu Wiwin untuk konsultasi ke dokter kenapa bisa sampai 59 hari siklus haid nya.

      Karena siklus haid normal itu berkisar antara 21 – 35/40 hari.

      …tapi coba kita hitung masa subur Ibu Wiwin dari data2 yang diberikan.

      Juli 1 – Agustus 29 = 30 + 29 = 59 hari
      Agustus 29 – September 27 = 2 + 27 = 29 hari
      September 27 – Oktober 17 = 3 + 17 = 20 hari
      Oktober 17 – November 10 = 14 + 10 = 24 hari
      November 10 – Desember 7 = 20 + 7 = 27 hari

      Siklus haid terpanjang adalah 59 hari dan terpendeknya 20 hari.

      Jadi hari pertama masa subur ibu Wiwin adalah: 20 – 18 = 2

      dan hari terkahir masa subur ibu Wiwin adalah: 59 – 11 = 48

      Sehingga dengan begitu, maka masa subur ibu Wiwin akan dimulai dari hari ke 2 dihitung dari hari pertama haid terakhir sampai dengan hari ke 48.

      Karena umumnya wanita akan haid selama 7 hari, maka masa subur 2 hari setelah haid pertama menjadi tidak masuk akal.

      Jadi perhitungan kalender untuk siklus haid ibu Wiwin tidak berlaku.

      Sebagai catatan, kalau gap siklus haidnya terlalu lebar, dalam hal ini 39 hari, dari 20 – 59, tidak dianjurkan untuk menentukan masa subur dengan metode kalender, karena hasi perhitungannya akan kurang akurat.

      Kami sarankan gunakan mtode lain untuk menghitung masa subur Ibu Wiwin, seperti dengan metode Lendri Serviks, metode Suhu Basa atau menggunakan alat test masa subur yang banyak di juak di Apotek.

      1. Dok Bagaimana kalo bulan oktober tanggal 5 , november tanggal 7 , desember tanggal 9
        Bagaiman cara menghitung masa suburnya??

        1. Ibu Parwati, dari tanggal 5 Oktober sampai 9 Desember itu baru 2 siklus haid berturut2.

          Ini belum bisa diadikan acuan untuk menghitung masa subur dengan menggunakan kalender.

          Minimal butuh 6 siklus haid berturut2 untuk mendapatkan perhitungan akurat.

          1. Dok mau tanya kalau siklus saya 20agustus,21 september,18 oktober,20november,17desember,16januari gimana ngitungnya dok

          2. Hi bunda Yul πŸ™‚

            20 Agustus – 21 September = 11 + 21 = 32 hari
            21 September – 18 Oktober = 9 + 18 = 27 hari
            18 Oktober – 20 November = 13 + 20 = 33 hari
            20 November – 17 Desember = 10 + 17 = 27 hari
            17 Desember – 16 Januari = 14 + 16 = 30 hari

            Ini baru 5 siklus haid berturut2 bund, untuk menghitung masa subur haid tidak teratur secara akurat dengan hitungan kalender, butuh minimal 6 siklus haid berturut2.

            Jadi bunda Yul butuh data sikus haid di bulan februari nanti baru bisa dihitungkan masa suburnya kapan..

      2. Tolong min itungin ..
        Siklus haid saya
        Bulan juli tggal 5 agustus tgal 5 september 10 oktober tanggal 8 november 15 . Toling itungim masa subur saya dong

        1. 5 Juli – 5 Agustus = 26 + 5 = 31 hari
          5 Agustus – 10 September = 26 + 10 = 36 hari
          10 September – 8 Oktober = 20 + 8 = 28 hari
          8 Oktober – 15 November = 23 + 15 = 38 hari hari

          Ini baru 4 siklus haid berturt2, untuk siklus haid tidak teratur, minimal butuh 6 siklus haid berturut2 untuk mendapatkan perhitungan yang akurat.

          Jadi Ibu Mia harus menunggu 2 siklus haid lagi baru bisa dihitung kapan masa suburnya.

          1. Hai kak..
            Aku punya haid gak teratur. Oktober 2016 sy bru menikah. Tp pd bulan okt sy tdk haid. 24 November 2016 haid. Desember 2016 gak haid, 21 januari 2017 keluar bercak darah, smpai hri ini haid dlsedikit aja. Gimana cara hitung masa suburnya. Makasih

        2. Tolong itung masa subur saya donk
          Juli tggal 5
          Agustus tggl 5
          Sepember tggal 8
          Oktober tggal 10
          November 8
          Desember tggl 15

          1. 5 Juli – 5 Agustus = 26 + 5 = 31 hari
            5 Agustus – 8 September = 26 + 8 = 34 hari
            8 September – 10 Oktober = 22 + 10 = 32 hari
            10 Oktober – 8 November = 21 + 8 = 29 hari
            8 November – 15 Desember = 22 + 15 = 36 hari

            Ini baru 5 siklus haid, minimal butuh 6 siklus haid berturut untuk mendapatkan perhitungan masa subur akurat dengan hitungan kalender.

            Jadi nunggu 1 siklus haid lagi baru masa subur ibu Mia bisa dihitung dengan metode kalender.

  3. Dok bagaimana kalau oktober tanggal 5 november tanggal 7 desember tanggal 9
    Bagaimana cara menghitung masa suburnya?

    1. Ibu Peni, pertanyaannya sama dengan pertanyaan ibu Parwati, belum bisa dihitung dengan sistem kalender kalau masih 2 siklus haid berturut2.

  4. Kalau begini gmn ya mnghitungnya:
    Sya menstruasi tgl 17 mei, 22 juni, 26 juli, 24 agustus, September tdk menstruasi, 12 oktober, 8 november, 11 desember.
    Sy msih bngung cra mnghitungnya… Mohon bantuannya.. Trimakasih??

  5. Ibu Retno, gini caranya bu…

    17 Mei – 22 Juni = 14 + 22 = 36 hari
    22 Juni – 26 Juli = 8 + 26 = 34 hari
    26 Juli – 24 Agustus = 5 + 24 = 29 hari
    24 Agustus – 12 Oktober = 7 + 30 + 12 = 49 hari
    12 Oktober – 8 November = 19 + 8 = 27 hari
    8 November – 11 Desember = 22 + 11 = 33 hari

    Siklus haid terpendek Ibu Retno adalah 27 hari dan siklus terpanjangnya 49 hari.

    Dengan begitu, maka…

    Hari pertama masa subur = 27 – 18 = 9 dan;
    Hari terakhir masa subur = 49 – 11 = 38.

    Jadi hari pertama masa subur ibu Retno adalah 9 hari dari hari pertama haid terakhir, yaitu 11 Desember sampai dengan hari ke 38.

    9 hari dari 11 Desember itu adalah tanggal 11 + 9 = 20 Desember dan 38 hari dari 11 Desember adalah 18 Januari.

    Jadi masa subur ibu Retno dimulai dari tanggal 20 Desember s/d 18 Januari.

    Tapi karena siklus haid ibu Retno terlalu lebar, dalam hal ini dari 27 sampai 38 hari, kemungkinan perhitungan masa subur dengan sistem kalender kurang presisi.

    Cara lain yang bisa digunakan adalah dengan menggunakan metode lendir serviks dan metode suhu basal tubuh.

  6. Dok, 9 agustus sy kuret karna keguguran diusia kandungan 8w, saya hed tdk teratur. Saat ini baru terjadi 3 siklus haid, blum bisa diketahui masa subur ya dok? katanya yg sdh menjalani kuret bakal cepet hamil? mohon jawabannya dok, trimakasih

    1. Klw 3 siklus haid memang belum bisa diketahui kapan masa suburnya dengan sistem kalender. Tapi bisa diketahui masa suburnya dengan alat Test Pack kesuburan yang dijual di Apotek.

      Setelah kuret minimal menunggu 1 bulan kemudian baru bisa merencanakan untuk hamil lagi, karena rahim butuh waktu untuk bisa berkontraksi dengan baik pasca dikuret…

      Tapi karena sekarang sudah sekitar 4 bulan pasca kuret, tentunya Ibu Dhini sudah sangat memungkinkan untuk merencanakan kehamilan.

      Jadi gunakan saja alat test pack kesuburan yang dijual di Apotek untuk ketahui masa subur dari pada harus menunggu 3 siklus haid lagi untuk mengetahui masa subur dengan metode kalender.

    1. Mohon maaf ibu Sri, dari Juli ke Desember itu sekitar 4 bulan lebih. Jadi kami pikir Ibu harus periksa ke dokter mengenai haid nya, kenapa bisa sampai 4 bulan gak haid.

    1. 2 Juli – 29 Juli
      29 Juli – 26 Agustus
      26 Agustus – 21 September
      21 September – 20 Oktober
      20 Oktober – 17 November

      Itu baru 5 siklus haid berturut2, jadi belum bisa dihitung pake sistem kalender, minimal harus 6 siklus haid berturut2 untuk mendapatkan perhitungan akurat.

      Jadi ibu Elly harus nunggu 1 siklus haid lagi baru bisa dihitung masa suburnya.

  7. Dok mohon di bantu untuk masa subur saya, krena info bidan 1 minggu setelah hadi dan 1 minggu 1 bln sblum haid berikutnya
    Untuk tgl haid 6 bulan terakhi sbb
    8 mei, 15 juni, 18 juli, 21 agustus, 24 september, 29 oktober, 5 desember
    Trims

    1. 8 Mei – 15 Juni = 23 + 15 = 38 hari
      15 Juni – 18 Juli = 15 + 18 = 33 hari
      18 Juli – 21 Agustus = 13 + 21 = 34 hari
      21 Agustus – 24 September = 10 + 24 = 34 hari
      24 September – 29 Oktober = 6 + 29 = 35 hari
      29 Oktober – 5 Desember = 2 + 30 + 5 = 37 hari

      Siklus haid terpendek = 33 hari;
      Siklus haid terpanjang = 38 hari

      Hari pertama masa subur: 33 – 18 = 15 dan;
      Hari terakhir masa subur: 38 – 11 = 27.

      Jadi masa subur ibu Citra dimulai dari hari ke 15 dihitung dari hari pertama haid terakhir sampai dengan hari ke 27.

      15 hari dari tanggal 5 Desember itu adalah tanggal 20 Desember dan 27 hari dari tanggal 5 Desember itu adalah tanggal 1 Januari.

      Jadi masa subur itu citra adalah dari tanggal 20 Desember s/d 1 Janurai.

      20 Desember itu adalah PUNCAK MASA SUBUR!.

      Jadi kalau kata bidan 1 minggu setelah haid memang benar, sebab lama haid umumnya kan 7 hari. Jadi masa haid yang 7 hari ditambah 7 hari setelah haid = 14 hari.

      Seperti yang dihitung di atas, hari pertama masa subur ibu Citra terjadi pada hari ke-15 dihitung dari hari pertama haid terakhir, dalam hal ini dihitung dari tanggal 5 Desember.

  8. Aku msih bingung cra ngitungnya..
    Blan juni aku gk mens
    Bulan juli mens’y tggl 4
    Bulan agustus tgl 13
    Bulan september tgl 20
    Blan oktober gk mens lgi
    Bulan november dpetnya tgl 7
    Nah skrg desember blom dpet mens lgi…
    Tlong bantu yaaaa… !!!

    1. Minimal harus 6 siklus haid berturut2 kalau mau tahu kapan masa suburnya secara akurat dengan perhitungan kalender.

      Dalam hal ini Ibu Izka baru punya 3 siklus haid berturut2…

      Note: Siklus haid itu adalah hari pertama haid sebelumnya sampai dengan hari pertama haid berikutnya.

      4 Juli – 13 Agustus = 17 + 13 = 30 hari
      13 Agustus – 20 September = 18 + 20 = 38 hari
      20 September – 7 November = 10 + 31 + 7 = 48 hari.

      Nah ini kan baru 3 siklus haid berturt2, jadi masa suburnya belum bisa dihitung pake metode kalender.

      Cara lain yang bisa dicoba adalah dengan menggunakan metode suhu basal tubuh dan lendri serviks.

  9. jadi mbak klau haid 3 bulan sekali gmna htungny mbak …
    Trakhir saya haid tgl 14 bulan 11 dan skrang blm haid jga …

    1. Ibu Dewi, ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengetahui masa subur, salah satunya adalah metode kalender.

      Dalam kondis seperti ibu, metode kalender tidak memungkinkan dilakukan untuk mengentahui masa suburnya.

      Cara lain yang bisa digunakan adalah dengan menggunakan metode suhu basal tubuh atau bisa juga dengan metode lendir serviks.

      Bisa juga dengan menggunakan alat test pack kesuburan yang umumnya dijual di Apotek terdekat.

  10. Maaf dok, saya masih bingung cara perhitungannya. Mohon bantuannya ya, Dok.
    berikut siklus haid terakhir yang saya catat :
    1. 10 Juni
    2. 16 Juli
    3. 23 Agustus
    4. 6 Oktober
    5. 30 November
    Untuk yang Bulan Desember belum masuk masa haidnya, Dok.

    1. Ibu Wandari, dilengkapi dulu siklus haid nya selama 6 bulan terakhir baru kami hitungkan masa subur nya πŸ™‚

  11. Dok, usia saya saat ini 37tahun 4bulan 5hari, riwayat anak pertama dari pernikahan pertama perempuan, skrg usia 12tahun 7bulan, saya menikah lg september 2015 setelah 8tahun hidup sendiri. Sampai skrg saya blm hamil jg, padahal saya mau kejar usia. Saya bermasalah dgn siklus haid saya yg tdk teratur sehingga saya kesulitan untk menentukan kapan saya harus ketemu suami saya karna kebetulan kami tinggal berjauhan karna suami saya kerja di luar propinsi tempat saya tinggal. Mohon bantuan ya dok untk menentukan perkiraan masa subur saya. Ini data siklus haid saya sejak maret 2016 smpi desember 2016.

    Maret haid tgl 24-28
    April tdk haid
    Mei haid 4-8
    Juni tdk haid
    Juli 10-14
    Agustus 19-23
    September tdk haid
    Oktober 1-5
    November 9-13
    Desember 8-12
    Note: sejak haid pertama memang tidak teratur seperti ini dok..
    Trimakasih sebelumnya dok..

    1. 24 Maret – 4 Mei = 7 + 30 + 4 = 41 hari
      4 Mei – 10 Juli = 27 + 30 + 10 = 67 hari
      10 Juli – 19 Agustus= 21 + 19 = 40 hari
      19 Agustus – 1 Oktober = 12 + 30 + 1 = 43 hari
      1 Oktober – 9 November = 30 + 9 = 39 hari
      9 November – 8 Desember = 21 + 8 = 29 hari

      Siklus haid terpendek = 29 hari;
      Siklus haid terpanjang = 67 hari

      Dari hasil perhitungan di atas siklus haid ibu Siska terlalu lebar, dan menggunakan hitungan kalender untuk mengetahui masa suburnya tidak begitu akurat.

      Solusinya ketahui masa subur dengan metode lendir serviks atau suhu basal tubuh.

      Atau yang praktis dan juga akurat gunakan test pack kesuburan, bisa dijumpai di Apotek.

      Kalau ingin agar cepat hamil, kami sarankan untuk mengikuti program hamil dari dr. Rosdiana Ramli, SpOG.

      http://bit.ly/2dUBHRY

      Kenapa kami sarankan mengikuti program hamil?

      karena memang semakin bertambah usia peluang hamil semakin kecil, jadi dengan menjalankan program hamil yang tepat dari dokter spesialis kandungan, diharapkan bisa membantu agar cepat hamil.

  12. Salam,kenal aq mau tanya dong,aq haid bulan oktober tgl 30 sampai tgl 6 november datang haid lagi tgl 25 sampai 27 november datang lagi desember tgl 21 gi mana cara hitung masa subur nya ya ?

    1. Ibu Milla, itu baru 4 siklus haid berturut-turut, minimal butuh 6 siklus haid agar bisa mendapatkan perhitungan masa subur secara akurat dengan hitungan kalender.

    1. 28 Juni – 30 Juli = 2 + 30 = 32 hari
      30 Juli – 3 September = 1 + 31 + 3 = 35 hari
      3 September – 10 Oktober = 27 + 10 = 37 hari
      10 Oktober – 24 NOvember = 21 + 24 = 45 hari
      24 November – 24 Desember = 6 + 24 = 30 hari.

      Ibu Nurul, ini baru 5 siklus haid berturut2, 1 siklus haid lagi baru bisa mendapatkan perhitungan akurat dengan sistem kalender. Jadi untuk sementara belum bisa dihtungkan. Silahkan berkunjung lagi lain kali kalau sdh 6 siklus haid berturut2.

      1. Hai bunda Nurul πŸ™‚

        berikut perhitungan masa subur bunda..

        28 Juni – 30 Juli = 2 + 30 = 32 hari
        30 Juli – 3 September = 1 + 31 + 3 = 35 hari
        3 September – 10 Oktober = 27 + 10 = 37 hari
        10 Oktober – 24 November = 21 + 24 = 35 hari
        24 November – 24 Desember = 6 + 24 = 30 hari
        24 Desember – 28 Januari = 7 + 28 = 35 hari

        Hari pertama Masa Subur bunda: 30 – 18 = 12, 28 Januari + 12 hari = 9 Februari
        Hari terakhir Masa Subur bunda: 37 – 11 = 26, 28 Januari + 26 hari = 23 Februari

        Jadi masa subur bunda Nurul adalah dari tanggal 9 sampai 23 Februari.
        (9, 10, 11, 12, 13, 14, 15, 16, 17, 18, 19, 20, 21, 22 dan 23.)

        Sekian, semoga membantu ya bund πŸ™‚

  13. Mohon bantuan nya Bu admin ..
    Kalo saya juga tdk teratur haid nya..
    30 Mei.
    3 Juli.
    8 Agustus.
    5 sptmber.
    8 Oktober.
    5 nvmber.
    Terakhir 25 Desember …
    Saya bingung menghitung masbur nya Bun .. soal nya siklus nya jauh banget ..

    1. 30 Mei – 3 Juli = 1 + 30 + 3 = 34 hari
      3 Juli – 8 Agustus = 28 + 8 = 36 hari
      8 Agustus – 5 September = 23 + 5 = 28 hari
      5 September – 8 Oktober = 25 + 8 = 33 hari
      8 Oktober – 5 November = 23 + 5 = 28 hari
      5 November – 25 Desember = 25 + 25 = 50 hari

      Siklus haid terpendek = 28 hari;
      Siklus haid terpanjang = 50 hari

      Hari pertama masa subur = 28 – 18 = 10
      Hari terakhir masa subur = 50 – 11 = 39

      Jadi masa subur Ibu Desi dimulai dari hari ke-10 sampai hari ke-39 dihitung dari hari pertama haid terakhir (25 Desember), yang berarti dari tanggal 4 Januri s/d 2 februari 2017.

      Tapi ini adalah masa subur yang sangat lebar…artinya perhitungan kalender untuk masa subur Ibu Desi kurang akurat.

      Jadi ada baiknya Ibu Desi berhubungan dari tanggal 4 Januri s/d 2 februari antara 2 atau 3 hari sekali.

  14. Selamat Sore min, mohon dibantu untuk siklus haid saya untuk didapat masa subur nya
    25 maret
    28 mei
    30 juni
    23 agustus
    29 sept
    02 nov
    21 des

    Mohon dibantu ya min. Terimakasih banyak.

    1. Siklus haidnya terlalu lebar, perhitungan kalender tidak akurat.

      Sebaiknya ibu Tika menggunakan metode Suhu Basal Tubuh atau Lendir Serviks.

      Bisa juga dengan meggunakan test pack kesuburan yang dijual di Apotek terdekat.

  15. Sy msh bingung cara menghitung mens tdk teratur,
    Tlg di bantu y buk…
    Tgl. 04 september
    01 oktober
    11 september
    30 september
    30 desember

    1. Untuk mendapatkan perhitungan masa subur akurat untuk siklus haid tidak teratur butuh 6 siklus haid berturut2.

      Jadi ibu Ros butuh 2 siklus haid lagi baru bisa dihitungin masa suburnya, karena sekarang ini siklus haid ibu Ros baru 4 siklus haid berturut2.

  16. Slmt siang admin, sy haid telat. Haid tgl 4 oktober 2016 dan tgl 24 desember 2016. Bagaimana cara hitung masa subur saya ?

    1. Karena siklus haid ibu Ella baru satu siklus haid, jadi tidak bisa ditentukan kapan masa suburnya dengan hitungan kalender.

      Saran kami, ibu Ella bisa menggunakan metode lendir serviks atau suhu basal tubuh untuk mengetahui masa subur ibu Ella.

      Atau kalau mau paling praktis, gunakan saja alat test pack kesuburan yang bisa dijumpai di apotek.

      Baca artikel ini untuk mengetahui masa subur dengan test pack kesuburan.

      http://tipscepathamilblog.com/testpack-kesuburan/

  17. Slmat pagi,
    Ini siklus haid saya jika dimbil 6 bulan (dri bulan juni sampai januari)
    Jun 12 -juli 18 (36 hari)
    Juli 18- agst 10 (23 hari)
    Agt 10 – sep 19 (40 hari)
    Sep 19 -okt 22 (33 hari)
    Okt 22 – nov 27 (36 hari)
    Nov 27 – jan 2 (36 hari)
    Nah tadi diambil yg terpanjang dan terpendek
    Berrti begini ya?
    23-18 = 5
    40- 11= 29
    Trus tinggal ditambah dengan tagl haid kita
    Saya skrng awal haid tgl 2
    Brrti gini bukan?
    2 + 5 = 7 januari (puncak haid)
    2+ 29 = 31
    Nah yg saya bingung, saya jika men itu minimal 7 hari, sedangkan dihitung puncak haid adalah 5 hari dri hari haid, bagaimana jika saya masih men? Dan jadi puncak subur say tgl berapa ya? Mohon bantuan dan pencerahannya tkutnya saya salah ngitung juga.
    Terimakasih ?

    1. Iya, berdasarkan data siklus haid ibu Wahid selama 6 bulan berturut2, perhitungan kalender memang tidak bisa digunakan untuk menentukan masa subur ibu Wahid.

      Kalau siklus haid nya kurang dari 26 hari (dalam hal ini 23 hari), jelas tidak bisa menentukan masa subur dengan hitungan kalender ini, karena hari pertama masa suburnya akan terjadi di mana ibu Wahid masih dalam keadaan haid (lama haid kan umumnya memang 7 hari).

      Selain itu, perhitungan kalender di atas idealnya hanya berlaku untuk wanita yang siklus haid nya tidak terlalu lebar…rentang masa suburnya tidak lebih dari 15 hari.

      Jadi solusi untuk ibu Wahid adalah gunakan metode lendir serviks atau metode suhu basal tubuh untuk mengetahui masa suburnya.

      Atau kalau mau praktis gunakan alat test pack kesuburan yang bisa ibu Wahid jumpai di Apotek.

      Info mengenai alat test pack kesuburan ini bisa dibaca disini: http://tipscepathamilblog.com/testpack-kesuburan/

  18. Tolong dibantu utk menghitung masa subur & puncak masa suburnya ya min..
    17 feb
    21 maret
    25 april
    26 mei
    1 juli
    31 juli
    28 ags
    28 sept
    30 okt
    28 nov
    1 jan
    Tlg bantuannya min, terimakasih..

    1. 17 Februari – 21 Maret = 13 + 21 = 34 hari
      21 Maret – 25 April = 10 + 25 = 35 hari
      25 April – 26 Mei = 5 + 26 = 31 hari
      26 Mei – 1 Juli = 5 + 30 + 1 = 36 hari
      1 Juli – 31 Juli = 30 hari
      31 Juli – 28 Agustus = 28 hari
      28 Agustus – 28 September = 3 + 28 = 31 hari
      28 September = 30 Oktober = 2 + 30 = 32 hari
      30 Oktober – 28 November = 1 + 28 = 29 hari
      28 November = 1 Januari = 2 + 31 + 1 = 34 hari

      Siklus Haid Terpendek = 28 hari
      Siklus Haid Terpanjang = 36 hari

      Hari Pertama Masa Subur = 28 – 18 = 10;
      Hari Terakhir Masa Subur = 36 – 11 = 25.

      Jadi masa subur ibu Pipit akan terjadi 10 hari dari 1 Januari yaitu 11 Januri s/d hari ke-25 yaitu 26 Januari.

      Jadi Masa Subur ibu Pipit adalah ada tanggal: 11, 12, 13, 14, 15, 16, 17, 18, 19, 20, 21, 2, 23, 24, 25 dan 26 Januari.

      Dengan Puncak Masa Subur ibu Pipit adalah tanggal 11 Januari.

      Perhitungan ini tentu akurat, sebab ada 10 siklus haid berturut2.

      Catatan:

      Meskipun berhubungan pasa masa subur, itu tidak lantas bisa hami, karena ada banyak faktor juga yang menentukan apakah kehamilan akan terjadi atau tidak, seperti kualitas sperma dan sel telur, makanan yang dikonsumsi, gaya hidup dsb.

      Tapi tidak ada salahnya dicoba dulu berhubungan pasa masa subur.

    1. 17 Mei – 22 Juni = 14 + 22 = 36 hari
      22 Juni – 26 Juli = 8 + 26 = 34 hari
      26 Juli – 24 Agustus = 5 + 24 = 29 hari
      24 Agustus – 12 Oktober = 7 + 30 + 12 = 49 hari
      12 Oktober – 8 November = 19 + 8 = 27 hari
      8 November – 25 Desember = 22 + 25 = 47 hari

      Hari pertama masa subur ibu Rita adalah 27 – 18 = 9 hari dari 25 Desember, yaitu 3 Januari; dan
      Hari terakhir masa subur adalah: 49 – 11 = 38 hari dari 25 Desember, yaitu 1 Februari.

      Jadi masa subur ibu Rita adalah dari 3 Januari s/d 1 Februari.

      Sebenarnya ini adalah masa subur yang sangat lebar dan perhitungan kalender jadi tidak akurat.

      Saran kami, ibu Rita sebaiknya gunakan metode lendir serviks atau metode suhu basal tubuh untuk mengetahui masa suburnya.

      Atau bisa juga berhubungan 2 atau 3 hari sekali dalam rentang waktu dari 3 Januari sampai 1 februari itu.

  19. Saya tiap blnnya selalu lebih cepat 5 hari dari bulan sebelumnya.bulan desember kemarin tgl 12,bulan november tgl 17 seperti itu,gimana cara menghitungnya.mohon bantuannya.terima kasih banyak.

    1. Mohon maaf sebelumnya, apakah majunya haid ibu Vonny sebanyak 5 hari setiap bulannya berlangsung selama satu tahun atau hanya beberapa bulan terus tidak lagi?

  20. Kalo haid sperti ini gimana ya cara hitung buat bulan dpan nya. 29september, 25oktober, 22november, desember ga haid. Haidnya jadi tgl 5januari

    1. Hallo bunda Yali πŸ™‚

      Siklus ibu Yali belum cukup 6 siklus haid berturut-turut, jadi belum bisa dihitung masa suburnya dengan hitungan kalender.

      29 September – 25 Oktober = 1 + 25 = 26 hari
      25 Oktober – 22 November = 6 + 22 = 28 hari
      22 November – 5 Januari = 8 + 31 + 5 = 44 hari

      Nah bisa dilihat kalau siklus haid bunda Yali baru 3 siklus haid berturut2, sementara untuk mendapatkan perhitungan masa subur akurat itu butuh 6 siklus haid berturut2 bunda.

      Jadi belum bisa dihitungin masa suburnya..

    1. Hallo ibu Lhya πŸ™‚

      Paling tidak butuh 6 siklus haid berturut2 untuk mendapatkan perhitungan masa subur yang akurat.

      17 September – 30 Oktober = 13 + 30 = 43 hari
      30 Oktober – 4 Desember = 1 + 30 + 4 = 35 hari
      4 Desember – 8 Januari = 27 + 8 = 35 hari

      Nah inikan baru 3 siklus haid berturut2, jadi belum bisa dihitung masa suburnya pake metode kalender.

      Saran kami, sebaiknya bunda Lhya gunakan metode lendir serviks atau metode suhu basal tubuh.

      Semoga membantu..

  21. Dok bagaimana kalow haid tgl 17 september selesai tgl 26 september n sampai sekarang blm haid2,gmn cara menghitung masa subur u dok

    1. Hi bunda Siti πŸ™‚

      Untuk mengetahui masa subur haid tidak teratur butuh 6 siklus haid berturut2, dan juga jarak antara siklus haid sebelumnya dan berikutnya tidak terlalu lebar.

      Nah karena siklus haid bunda Siti terlalu, lebar maka tidak bisa diketahui masa suburnya dengan metode hitungan kalender.

      Saran kami bunda Siti bisa menggunakan metode lendir serviks atau suhu basal tubuh.

      Semoga memnbantu πŸ™‚

  22. dok kalo haidnya Agustus tgl 9,september tgl 17,oktober gk haid,november tgl 16,desember gk haid dan january tgl 6. mohon bantuannya untuk menghitung masa suburku dong dok..

    1. Hallo bunda Miftah πŸ™‚

      Untuk mengetahui masa subur haid tidak teratur dengan akurat minimal dibutuhkan 6 siklus haid berturut2.

      9 Agustus – 17 September = 22 + 17 = 39 hari
      17 September – 16 November = 13 + 31 + 16 = 60 hari
      16 November – 6 Januari = 14 + 31 + 6 = 51 hari

      Nah inikan terlihat kalau siklus bunda Miftah baru 3 siklus haid berturut2, jadi belum bisa dihitung masa suburnya bund..

  23. Dok gimana cara hitung masa subur kalau siklus haid saya buln 9 tgl 6, bln 10 tgl 13, bln 11 tdk haid, bln 12 tgl 10 dan bln 1 ini tgl 10

    1. Hi bunda Sulawati πŸ™‚

      6 September – 13 Oktober = 24 + 13 = 37 hari
      13 Oktober – 10 Desember = 18 + 30 + 10 = 58 hari
      10 Desember – 10 Januari = 21 + 10 = 31 hari

      Nah inikan baru 3 siklus haid berturut2 bund.

      Kalau siklus haid tidak teratur, maka butuh minimal 6 siklus haid berturut2 untuk mendapatkan perhitungan akurat.

      Jadi untuk sekarang ini belum bisa ditentukan masa subur bunda Sulawati dengan metode kalender, harus nunggu 3 siklus haid lagi.

      Saran kami, bunda Sulawati bisa gunakan metode lendir serviks atau metode suhu basal tubuh untuk mengetahui masa suburnya.

      Sekian semoga bermanfaat πŸ™‚

  24. Dok gimana cara menghitung masa subur saya jika siklus haidnya. Bulan 8 tanggal 14, bln 9 tgl 14, bln 10 tgl 12,bln 11 tgl 9, bln 12 tgl 9,bln 1 tgl 2… Mohon bantuannya terimakasih

    1. Hi Ibu Lia πŸ™‚

      14 Agustus – 14 September = 17 + 14 = 31 hari
      14 September – 12 Oktober = 16 + 12 = 28 hari
      12 Oktober – 9 November = 19 + 9 + 28 hari
      9 November – 9 Desember = 21 = 9 = 30 hari
      9 Desember – 2 Januari = 22 + 2 = 24 hari

      Nah bisa dilihat pada siklus haid terakhir dari ibu Lia hanya 22 hari.

      Ini tentu tidak bisa dihitung dengan hitungan kalender, karena minimal periode siklus haid yang bisa dihitung dengan metode kalender ini adalah 26 hari.

      Saran kami ibu Lia bisa gunakan metode lendir serviks dan metode suhu basal tubuh untuk mengetahui masa subur..

  25. Slmt soreh,,,minta bntuanx ya dok atau kaka2 yg kbih pnglman,,dr bln agustus smpai oktober aku haid tgl 17,trus november haid aku dtgx tgl 27,trs bln 12 kmrn tgl 17 kmbli nah bln 1 2017 kmrn haid aku ke tgl 2…gimna ya cara mnghitungx?tlng di bntu

    1. Hi Ibu Auliya πŸ™‚

      17 Agustus – 17 September = 14 + 17 = 31 hari
      17 September – 17 Oktober = 13 + 17 = 30 hari
      17 Oktober – 27 November = 14 + 27 = 41 hari
      27 November – 17 Desember = 3 + 17 20 hari
      17 Desember – 2 Januari = 14 + 2 = 16 hari

      Dari perhitungan di atas jelas tidak bisa dihitung masa subur ibu Auliya dengan metode kalender…sebab siklus haid terpendeknya hanya 16 hari.

      Untuk menghitung masa subur dengan metode kalender ini siklus haid terpendek minimal 26 hari.

      Sebaiknya ibu Auliya gunakan metode lendir serviks atau suhu basal tubuh untuk ketahui kapan masa suburnya..

  26. mnta bntuannya admin, Tolong siklus haidh saya
    1.18 Juni
    2. Juli ga haid
    3. 04 Agustus
    4. 05 September
    5. 10 Oktober
    6. 16 November
    7. 13 Desember
    8. 08 Januari

    1. Hai Bunda Norli πŸ™‚

      18 Juni – 4 Agustus = 12 + 31 + 4 = 47 hari
      4 Agustus – 5 September = 27 + 5 = 32 hari
      5 September – 10 Oktober = 25 + 10 = 35 hari
      10 Oktober – 16 November = 21 + 16 = 37 hari
      16 November – 13 Desember = 14 + 13 = 27 hari
      13 Desember – 8 Januari = 18 + 8 = 26 hari

      Siklus haid terpendek 26 hari dengan siklus haid terpanjang 47 hari…selisihnya besar sekali bund.

      Dalam hal seperti ini perhitungan masa subur dengan metode kalender sangat tidak akurat.

      Saran kami bunda Norli gunakan metode lendir serviks atau metode suhu basal tubuh untuk mengetahui masa subur nya.

      Atau paling praktis gunakan alat test pack kesuburan yang bisa bunda dapatkan di Apotek.

      Semoga membantu..

  27. Minta bantuan nya admin, haid pd tgl 13 Desember trus haid lg pd tgl 9 januari. Gmn caranya menghitung masa subur secara siklus tersebut tidak teratur??

    1. Hi Arvidull πŸ™‚

      Untuk siklus haid tidak teratur, masa suburnya hanya bisa ditentukan dnegan hitungan kalender kalau sudah mencapai 6 siklus haid berturut2.

      Sementara dari data yang diberikan baru satu siklus haid. Jadi belum bisa dihitung kapan masa suburnya.

  28. Ass….Admin met sore mohon bantuanya…..Q haid bln September tgl 28,okt 26,nov 23,19 dan skrg bln januari tgl 13….Mohon bantuanya kpn masa subur yg baik krn kpngn punya baby mksh admin

    1. Hi Bunda Dwi πŸ™‚

      28 September – 26 Oktober = 2 + 26 = 28 hari
      26 Oktober – 23 November = 5 + 23 = 28 hari
      23 November – 19 Desember = 7 + 19 + 26 hari
      19 Desember – 13 Januari = 12 + 13 = 25 hari

      Untuk mengetahui masa subur haid tidak teratur dengan hitungan kalender, siklus haid terpendeknya harus minimal 26 hari.

      Karena siklus haid terpendek bunda Dwi 25 hari, jadi hitungan kalender tidak bisa digunakan untuk menentukan kapan masa suburnya bund.

      1. admin apa benar hitungn saya awal masa subur tgl 23 jan-7 feb jika haid pertama tgl 15 juli,16 agust,14 sept,19 okt,15 nov,13 des dan 14 jan.. tolong hitungkan ulang… terimakasih

  29. Ass dok. Saya juga pengen di bantu mengetahui masa subur, saya baru selesai haid bulan ini tepatnya hari ini tapi cuma 2 hari haidnya?? tolong di bantu dok
    20 agustus
    16 september
    16 oktober
    12 november
    13 desember
    11 januari

    Tolong di bantu dok ? makasi

    1. Hi ibu Nirmala πŸ™‚

      20 Agustus – 16 September = 11 + 16 = 27 hari
      16 September – 16 Oktober = 14 + 16 = 30 hari
      16 Oktober – 12 November = 15 + 12 = 27 hari
      12 November – 13 Desember = 18 + 13 = 31 hari
      13 Desember – 11 Januari = 18 + 11 = 29 hari

      Periode siklus haid nya sangat bagus, tidak lebar, jadi akan akurat perhitungan masa subur nya dengan hitungan kalender.

      Tapi inikan baru 5 siklus haid berturut2 bund, sementara untuk perhitungan masa subur akurat untuk haid tidak teratur dibutuhkan minimal 6 siklus haid berturut2.

      Jadi ibu Nirmala harus nunggu haid berikutnya di bulan februari dulu baru tanyakan lagi disini ya… πŸ™‚

      Nanti kita akan hitungkan kapan masa subur ibu Nirmala klw sudah cukup 6 siklus haid berturut2.

  30. Maaf dok lupa masukin bulan juli.
    Bisa di bantu lg dok ??
    Juli 25
    Agustus 20
    September 16
    Oktober 16
    November 12
    Desember 13
    Januari 11

    Mohon di bantu dok ??

    Makasih sebelumnya?

    1. Hi bunda Nirmala πŸ™‚

      25 Juli – 20 Agustus = 6 + 20 = 26 hari
      20 Agustus – 16 September = 11 + 16 = 27 hari
      16 September – 16 Oktober = 14 + 16 = 30 hari
      16 Oktober – 12 November = 15 + 12 = 27 hari
      12 November – 13 Desember = 18 + 13 = 31 hari
      13 Desember – 11 Januari = 18 + 11 = 29 hari

      Hari pertama masa subur = 26 -18 = 8 —> 11 + 8 = 19 Januari
      Hari terakhir masa subur = 31 – 11 = 20 —> 11 + 20 = 31 Januari

      Jadi Masa Subur bunda adalah dari tanggal 19 Januari s/d 31 Januari (19, 20, 21, 22, 23, 24, 25, 26, 27, 28 ,29, 30 dan 31.)

    1. Hai bunda Rindu πŸ™‚

      14 April – 22 Mei = 16 + 22 = 38 hari
      22 Mei – 28 Juni = 9 + 28 = 37 hari
      28 Juni – 26 September = 2 + 31 + 31 +26 = 90 hari
      26 September – 12 November = 4 + 31 + 12 = 47 hari
      12 November – 11 Januari = 18 + 31 + 11 = 60 hari

      Ini siklus haidnya gak ada yang ketinggalan ya bund? soalnya kok bulan Juli dan Agustus gak ada?

      Dan juga…ini baru 5 siklus haid berturut2 bund, sementara untuk mengetahui masa subur haid tidak teratur dengan akurat butuh minimal 6 siklus haid berturut2.

      Jadi untuk sekarang belum bisa ditungkan masa suburnya ya bund.

      Saran kami, untuk sekarang bunda Rindu bisa gunakan metode lendir serviks atau metode suhu basal tubuh untuk mengetahui masa suburnya.

      Sekian, semoga membantu..

      1. Min mohon di bantu :
        Agust : 26
        Sept : 26
        Okt : 21
        Nov : 08
        Des : 5
        Jan : 4
        Mohon dibantu ya admin … Thx

        1. Hai bunda Puji πŸ™‚

          26 Agustus – 26 September
          26 September – 21 Oktober
          21 Oktober – 08 November
          08 November – 05 Desember
          05 Desember – 04 Januari

          Bisa bunda Puji lihat kalau ini baru 5 siklus haid berturut2.

          Untuk mendapatkan perhitungan masa subur akurat untuk siklus haid tidak teratur minimal dibutuhkan 6 sikus haid berturut2.

          Jadi nunggu 1 siklus haid lagi ya bund, yaitu haid di bulan februari baru bisa dihitung masa suburnya..

  31. Admin, mohon dibantu saya masih bingung menghitung masa subur saya , siklus 6 bulan terakhir saya, haid pertama saya di bulan agust : 26 agust, september : 27 sept, Okober : 21 oktober, Nov : 8 nov, Desember: 5 desember,Jan : 4 jan .. Saya sudah 1thn 4 bln menikah, dan kepengen punya momongan.. Mohon dibantu untuk menghitungnya ya min… Thx.

  32. Dok, mohon dibantu dihitungkan masa subur. Haid pertama saya di : 1 Juli, 8 Agustus, 8 September, 12 Oktober, 14 November, 20 Desember, 18 Januari. Terima kasih

    1. Hi bunda Ningrum πŸ™‚

      Berikut perhitungan Masa Suburnya…

      1 Juli – 8 Agustus = 30 + 8 = 38 hari
      8 Agustus – 8 September = 23 + 8 = 31 hari
      8 September – 12 Oktober = 22 + 12 = 34 hari
      12 Oktober – 14 November = 19 + 14 = 33 hari
      14 November – 20 Desember = 16 + 20 = 36 hari
      20 Desember – 18 Januari = 11 + 18 = 39 hari

      Hari pertama masa subur: 31 – 18 = 13 —> 18 + 13 = 31 Januari
      Hari terakhir masa subur: 39 – 11 = 28 —> 18 + 28 = 15 Februari

      Jadi Masa Subur bunda Ningrum adalah dari tanggal 31 Januari s/d 15 Februari.

      Sebenarnya ini masa subur yang agak lebar, karena itu bunda disarankan untuk berhubungan setiap 2 atau 3 hari sekali dalam rentang tanggal tersebut.

      Sekian, semoga membantu ya bund πŸ™‚

  33. dok mohon bantuan perhitungan masa subur. tanggal haid pertama saya sbb:
    5 juni
    3 agustus
    1 september
    1 oktober
    30 oktober
    28 nopember
    5 desember
    27 desember
    19 januari

    1. Hai bunda Mai πŸ™‚

      Berikut perhitungan masa subur bunda Mai…

      5 Juni – 3 Agustus = 25 + 31 + 3 = 59 hari
      3 Agustus – 1 September = 28 + 1 = 29 hari

      Sampai disini saja sudah bisa dilihat kalau siklus haid bunda Mai terlalu lebar (59 – 29 = 30 hari).

      Akibatnya perhitungan masa subur menggunakan metode kalender untuk siklus haid yang terlalu lebar seperti ini tidak akan akurat hasil perhitungannya.

      Jadi saran kami sebaiknya bunda Mai gunakan metode lain, bisa menggunakan metode lendir serviks atau metode suhu basal tubuh.

      Sekian, semoga membantu..

  34. maaf sblumnya dok… saya salah dalam penulisan tanggan, yang bnar adalah.
    5 juli, 3 agustus , 1 sept , 1 okt , 30 okt, 28 nov, 27 des , 19 jan…

    saya coba berhitung dengan rumus dokter, yang saya dapatkan adalah
    masa subur antara 23 januari – 6 februari.

    apakah saya benar dok???
    sebelumnya saya punya riwayat adenomyosis dan endometrosis uk 4cm… setelah konsumsi lutenyl kista sudah mengecil dan di nyatakan normal..

    apakah saya mampu memperoleh keturunan dok??? sementara menstruasi saya berantakan.
    trims atas analisa dokter.

    1. Hai bunda Mai πŸ™‚

      Coba kita hitung ulang ya…

      5 Juli – 3 Agustus = 26 + 3 = 29 hari
      3 Agustus – 1 September = 28 + 1 = 29 hari
      1 September – 1 Oktober = 29 + 1 = 30 hari
      1 Oktober – 30 Oktober = 29 hari
      30 Oktober – 28 November = 1 + 28 = 29 hari
      28 November – 27 Desember = 2 + 27 = 29 hari
      27 Desember – 19 Januari = 4 + 19 = 23 hari

      Siklus haid terpendeknya kurang dari 23 hari, ini tidak bisa dikurangi 18, karena masa subur bunda Mai akan jatuh di saat bunda masih haid…dan ini tentu tidak benar.

      …jadi dalam hal seperti ini tidak bisa menggunakan hitungan kalender untuk mengetahui masa suburnya bund.

      Tapi kalau kita mengambil 6 siklus haid berturut2 saja, maka perhtiungannya akan seperti ini:

      Hari pertama masa subur: 29 – 18 = 11, 19 Januari + 11 = 30 Januari
      hari terakhir masa subur: 30 – 11 = 19, 19 Januari + 19 = 7 Februari

      Jadi masa subur bunda Mai adalah dari tanggal 30 Januari s/d tanggal 7 Februari.

      …karena sudah dinyatan normal, tentu bisa hamil bund.

      Siklus haid itu hanya menunjukkan perbedaan masa subur, pada intinya siklus haid teratur dan tidak teratur punya peluang sama untuk hamil.

      Tapi tentu perlu juga ditunjang dengan program hamil yang benar-benar efektif dari dokter spesialis kandungan.

      Dalam hal ini kami menyarankan bunda Mai untuk ikut Program Hamil Maksimal dari dr. Rosdiana Ramli, SpOG.

      Untuk ikut dalam program hamil ini bunda bisa menuju ke website beliau langsung.

      http://bit.ly/mommyhamil

      Semoga cepat punya momongannya ya bund πŸ™‚

  35. Dokter haid saya juga acak2an.. Bingung gmn ngitung nya.. Haid sebagai berikut :

    Ini th 2016 ya dok
    21 jan
    24 feb
    maret gk haid
    11 april

    27 mei sampe tanggal 2 juni jadi bulan juni gk ada haid lagi

    juli gk haid
    agustus gk haid

    9 september sampai tanggal 21 sept kemudian haid lagi tgl 26 sampe 3 oktober lalu tanggal 11 oktober haid lagi sampai tgl 15 (efek karena minum pil kb yg disarankan bidan bisa membuat siklus haid teratur)

    26 nov sampai tgl 2 desmbr jadi bulan desmbr ny tidak ada haid

    12 januari 2017

    Mohon bantuannya yah dokter.
    Terimakasih.

    1. Hai bunda Setyati πŸ™‚

      Untuk haid yang sangat tidak teratur seperti siklus haid bunda Setyati ini tidak bisa diketahui masa suburnya dengan hitungan kalender.

      Saran kami sebaiknya bunda Setyati gunakan metode lendir serviks untuk tahu kapan masa suburnya.

      Bunda bisa baca penjelasannya disini http://bit.ly/2iV3Viv bagaimana mengetahui masa subur dengan metode lendir serviks.

      Semoga bisa membantu ya bund πŸ™‚

  36. Tlg sy dunk dok..siklus sy 21juli..17agt..20sep..29nov..23des…sy sempat hamil stlh hpht sep..tp tgl 2nov sy kguguran..bgaimana mnghitung masbur saya?yg tgl 2nov dhhitung 1siklus jg g?mohon bntuannya

    1. Hi bunda Meta πŸ™‚

      Siklus haid tentu harus dihitung dari hari pertama haid setelah keguguran, karena setelah keguguran biasanya butuh waktu untuk siklus haid bisa normal kembali seperti sebelumnya.

      Jadi setelah keguguran pada 2 November, haid berikutnya terjadi tanggal berapa? nah tanggal inilah yang dijadikan acuan perhitungan kedepannya.

      Kalau haid lagi berikutnya, maka ini berarti baru 1 siklus haid.

      Jadi bukan dihitung dari tanggal bunda keguguran ya, tapi dihitung dari tanggal berapa bunda haid pertama kalinya setelah keguguran.

      1. Stlh kguguran sy haid lg tgl 29 nov dok cm sdkit2 dn hny 4hr..lalu tgl 23des haid lg dlm jmlh ckup bnyk dn selesai 6hr..dan trnyta hr ini 19 jan sy sdh haid lg (sy smpet ke ge er an bln ini positif)…brarti masa subur yg skrg ini gmn dok..spya bs ikhtiar lg

        1. Sy rinci siklus sy sprti ini
          21 juli
          17 agt
          20 sep
          Hamil…kguguran 2 nov
          29 nov
          23 des
          19 jan
          Dengan siklus itu bgaimana masbur sy utk januari ini dok..
          Trimakasih skali sblmny ..

        2. Jadi 29 November inilah acuan bunda Meta untuk menghitung masa suburnya.

          29 November – 23 Desember = 1 + 23 = 24 November
          23 Desember – 19 Januari = 8 + 19 = 27 hari

          Ini baru 2 siklus haid berturut2 bund, jadi belum bisa menggunakan hitungan kalender untuk tahu kapa masa suburnya.

          Minimal butuh 6 siklus haid berturut2 kalau ingin mendapatkan perkiraan masa subur akurat dengan metode kalender.

          Tapi dari pada bunda Meta menunggu terlalu lama 4 siklus haid lagi, sebaiknya bunda gunakan saja alat test pack kesuburan yang biasa dijual di Apotek.

          Alat ini sangat akurat untuk mengetahui masa subur bund, jadi tidak ada salahnya bunda Meta coba dari pada harus nunggu terlalu lama.

          1. Brarti siklus sblm kguguran g bs dpakai acuan y? Stlh kguguran mulai sklus baru..sygny testpack ksuburan agk sulit dcari d daerah sy..

          2. Iya bund, karena biasanya setelah keguguran siklus haid ini butuh waktu untuk normal seperti sebelumnya bunda.

            Bahkan pada beberapa wanita butuh waktu beberapa bulan untuk haid pertama kalinya setelah keguguran.

            Jadi kalau menggunakan siklus haid sebelum keguguran, maka perhitungan menjadi sangat tidak akurat, karena ada selang waktu di mana haid terhenti ketika hamil dan kemudian keguguran.

            Sehingga untuk mendapatkan perhitungan akurat tentu harus menggunanakan siklus haid setelah keguguran.

            Semoga membantu ya bund πŸ™‚

    1. Hai bunda Wulan πŸ™‚

      Berikut perhitungan masa suburnya bund..

      02 Maret – 14 April = 29 + 14 = 43 hari
      14 April – 22 Mei = 16 + 22 = 38 hari
      22 Mei – 28 Juni = 9 + 28 = 37 hari
      28 Juni – 26 September = 2 + 31 + 31 + 26 = 90 hari

      Sampai disini bisa dilihat kalau siklus haid bunda Wulan sangat lebar (90 – 37 = 53 hari) dan artinya metode kalender tidak bisa digunakan untuk menentukan kapan masa suburnya.

      Jadi saran kami bunda bisa gunakan metode lendir serviks untuk mengetahui masa suburnya, atau bisa juga pake alat test pack kesuburan yang dijual di apotek.

  37. Mba aku bisa minta tolong hitung masa subur
    Juli 28
    Agustus 22
    September 15
    Oktober 8
    November 27
    Desember 22
    Januari 14

    1. Hai bunda Yani πŸ™‚

      Masa subur bunda tidak bisa dihitung dengan metode kalender, sebab haid terpendeknya 25 hari (28 Juli – 22 Agustus = 3 + 22 = 25 hari).

      Sementara untuk menghitung masa subur haid tidak teratur dengan metode kalender minimal siklus haid terpendeknya harus 26 hari.

      Jadi saran kamu sebaiknya bunda menggunakan metode lendir serviks untuk mengetahui kapan masa suburnya atau bisa juga menggunakan metode suhu basal tubuh.

      Atau paling praktis bisa gunakan alat test pack kesuburan yang dijual di Apotek.

      Sekian, Ssemoga membantu πŸ™‚

      1. tolong dong bun hitungkan masa subur saya
        Bulan
        Agustus tgl 9
        September tgl 8
        Oktober tgl 18
        November tgl 16
        Desembet tgl 14
        Januari tgl 18

  38. Bund aku mau tnya,
    28 Agst
    28 Sep
    25 Okt
    22 Nov
    21 Des
    20 Jan

    Aku bingung hitung masa subur ny, dn kpn aku bsa HB dgn suamu agar potensi ny bsa hamil.

    1. Hai bunda Astri πŸ™‚

      Berikut perhitungan masa suburnya..

      28 Agustus – 28 September = 3 + 28 = 31 hari
      28 September – 25 Oktober = 2 + 25 = 27 hari
      25 Oktober – 22 November = 6 + 22 = 28 hari
      22 November – 21 Desember = 8 + 21 hari = 29 hari
      21 Desember – 20 Januari = 10 + 20 = 30 hari

      Ini siklus haidnya bagus sekali ya bund, karena tidak lebar.

      Tapi kurang 1 siklus haid lagi bund, karena minimal butuh 6 siklus haid berturut2 untuk mendapatkan hasil perhitungan akurat untuk masa subur haid tidak teratur dengan metode kalender.

      Jadi sebaiknya bunda nunggu haid yang bulan februari dulu baru komen lagi disini dan nanti kita hitung lagi..

    1. Hai bunda Meilani πŸ™‚

      Untuk mengetahui Masa Subur haid tidak teratur dengan hitungan kalender, dibutuhkan minial 6 siklus haid berturut2.

      Sementara dari data yang bunda berikan tidak ada satu pun iklus haid.

      Siklus haid itu adalah lama waktu dari haid pertama haid sebelumnya sampai hari pertama haid berikutnya.

      Contoh:

      Bunda Meilani haid 24 Januari 2017, terus haid lagi pada 20 Februari 2017, maka siklus haidnya adalah: 27 hari…nah ini baru 1 siklus haid.

      Dibutuhkan 6 siklus haid seperti itu untuk tahu berapa masa suburnya secara akurat.

      Karena itu memang penting untuk selalu mencatat tanggal haid setiap bulannya..

  39. maaf puan,saya dari malaysia,, saya nak tanya macamana menghitung masa subur haid tidak teratur mengikut apa yang puan ajar..
    saya sudah cuba dan masih tidak faham.. boleh ajar kan saya????
    my period: Ougust ; 22 hari
    september ; 25 hari
    october ; 20 hari
    november ; 20 hari
    december ; 19 hari
    january ; 39 hari
    terima kasih puan..

    1. Hai bunda Ayu πŸ™‚

      Untuk menghitung masa subur haid tidak teratur, siklus haid terpendeknya minimal harus 26 hari.

      Sementara haid bunda Ayu, siklus terpendeknya adalah 19 hari, jadi tidak bisa dihitung masa subur bunda Ayu dengan metode kalender.

      Saran kami bunda Ayu bisa gunakan metode lendir serviks atau metode suhu basa tubuh untuk mengetahui masa suburnya.

      Bisa juga menggunakan alat TestPack Kesuburan yang dijul di Apotek.

      1. Hai puan, thank you so much sebab reply email saya
        baiklah,saya akan cuba saranan puan.
        terima kasih ye.. πŸ™‚

  40. Tolong hitungkan masa subur saya dong mbaa admin.. saya mens terakhir tanggal 9 januari 2017 berarti masasubur saya kapan. Terimakasih

    1. Hai bunda Windha πŸ™‚

      Bunda harus punya data 6 siklus haid berturut-turut untuk bisa dihitungkan kapan masa suburnya.

      Karena perhitungan masa subur dengan metode kalender ini mengacu pada siklus haid.

      Jadi kalau gak ada siklus haid nya ya jelas gak ada yang bisa dihitung bund πŸ™‚

      1. Hai bunda Sari πŸ™‚

        Siklus haid bunda Sari baru 4 siklus haid berturut2, berikut rinciannya..

        7 September – 9 Oktober = 23 + 9 = 32 hari
        9 Oktober – 5 November = 22 + 5 = 27 hari
        5 November – 4 Desember = 25 + 4 = 29 hari
        4 Desember – 22 Januari = 27 + 22 = 49 hari

        Sementara untuk mendapatkan hasil perhitungan masa subur yang akurat dengan hitungan kalender minimal dibutuhkan 6 siklus haid berturut2.

        Jadi bunda masih harus nunggu haid dibulan februari dan januari baru bisa dihitungan masa suburnya dengan metode kalender.

        Untuk sekarang bunda bisa mengetahui masa suburnya dengan metode lendir serviks atau metode suhu basal tubuh.

        Sekian, semoga membantu πŸ™‚

  41. Minta tlong di hitungin
    9 juli,7 agustus,30 agustus,31 oktober,1 desember,31 desember,28 januari
    Terima kasih atas jawabanya^ ^

  42. tolong hitungkan bunda…ini siklus saya
    7 jun – 14 jun siklus 28 hari
    15 jul – 12 jul siklus 30 hari
    4 agust – 11 agust siklus 29 hari
    2 sept – 9 sept siklus 45 hari
    17 okt – 24 okt siklus 33 hari
    19 nov – 26 nov siklus 33 hari
    22 des – 29 des siklus 36 hari

    1. Hai bunda Siti πŸ™‚

      Berikut perhitungan masa subur bunda..

      7 Juni – 15 Juli = 23 + 15 = 38 hari
      15 Juli – 4 Agustus = 16 + 4 = 30 hari
      4 Agustus – 2 September = 27 + 2 = 29 hari
      2 September – 17 Oktober = 28 + 17 = 45 hari
      17 Oktober – 19 November = 14 + 19 = 33 hari
      19 November – 22 Desember = 11 + 22 = 33 hari
      22 Desember – 27 Januari = 9 + 27 = 36 hari

      Hari pertama Masa Subur bunda: 29 – 18 = 11, 27 Januari + 11 = 7 Februari
      dan hari terakhir Masa Subur bunda: 45 – 11 = 34, 27 Januari + 34 = 2 Maret

      Jadi masa subur bunda adalah dari 7 Februari s/d 2 Maret.

      …sebenarnya ini masa subur yang sangat lebar, dan besar kemungkinan perhitungan kalender tidak akurat.

      Jadi saran kami, dalam rentang waktu tersebut (dari tanggal 7 Februari sampai 2 Maret) bunda Siti berhubungan antara 2 atau 3 hari sekali.

      Hubungan pertama sebaiknya dilakukan pada 7 Februari.

      Sekian jawaban kami, semoga membantu ya bund πŸ™‚

  43. Siklus haid sy gk terartur sampe saya pusing ngitung masa suburnya… Saya lagi promil Tolong dong admin bantu hitungin biar promil nya sukses. Berikut priode haid saya…
    12 september
    06 oktober
    23 oktober
    20 november
    17 desember
    29 januari

    Trimaksih

    1. Hai bunda Hiyah πŸ™‚

      Siklus haid terpendek bunda 24 hari (12 September – 06 Oktober = 18 + 6 = 24 hari).

      Sementara untuk mengetahui masa subur dengan hitungan kelender siklus haid terpendeknya paling tidak 26 hari.

      Jadi Metode kalender tidak bisa digunakan untuk menghitung masa subur bunda.

      Saran kami bunda bisa menggunakan metode lendir serviks atau metode suhu basal tubuh untuk tahu kapan masa suburnya.

      Atau yang paling praktis sekaligus paling akurat bunda Bahiyah bisa gunakan alat test pack kesuburan.

      Alat ini bisa bunda jumpai di Apotek terdekat..

      Sekian, semoga membantu πŸ™‚

    1. Hai bunda Zui πŸ™‚

      Salah satu siklus haid bunda hanya 24 hari (4 Januari – 28 Januari = 24 hari)

      Sementara untuk menentukan masa subur dengan metode kalender, siklus haid terpendeknya minimal 26 hari.

      Jadi masa subur bunda Zui tidak bisa dihitung dengan metode kalender.

      Saran kami, bunda bisa gunakan alat test pack kesuburan dengan hasil pengukuran sangat akurat.

      Alat ini bisa bunda Zui jumpai di Apotek..

  44. Selamat siang dok, aku mau minta tollong hitungiin masa subur ku soalnya aku binggung dok siklus terpanjang ku sampe 53 hari.
    ini jadwal haid ku yg ngk teratur, tgl 05-11-2016, tgl 09-12-2016, tgl 31-01-2017 barusan haid setelah telat 1 bulan lebih. Untuk siklus 6 bulan terakhir nya aku lupa dok.
    mksh yaaa

    1. Hai bunda Dewi πŸ™‚

      Metode kalender tidak akurat hasil perhitungannya kalau siklus haid terlalu lebar dan tidak cukup sampai 6 siklus haid berturut2.

      Cara lain yang bisa bunda gunakan adalah dengan metode lendir serviks…cara seperti berikut:

      lendiri Serviks adalah lendir yang keluar dari organ kewanitaan.

      Nah kalau lendir ini berwarna bening, licin, dan elastis, seperti putih telur mentah, berarti bunda sedang dalam keadaan subur…

  45. Bun tolng htungun bun..in sklus haid sya.Mei 25
    Juni 22
    Juli 16
    Agust 18
    Sept 15
    Okt 14
    Nov 9
    Des 7
    Jan 2
    Jan 28

    1. Hai bunda Icha πŸ™‚

      Masa subur bunda Icha tidak bisa dihitung dengan metode kalender.

      Sebab siklus terendeknya adalah 24 hari (22 Juni – 16 Juli = 24 hari), sementara untuk menentukan masa subur haid tidak teratur dengan hitungan kalender siklus haid terpendek harus 26 hari.

      Cara lain yang bisa bunda gunakan adalah dengan metode lendir serviks…cara seperti berikut:

      lendiri Serviks adalah lendir yang keluar dari organ kewanitaan.

      Kalau lendir ini berwarna bening, licin, dan elastis, seperti putih telur mentah, berarti bunda sedang dalam keadaan subur…

      Sekian, semoga membantu yan bund πŸ™‚

  46. Mallem dok, bantu hitung donk.. Aq sebelum nikah siklus haid selalu teratur 28 5hri, setelah nikah jadi berantakan kadang lewat 10hri kdang lwat 2mnggu. Bulan lalu aq hpht tgl 10january tgl 15 brsih.

  47. Gimana cara hitung. Haid 24 november 2016 trus desember gak haid dan januari haid tgl 21. Gimana hitungnya

    1. Hai bunda Bellvania πŸ™‚

      Siklus haid bunda belum cukup 6 siklus haid berturut2 bund, sementara untuk menghitung masa subur haid tidak teratur dengan metode kalender butuh minimal 6 siklus haid berturut2 agar hasil perhitungannya akurat.

      Jaid Masa Subur bunda Vania tidak dihitungkan sekarang.

      Cara lain untuk tahu kapan masa subur bunda sudah kami kirim ke Email bunda..

  48. Masih bingung ngitung masa subur dok, mohon bantuan ny , pas sebelum nikah haid teratur siklus 28 6 hari, 2 bulan menikah sudah 3 kali haid, 15 desember, 9 januari, 1 februari ini baru haid lg, bagaimana cara menghitung ny ? Kenapa stelah menikah haid sya jd tidak teratur ya ? Mohon bantuan ny . thanks

  49. Dok kalau haidnya tgl 6 feburuari 2017 masa suburnya tanggal berapa,,, terakhir bulan desember tgl 24 desember haidnya

    1. Hai Mis Arief πŸ™‚

      Untuk haid tidak teratur, masa suburnya hanya bisa diketahui dengan hitungan kalender kalau siklus haid nya minimal sudah 6 bulan bund.

      Sementara bunda siklus haid nya baru 1 siklus haid (24 Desember – 6 Februari = 7 + 30 + 6 = 42 hari).

      Jadi memang sangat penting untuk catat tanggal haid setiap bulan, sebab ini berguna untuk tahu kapan masa subur bunda sendiri.

      Saran kami, bunda bisa gunakan metode lendiri serviks untuk tahu kapan masa suburny.

      Bisa juga gunakan alat test pack kesuburan yang dijual di Apotek (sangat dianjurkan).

      Sekian, semoga membantu yan bund πŸ™‚

  50. Bagaimana kalo ngitung masa subur saya dok,
    Bulan agustus tgl 14
    Bulan september sy gak haid
    Bulan oktober haid tgl 2
    Setelah itu november dan desember gak haid
    Bulan januari haid tgl 4
    Bulan februari tgl 4?

    Mohon bantuannya dok..
    Sya ingin cepat hamil karna sya udah setahun lebih 3 bln menikah tp blom hamil jg

    1. Hai bunda Anjeli πŸ™‚

      Masa subur bunda baru 3 siklus haid berturut2.

      Sementara untuk menentukan kapan masa subur haid tidak teratur, minimal dibutuhkan 6 siklus haid berturut2.

      Jadi untuk saat ini belum bisa diketahui kapan masa subur bunda dengan hitungan kalender.

      Saran kami, bunda bisa gunakan metode lendiri serviks.

      Lendir ini biasanya keluar disaat wanita tidak sedang haid.

      Kalau lendir ini berwarna bening, licin, dan elastis, seperti putih telur mentah, maka pertanda bahwa bunda sedang dalam keadaan yang sangat subur.

      Cara lain bunda bisa gunakan ala Test Pack kesuburan yang bisa dijumpai di Apotek terdekat

      Sekian, semoga membantu ya bund πŸ™‚

  51. dok, bingung dah ulang ulang ngitungx, ni siklus haid sya tidak teratur dok, mohon bantuanx yah,
    24 agust
    21 sept
    18 okt
    13 nov
    13 des
    12 jan
    mkasih dok…

    1. Hai bunda Ulfa πŸ™‚

      Berikut perhitungan Masa Subur bunda..

      24 Agustus – 21 September = 7 + 21 = 28 hari
      21 September – 18 Oktober = 9 + 18 = 27 hari
      18 Oktober – 13 November = 13 + 13 = 26 hari
      13 November – 13 Desember = 17 + 13 = 30 hari
      13 Desember – 12 Januari = 18 + 12 = 30 hari
      12 Januari – 8 Februari = 19 + 8 = 27 hari

      Hari pertama Masa Subur bunda Ulfa adalah: 26 – 18 = 8, 8 Februari + 8 hari = 16 Februari;
      dan Hari terakhir Masa Subur nya adalah: 30 – 11 = 19, 8 Februari + 19 = 27 Februari.

      Jaid Masa Subur bunda adalah dari tanggal 16 s/d 27 Februari.

      Hubungan intim sebaiknya dilakukan pertama kali pada tanggal 16 Februari.

      Selanjutnya hubungan dilakukan 2 atau 3 hari sekali.

      Kalau ingin cepat hamil, bunda bisa ikuti PROGRAM HAMIL MAKSIMAL disini: http://bit.ly/mommyhamil

      Sekian, semoga membantu ya bund πŸ™‚

  52. Ass..bun tlong bantu msa sbur sya
    Jul tgl 9
    Ag tgl 18
    Sep tgl 21
    Oc tgl 30
    Nov tdk mens
    Des tgl 1
    Des tgl 30
    Jan tdk mens
    Feb bru ada tnda2 mo mens.
    Tlong bntu dok bln feb msa suburnya kapan.trims sblumnya

  53. Dok mau tanya dong.. tolong bantu hitungkan masa subur saya,,
    Saya haid tgl 24 juli, 1 september, 28 oktober, 24 november, 30 desember, 06 februari
    Gmna menghitungnya yah?

  54. Ass..dok syakn udh 44 hri blom mens.kmrin ada flek pink kecoklatan gtu dok,trus td mlm kluar kyak drah mo hlngn tp cm dikit dok sya kira sya mens.trus sy pke pembalut smpe skrang gk da flek ato pun kyak darah dok.itu knpa ya dok apa sya hamil ato gmn..tp sya msh blom pke tespect tkut kecewa dok..

  55. Mba boleh minta itungin masa subur aku agustus tgl 10, september 20, oktober 29, november tidak haid, desember 6, januari 7, februari 8.. terimakasih

Comments are closed.