5 Nutrisi Penting Ibu Hamil Trimester Pertama

nutrisi penting ibu hamil trimester pertamaSetiap ibu hamil yang usia kandungannya sudah memasuki sepertiga kehamilan (1-3 bulan) perlu untuk mengetahui apa saja nutrisi penting ibu hamil trimester pertama. Asupan nutrisi yang cukup ketika kandungan sudah berusia 1-3 bulan memang penting untuk diperhatikan, karena dengan usia kandungan seperti ini, janin sudah harus diberikan nutrisi yang cukup dan seimbang guna untuk mendukung tumbuh kembangnya.

Manakala janin tidak mendapatkan asupan nutrisi yang cukup dan seimbang, maka tumbuh kembangnya bisa dipastikan akan terganggu dan inilah yang biasa menyebabkan bayi terlahir dalam keadaan cacat atau mengalami berbagai masalah lainnya.

Salah satu contoh sebagai akibat dari kurangnya nutrisi pada janin di trimester awal kehamilan adalah janin mengalami apa yang disebut dengan anencephaly, yaitu suatu kondisi di mana otak janin tidak terbentuk/berkembang dengan sempurna.

Kelainan otak yang dikenal dengan istilah medis anencephaly ini terjadi karena kurangnya asupan asam folat pada ibu yang sedang hamil.

Nah mengingat begitu pentingnya peranan nutrisi untuk tumbuh kembangnya janin yang optimal sehingga janin terhindar dari berbagai masalah seperti anencephal…

…maka kami untuk itulah kami menulis artikel ini khusus untuk memberikan informasi pada anda terkait nutrisi apa saja yang dibutuhkan oleh anda yang sedang hamil dengan usia kandungan 1-3 bulan.

5 Nutrisi Penting Ibu Hamil Trimester Pertama yang Sebaiknya Anda Konsumsi

Buah

Salah satu khasiat utama dari buah yang menjadikannya sebagai makanan yang boleh dikata wajib dikonsumsi oleh setiap wanita yang sedang hamil adalah karena kandungan asam folatnya yang tinggi, di mana ini berguna untuk mencegah terjadinya cacat otak pada janin (anencephaly) seperti yang disebutkan di atas.

Selain itu, buah dengan kandungan seratnya yang tinggi juga dikenal sangat ampuh dalam mengatasi sembelit yang acap kali dialami oleh wanita yang sedang hamil.

Dengan segudang manfaatnya itulah, makanya para dokter kehamilan dan kandungan sangat menganjurkan wanita yang sedang hamil dengan usia kandungan 1-3 bulan untuk mengkonsumsi buah secara rutin.

Buah-buahan yang sangat dianjurkan dikonsumsi oleh ibu hamil di trimester pertama kehamilan karena mengandung asam folat dan sera tinggi adalah: pisang, apel, jeruk, alpukat dan kurma.

Sayuran

Selain buah, sayur-sayuran juga perlu untuk dikonsumsi oleh ibu hamil trimester pertama.

Alasannya adalah, karena sayur-sayuran mengandung zat besi, di mana ini berguna untuk mencegah munculnya gejala mual, muntah dan bahkan morning sickness yang kerap dialami oleh setiap ibu hamil di trimester pertama kehamilan.

Penjelasan tentang gejala awal kehamilan seperti mual, muntah dan juga morning sickness bisa anda baca di artikel Tanda Tanda Kehamilan Minggu Pertama yang membahas dengan cukup detail mengenai gejala-gejala ini.

Alasan lain mengapa sayur-sayuran sangat penting dikonsumsi oleh ibu hamil di trimester pertama kehamilan adalah, karena zat besi yang dikandung oleh sayuran dibutuhkan oleh tubuh terutama dalam proses pembentukan hemoglobin, di mana hemoglobin berguna untuk mencegah wanita dari mengalami anemia yang acap kali dialami saat sedang hamil.

Selain kandungan zat besinya yang tinggi, beberapa jenis sayuran juga ternyata memiliki kandungan asam folat yang tinggi, sehingga dengan mengkonsumsi sayuran secara rutin, maka dua nutrisi penting ibu hamil trimester pertama yaitu asam folat dan zat besi bisa terpenuhi sekaligus.

Adapun jenis sayur-sayuran yang sangat baik dan sekaligus juga merupakan anjuran oleh para dokter kehamilan untuk dikonsumsi secara rutin oleh wanita di awal-awal kehamilan karena mengandung zat besi tinggi dan juga asam folat adalah: asparagus, brokoli, selada, sawi dan bayam.

Kacang-kacangan

Nutrisi yang juga dibutuhkan oleh ibu hamil selain asam folat dan zat besi guna untuk menunjang tumbuh kembangnya janin di trimester pertama kehamilan adalah protein.

Sayur-sayuran dan khususnya buah-buahan tidak memiliki atau hanya memiliki sedikit kandungan protein di dalamnya.

Sehingga jika anda hanya mengkonsumsi buah dan sayuran saja, maka itu belum cukup untuk memenuhi kebutuhan tubuh anda akan nutrisi penting ibu hamil trimester pertama yang seimbang guna untuk menunjang tumbuh kembangnya janin yang optimal.

Sehingga dengan demikian, anda butuh protein untuk lebih melengkapi kebutuhan tubuh anda akan nutrisi yang seimbang.

Nah, untuk itulah kacang-kacangan hadir untuk menjawab kekurangan nutrisi protein yang tidak tersedia pada buah-buahan dan sayur-sayuran.

Kacang-kacangan yang menyediakan protein tinggi adalah: kacang merah, kedelai dan kacang hijau.

Ketiga jenis kacang-kacangan ini memiliki kandungan protein yang sangat tinggi, sehingga sangat dianjurkan dikonsumsi secara rutin oleh ibu hamil di trimester pertama kehamilan.

Susu dan produk turunannya

Susu dan produk yang terbuat dari susu juga merupakan makanan yang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh setiap wanita yang sedang hamil, khususnya bagi ibu hamil yang kehamilannya sudah memasuki usia 1–3 bulan.

Pasalnya, susu dan turunannya memiliki kandungan kalsium yang sangat tinggi, di mana ini dibutuhkan untuk pembentukan struktur tulang, otot dan saraf pada janin yang sedang dikandung.

Untuk alasan itulah kalsium juga menjadi salah satu dari nutrisi penting ibu hamil trimester pertama yang sangat dianjurkan oleh para dokter kehamilan untuk dikonsumsi karena peranannya yang sangat vital dalam pembentukan struktur tulang, otot dan juga saraf dari janin.

Selain itu, fungsi lain dari kalsium yang juga penting bagi ibu hamil di trimester pertama kehamilan adalah untuk memperlancar peredaran darah dan juga menjaga stabilitas degup jantung.

Dengan lancarnya peredaran darah dan juga stabilnya degup jantung, maka akan dihasilkan stamina yang baik — di mana stamina yang baik berguna untuk menghadapi sisa kehamilan yang sekitar 6 bulan lagi yang tentu akan menguras lebih banyak energi anda.

Jika anda tidak mengkonsumsi cukup kalsium diawal kehamilan, maka dikhawatirkan kedepannya anda akan menjalani kehamilan dengan kondisi yang tidak stabil.

Hasilnya, anda mungkin saja bisa mengalami keguguran — dan tentu ini bukanlah hal yang anda inginkan terjadi bukan?

Nah, oleh karena itulah anda perlu untuk mengkonsumsi kalsium dalam jumlah yang cukup guna untuk memberikan tubuh anda stamina yang optimal.

Adapun susu dan produk turunannya yang sangat baik dikonsumsi secara rutin oleh ibu hamil di trimester pertama kehamilan adalah: susu kedelai, keju (mozzarella, feta dan krim keju), susu rendah lemak, tahu dan tempe.

Sereal

Sereal mengandung paket lengkap nutrisi di dalamnya, yaitu karbohidrat, energy, mineral, kalsium, serat dan juga vitamin yang menjadikannya sebagai makanan yang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil di trimester pertama kehamilan.

Dengan mengkonsumsi sereal, maka maka anda sudah memenuhi sebagian besar kebutuhan tubuh anda akan nutrisi yang penting untuk ibu hamil hanya dengan sekali konsumsi.

Adapun jenis sereal yang baik untuk dikonsumi oleh anda yang sedang hamil dengan usia kandungan 1-3 bulan adalah: sereal gandum dan sereal dari jenis whole grain.

Semoga dengan mengkonsumsi ke-5 nutrisi di atas anda berhasil menjalani kehamilan selama 9 bulan dan akhirnya melahirkan seorang BUAH HATI yang anda impikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *