Ini 4 Penyebab Kemandulan Pada Pria yang WAJIB Diketahui

penyebab kemandulan pada priaPenyebab kemandulan pada pria merupakan hal yang penting diketahui oleh setiap pasangan suami istri manapun yang ingin segera memiliki seorang BUAH HATI. Pasalnya, kasus-kasus yang banyak dijumpai di mana seorang istri belum bisa hamil bukan hanya disebabkan karena sang istri yang terganggu kesuburannya, namun juga disebabkan oleh pria yang biasanya memiliki sperma yang kurang atau tidak berkualitas.

Kondisi inilah yang lazim disebut dengan KEMANDULAN pada pria, yaitu suatu kondisi di mana pria memiliki sperma yang kurang atau tidak berkualitas sehingga tidak mampu membuahi sel telur dan akibatnya kehamilan pun tidak dapat terjadi.

Nah, mengingat kemandulan pada pria menyebabkan wanita tidak bisa hamil, maka untuk itulah di artikel ini kami membahas secara khusus terkait masalah kemandulan pada pria ini.

Ada 4 penyebab yang menjadikan seorang pria menjadi tidak subur atau mandul dan berikut kami berikan ulasannya secara lengkap.

Baca juga artikel kami lainnya: 3 Penyebab Kemandulan Pada Wanita

4 Penyebab Kemandulan Pada Pria yang WAJIB Diketahui Oleh Para Suami

Gangguan Hormonal

Hal pertama yang menjadi penyebab mandulnya seorang pria adalah gangguan hormonal.

Gangguan hormonal pada pria menyebabkan hormon yang memiliki fungsi dalam pengaturan kesuburan pria menjadi menjadi lebih tinggi atau bisa juga menjadi lebih rendah kadarnya.

Karena terjadi fluktuasi pada kadar hormon yang mengatur kesuburan, akibatnya hormon ini menjadi tidak stabil.

Nah, ketidakstabilan hormon yang mengatur kesuburan inilah yang menyebabkan munculnya berbagai masalah pada kesuburan pria sehingga akhirnya pria menjadi MANDUL.

Berikut 5 jenis gangguan hormonal yang diketahui menjadi penyebab mandulnya seorang pria:

  • Hipotroid

Hipotroid adalah sebutan untuk jenis gangguan hormonal pada pria yang disebabkan oleh rendahnya kadar hormon tiroid yang berakibat pada rendahnya kualitas sperma, menurunnya fungsi testis dan juga menurunnya libido.

Rendahnya kualitas sperma, menurunnya fungsi testis serta menurunnya libido inilah yang menyebabkan pria menjadi mandul.

  • Hiperprolaktinemia

Sesuai dengan namanya, hiperprolaktinemia adalah suatu jenis gangguan hormonal yang disebabkan oleh tingginya kadar dari hormon prolaktin.

Tercatat, ditemukan tidak kurang dari 10% (tepatnya sekitar 10% – 40%) kasus kemandulan pada pria yang disebabkan oleh tingginya kadar hormon prolaktin ini.

Tingginya kadar hormon prolaktin ini menyebabkan berkurangnya produksi sperma yang diikuti dengan menurunnya hasrat seksual pria dan terkadang juga menyebabkan impotensi.

  • Hipogonadotropik hipopituitarisme

Hipogonadotropik hipopituitarisme adalah suatu jenis gangguan hormonal yang disebabkan oleh rendahnya produksi dari follicle stimulating hormone yang biasa disingkat dengan (FHS) dan juga rendahnya produksi lutenizing hormone (LH) dari kelenjar pituitari.

Rendahnya produksi dari kedua hormon ini menyebabkan menurunnya tingkat sel dalam testis, terganggunya perkembangan sperma dan lain sebagainya.

Menurunnya tingkat sel dalam testis dan terganggunya perkembangan sperma inilah yang menjadi penyebab kemandulan pada pria.

  • Hiperplasia adrenal kongenital

Gangguan hormonal yang dikenal dengan sebutan medis hiperplasia adrenal kongenital ini terjadi sebagai akibat dari tertekannya kelenjar pituitari yang disebabkan karena meningkatknya kadar hormon andrgoen adrenal.

Akibat dari hal ini, produksi sperma menjadi rendah, gerakan sperma menjadi kurang aktif dan jumlah sperma yang tidak bisa berkembang dengan baik meningkat.

  • Panhipopituitarisme

Panhipopituitarisme adalah jenis gangguan hormonal pada pria yang disebabkan oleh terganggunya fungsi dari kelenjar pituitari.

Terganggunya fungsi dari kelenjar pituitari ini menyebabkan tertekannya hormon stimulasi tiroid, hormon pertumbuhan dan juga tingkat FSH serta LSH yang berakibat pada munculnya gejala-gejala seperti testis yang berukuran kecil, impotensi dan bahkan hasrat seks yang menurun.

Gangguan Fisik

Penyebab kedua mandulnya seorang pria adalah gangguang fisik.

Ada 6 jenis gangguan fisik yang menjadi penyebab mandulnya seorang pria yaitu: kelainan saluran sperma , torsio testis, varikokel, infeksi dan penyakit, kelainan genetik dan ejakulasi retrograde.

  • Gangguan saluran sperma

Saluran sperma (vas deferens) adalah saluran lurus berbentuk tabung mengarah ke atas yang berfungsi sebagai jembatan tempat lewatnya sperma dari testis menuju kantong sperma.

Nah, karena cedera atau penyakit, saluran sperma ini bisa rusak dan akibatnya sperma yang dihasilkan oleh testis tidak dapat bergerak menuju ke kantong sperma sehingga menyebabkan tidak adanya sperma yang keluar saat pria mengalamai ejakulasi.

Kondisi inilah yang menjadikan seorang pria yang mengalami gangguan pada saluran telurnya menjadi mandul, karena tidak adanya sperma yang bisa dikeluarkan oleh pria untuk pembuahan.

  • Torsio testis

Gangguan fisik berikutnya yang merupakan penyebab kemandulan pada pria adalah torsio testis.

Torsio testis ini adalah istilah medis untuk menyebut suatu kondisi di mana testis memutar secara ekstrim di dalam skrotum (kantung pelir) sebagai akibat dari terpelintirnya funikulus spermatikus.

Terpelintirnya funikulus spermatikus ini terjadi karena adanya kelainan jaringan pada korda spermatika (selaput yang membungkus testis).

Akibat dari memutarnya testi ini suplai darah ke testis menjadi terhenti dan menyebabkan rasa nyeri yang tiba-tiba pada testis.

Jika tidak ditangani dalam waktu 6 jam, kondisi ini bisa menyebabkan kerusakan menetap sehingga menyebabkan kemandulan pada pria.

  • Varikokel

Varikokel adalah gangguan fisik penyebab mandulnya pria yang terjadi karena adanya pembengkakan/pembesaran/pelebaran pembuluh darah vena.

Akibat dari pembengkakan yang terjadi pada pembuluh darah vena ini, darah tidak dapat mengalir dengan baik pada kantung pelir sehingga menyebabkan pembentukan, kuantitas, kualitas serta pergerak dari sperma menjadi terganggu.

Terganggunya pembentukan, kuantitas, kualitas serta pergerakan dari sperma inilah yang menyebabkan seorang pria menjadi mandul.

Sekitar 15% s/d 40% pria yang melakukan evaluasi infertilitas diketahui menderita kemandulan akibat dari gangguan fisik varikokel ini.

  • Infeksi dan penyakit

Beberapa jenis infeksi dan penyakit seperti penyakit gondong, penyakit menular seksual (gonore dan sifilis), tuberkulosis dan tipus dapat menyebabkan seorang pria menjadi tidak subur atau mandul.

Alasannya adalah, karena jenis infeksi dan penyakit yang disebutkan di atas dapat mengganggu produksi atau kondisi sperma dan bahkan dapat menghambat jalannya sperma.

  • Kelainan genetik

Penyakit genetika seperti cystic fibrosis dan jenis penyakit kromosom lainnya meskipun jarang ditemukan kasusnya juga merupakan penyebab kemandulan pada pria.

Hal ini karena penyakit atau kelainan genetik seperti cystic fibrosis menyebabkan lendir-lendir di dslam tubuh mengental yang berakibat pada tersumbatnya saluran-saluran di dalam tubuh.

Akibat dari terjadinya penyumbatan pada saluran-saluran di dalam tubuh ini, beberapa organ vital tubuh seperti paru-paru dan sistem pencernaan menjadi terganggu bahkan bisa rusak.

Nah, gangguan pada paru-paru dan sistem pencernaan inilah yang berakibat pada kacaunya sistem reproduksi pria yang pada akhirnya menyebabkan pria menjadi mandul.

  • Ejakulasi retrogade

Ejakulasi retrogade adalah jenis gangguan fisik untuk menyebutkan suatu kondisi, di mana saat pria mengalami ejakulasi, sperma bukannya keluar melalui penis melainkan masuk ke kandung kemih.

Masuknya sperma ke kandung kemih dan bukannya keluar melalui penis inilah yang menyebabkan seorang pria menjadi mandul.

Gangguan fisik yang istilah medisnya adalah ejakulasi retrogade ini disebabkan oleh komplikasi akibat dari operasi prostat dan kandung kemih.

Selain karena komplikasi operasi prostat dan kandung kemih, efek samping atau penyakit diabetes juga bisa menjadi penyebab dari terjadinya gangguan fisik ejakulasi retrogade ini.

Gangguan Psikologis

Selain gangguan hormonal dan gangguan fisik, kondisi psikologis juga bisa menjadi penyebab kemandulan pada pria.

Beberapa masalah psikologis diketahui menjadi penyebab kemandulan ini.

Hingga saat ini, setidaknya ada 3 penyebab mandulnya seorang pria yang disebabkan karena adanya gangguan atau masalah psikologis pada pria itu sendiri.

Jadi, kronologis munculnya ke-3 penyebab kemandulan ini adalah seperti ini:

Seorang pria mengalami gangguan atau masalah psikologis, nah gangguan atau masalah psikologis inilah yang memicu munculnya ke-3 penyebab kemandulan ini.

3 penyebab mandulnya seorang pria karena adanya gangguan atau masalah psikologis ini adalah: impotensi,  ejakulasi dini dan inkompetensi ejakulasi.

  • Impotensi

Impotensi (disfungsi ereksi) adalah kondisi di mana penis tidak mampu untuk memulai ereksi (menegang/membesar) atau bisa ereksi namun tidak bisa mempertahankannya.

Nah, kondisi di mana penis tidak mampu memulai/mempertahankan ereksi inilah yang menjadi penyebab mandulnya seorang pria.

Impotensi ini terjadi karena salah satu atau kombinasi dari beberapa faktor.

Dulu orang beranggapan, bahwa impotensi ini terjadi karena masalah psikologis seperti rasa bersalah, tegang, dan juga karena rendahnya rasa percaya diri.

Namun penelitian terakhir mengkonfimasi, bahwa impotensi ini disebabkan karena masalah fisik yang kemudian diperburuk dengan adanya gangguan atau masalah psikologis seperti yang disebutkan di atas yaitu rasa bersalah, tegang dan juga rendahnya rasa percaya diri.

  • Ejakulasi dini

Ejakulasi dini adalah istilah medis untuk menyebutkan suatu kelainan psikologis pada pria, yaitu suatu kondisi di mana pria tidak mampu menahan ejakulasi setelah melakukan penetrasi sekurang-kurangnya 30 detik.

Nah, di sinilah letak masalahnya, yaitu ketika ejakulasi terjadi dan penis belum benar-benar berada di dalam vagina.

Kondisi di mana ejakulasi terjadi saat penis tidak berada di dalam vagina inilah yang menjadikan seorang pria menjadi mandul karena tentunya sperma yang dikeluarkan oleh pria saat ejakulasi tidak masuk ke dalam vagina sehingga jelas tidak terjadi pembuahan.

  • Inkompetensi ejakulasi

Dari semua jenis penyebab kemandulan pada pria (gangguan hormonal, gangguan fisik hingga gangguan psikologis), inkompetensi ejakulasi adalah penyebab kemandulan pria yang paling aneh.

Betapa tidak, seorang pria tidak mampu ejakulasi saat berhubungan seksual, namun justru dapat berejakulasi saat melakukan masturbasi.

Aneh bukan?!

Tanpa penjelasan lebih lanjut, anda juga sudah pasti tahu bahwa hal ini pasti membuat wanita tidak akan pernah bisa hamil.

Jelas saja, karena bagaimana mungkin seorang wanita bisa hamil kalau tidak ada sperma yang masuk ke dalam vagina.

Gaya Hidup & Faktor lain

Gaya hidup atau pola hidup yang buruk telah diakui oleh kalangan medis sebagai salah satu penyebab terganggunya atau bahkan rusaknya  kesuburan pria yang berakhir pada kemandulan.

Gaya hidup buruk yang dijalani oleh pria efeknya akan langsung dirasakan pada turunnya produksi sperma, kualitas sperma yang menurun dan juga sperma yang menjadi lamban dalam bergerak.

Hal ini terjadi karena gaya hidup yang buruk menyebabkan kesehatan atau metabolisme tubuh menjadi terganggu yang pada akhirnya berdampak pada tidak stabilnya kinerja dari organ-organ reproduksi pada seorang pria.

Kondisi ini akan menyebabkan pria menjadi tidak subur sehingga terjadilah kemandulan.

Selain gaya hidup buruk, mandulnya seorang pria bisa disebabkan oleh faktor lain.

Berikut beberapa gaya hidup buruk dan juga faktor lain yang bisa menjadi penyebab kemandulan pada pria yang perlu anda ketahui:

  • kebiasaan merokok
  • mengkonsumsi minuman keras secara berlebihan
  • menggunakan obat-obatan terlarang seperti narkoba dan sejenisnya
  • melakukan olahraga secara berlebihan diluar dari batas normal yang ditentukan
  • menggunakan pakaian dalam yang terlalu ketat
  • mengkonsumsi minuman bersoda secara berlebihan dan berkelanjutan
  • paparan zat-zat berbahaya seperti logam berat, pestisida, merkuri, borium dan benzena, dan;
  • kondisi kekurangan gizi seperti anemia dan defisiensi seng (zin) atau vitamin C pada tubuh.

Nah, itulah 4 penyebab yang dapat menganggu atau bahkan merusak kesuburan seorang pria sehingga menyebabkan terjadinya kemandulan.

Setelah mengetahui hal-hal yang dapat menyebabkan terjadinya kemandulan, maka yang perlu anda lakukan selanjutnya adalah menghindari penyebab kemandulan tersebut khususnys penyebaba kemandulan karena gaya hidup buruk dan faktor lain.

Catatan buat para Pria:

Jika setelah 1 tahun menikah dan rutin melakukan hubungan seksual namun hingga saat ini istri belum juga bisa hamil, maka mungkin anda memiliki masalah dengan kesuburan atau bisa saja anda sedang mengalami kemandulan.

Dalam kondisi seperti ini, kami menyarankan anda untuk melakukan pemeriksaan ke dokter untuk memastikan apakah memang anda sedang mandul atau tidak.

Dokter tentu akan memberikan penanganan terbaik jika memang anda mengalami kemandulan.

cara hamil cepat akhir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *