Ini 3 Penyebab Kemandulan Pada Wanita yang WAJIB Diketahui

penyebab kemandulan pada wanitaPenyebab kemandulan pada wanita adalah hal yang teramat sangat penting diketahui oleh setiap pasangan suami istri, khususnya oleh istri yang ingin segera hamil. Karena memang tidak bisa dipungkiri, bahwa hamil tidaknya seorang wanita sebagian besar memang ditentukan oleh wanita itu sendiri, meskipun juga harus diakui bahwa pria juga punya peranan yang besar dalam menentukan bisa tidaknya seorang wanita hamil.

Karena jika seorang wanita MANDUL atau lebih tepatnya TIDAK SUBUR, maka sudah pasti kehamilan yang selama ini diimpikan tidak akan pernah menjadi kenyataan.

Nah, mengingat pentingnya kemandulan pada wanita ini pasti menyebabkan wanita tidak bisa hamil, maka untuk itulah di artikel ini kami membahas secara tuntas terkait masalah ini, yaitu apa yang menyebabkan seorang wanita menjadi mandul.

Tujuannya adalah, agar dengan mengetahui penyebab kemandulan, anda menjadi tahu hal-hal apa saja yang harus dihindari yang mana hal tersebut merupakan penyebab mandulnya seorang wanita.

Artikel ini adalah lanjutan dari artikel kami sebelumnya, yaitu Penyebab Kemandulan Pada Pria yang membahas seputar hal-hal apa saja yang menyebabkan seorang pria menjadi mandul.

3 Penyebab Kemandulan Pada Wanita yang Sebaiknya Diketahui

Umumnya, hanya ada 3 penyebab utama wanita mengalami kemandulan atau ketidaksuburan.

3 penyebab itu adalah: (1) gaya hidup yang buruk, (2)  gangguan pada organ reproduksi wanita dan (3) efek samping dari obat-obatan.

Nah, tiga hal inilah yang menjadi biang keladi utama penyebab mandulnya seorang wanita!

Penyebab PERTAMA : Gaya hidup yang buruk

Penyebab dari mandul atau tidak suburnya seorang wanita karena gaya hidup yang buruk disebabkan oleh 5 hal yaitu:

1. Merokok

Merokok akan menyebabkan gangguan pada serviks dan tuba fallopi.

Kondisi ini menyebabkan sperma tidak akan bisa menjangkau sel telur yang berada di tuba fallopi karena terhambat di servis akibat gangguan pada serviks tersebut.

Disamping itu, sel telur juga tidak akan bisa masuk ke tuba fallopi karena adanya gangguan pada tuba fallopi tersebut.

Akibat dari hal ini, sperma tidak akan bisa membuahi sel telur dan jadilah wanita tersebut mengalami kemandulan.

Lebih jauh, merokok juga diduga kuat dapat menyebabkan ovarium (indung telur) mengalami penuaan lebih cepat sehingga ovum (sel telur) akan habis lebih cepat sebelum waktunya dan akibatnya peluang kehamilan pun akan menurun secara drastis.

2. Alkohol

Selain rokok, alkohol juga merupakan penyebab kemandulan pada wanita yang pengaruhnya cukup atau bahkan boleh dikatakan sangat besar.

Penelitian telah membuktikan bahwa alkohol secara signifikan dapat menurunkan kinerja jantung, hati dan organ reproduksi.

Sejumlah studi juga menunjukkan korelasi yang sangat nyata antara kebiasaan mengkonsumsi alkohol dan peluang kehamilan.

Bahwa semakin tinggi tingkat konsumsi alkohol maka semakin kecil pula peluang seorang wanita untuk bisa hamil.

Hal ini terjadi karena alkohol mengandung karbohidrat murni namun sama sekali tidak mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan untuk memecah karbohidrat murni tersebut.

Akibatnya, tubuh terpaksa harus mengambil vitamin dan mineral dari bagian tubuh yang lain termasuk dari organ reproduksi untuk memecah karbohidrat murni ini.

Jika hal ini terjadi secara terus menerus (artinya anda mengkonsumsi alkohol secara terus menerus), maka tubuh akan sampai pada kondisi yang disebut dengan deplesi vitamin dan mineral, yaitu suatu kondisi di mana tubuh tidak lagi dapat menyerap dan memproses vitamin dan mineral dengan baik.

Akibat dari hal ini, tubuh anda secara keseluruhan termasuk organ reproduksi akan kekurangan vitamin dan mineral.

Sementara disisi lain, agar dapat berfungsi degan baik, organ reproduksi kita membutuhkan asupan nutrisi dan mineral yang cukup.

Sehingga jika asupan nutrisi dan mineral ini tidak mencukupi untuk kebutuhan organ reproduksi dalam menjalankan fungsinya, maka sudah pasti sistem reproduksi akan kacau dan akibatnya tingkat kesuburan akan menurun secara signifikan.

Nah, saat anda sering mengkonsumsi alkohol, kondisi buruk ini pasti akan menimpa anda, sehingga jadilah anda sulit untuk bisa hamil atau dengan kata lain anda menjadi MANDUL.

3. Kafein

Penyebab kemandulan pada wanita berikutnya yang disebabkan oleh gaya hidup yang buruk adalah seringnya mengkonsumsi minuman yang mengandung kafein tinggi seperti misalnya kopi.

Sebuah studi telah dilakukan di Belanda yang dipublikasikan dalam British Journal of Farmakologi untuk meneliti kaitan antara konsumsi kafein (dalam hal ini kopi) dengan tingkat peluang kehamilan.

Studi yang melibatkan 9000 responden wanita tersebut menghasilkan temuan yang cukup mengejutkan, yaitu bahwa:

Stimulan kafein yang terkandung di dalam kopi bisa mengganggu pelepasan sel telur dari indung telur menuju rahim yang akibatnya membuat pembuahan tidak dapat terjadi.

Nah, dari hasil studi ini sudah sangat jelas, bahwa kafein seperti kopi dapat menyebabkan pembuahan tidak dapat terjadi sehingga anda tentu tidak akan bisa hamil, atau dengan kata lain anda menjadi tidak subur atau mandul.

4. Berat badan

Kelebihan berat badan juga merupakan faktor penyebab kemandulan pada wanita.

Menurut anjuran dokter kehamlan, idealnya, agar seorang wanita bisa hamil maka ia tidak boleh terlalu gemuk dan tidak boleh juga terlalu kurus.

Hal ini dapat dijelaskan sebagai berikut:

Ketika anda mengalami kelebihan berat badan (obesitas), berarti tubuh anda kelebihan lemak.

Indikasi bahwa anda kelebihan berat badan adalah jika nilai Indeks Massa Tubuh (BMI) anda sama dengan atau lebih dari 25.

Lemak yang berlebihan ini menyebabkan kinerja dan produksi hormon-hormon reproduksi wanita (andrgoen dan estrogen) yang berperan penting dalam mengatur proses ovulasi menjadi terganggu.

Akibatnya jelas, bahwa proses ovulasi pasti akan terganggu, atau dalam kondisi terburuknya tidak terjadi sama sekali, dan ini secara otomatis membuat pembuahan tentu tidak akan bisa terjadi.

5. Olahraga

Olahraga sangat dianjurkan untuk wanita yang ingin secepatnya bisa hamil.

Hal ini karena olahraga membuat proses metabolisme menjadi lancar dan dampak postifinya adalah membuat kinerja organ reproduksi juga berjalan dengan baik.

Namun, saat anda melakukannya dengan kadar yang berlebihan (dalam artian anda berlohraga melebihi dari batas normal) maka kondisi yang terjadi justru sebaliknya, anda akan sulit hamil.

Banyak studi yang telah dilakukan membuktikan bahwa olahraga berlebihan merupakan penyebab kemandulan pada wanita.

Norwegian University of Science and Technology dalam sebuah studi yang dilakukannya menyimpulkan bahwa:

Olahraga secara berlebihan bisa merusak kesuburan wanita. Ini terjadi ketika seorang wanita berolahraga dengan frekuensi 3x lebih sering dari wanita yang berolahraga secara normal.

Studi lain yang dilakukan oleh Harvard University menemukan fakta, bahwa atlet seringkali mengalami ketidakteraturan siklus menstruasi.

Sumber : http://doktersehat.com/efek-samping-olahraga-berlebihan

Dari 2 hasil studi ini sudah sangat jelas, bahwa saat seorang wanita berolahraga secara berlebihan, maka wanita tersebut beresiko mengalami penurunan tingkat kesuburan dan akibat terburuknya bisa membuat wanita tersebut menjadi mandul.

Penyebab KEDUA : Gangguan pada organ reproduksi wanita

Selain karena gaya hidup yang buruk, kemandulan pada wanita bisa juga disebabkan karena adanya gangguan pada organ reproduksi wanita itu sendiri.

Berikut 5 hal yang merupakan penyebab kemandulan pada wanita yang disebabkan karena adanya gangguan pada organ reproduksi wanita:

1. Gangguan ovulasi

Ovulasi adalah sebuah proses di mana sel telur yang sudah matang dilepaskan dari ovarium (indung telur) menuju tuba fallopi untuk dibuahi oleh sperma.

Dalam kondisi tertentu, pelepasan sel telur ini bisa terganggu sehingga menyebabkan sel telur tidak dapat dilepaskan sama sekali — atau tetap dilepaskan namun dalam periode waktu yang lebih lama dari yang seharusnya.

Kondisi ini lazimnya disebut dengan Gangguan Ovulasi.

Ada beberapa hal yang menyebabkan terjadinya gangguan ovulasi ini:

  • Gangguan tiorid. Adalah gangguan pada kelenjar tiroid yang menyebabkan sistem metabolisme tubuh menjadi terganggu dan akibatnya menyebabkan kinerja organ reproduksi pun akan ikut terganggu. Efek negatif yang paling nyata dari ganguan tiroid pada sistem reproduksi adalah ovulasi menjadi tidak teratur.
  • Sindrom ovari polisistik. Adalah penyebab kemandulan pada wanita karena adanya gangguan hormon yang menyebabkan ovarium (indung telur) mengalami kesulitan dalam memproduksi ovum (sel telur). Akibatnya adalah ovulasi akan sulit terjadi karena kurangnya sel telur yang dapat berovulasi.
  • Kegagalan ovarium prematur. Kegagalan ovarium prematur atau istilah medisnya insufisiensi ovarium primer adalah suatu kondisi di mana ovarium (indung telur) kehilangan fungsi normalnya (salah satunya adalah tidak dapat melepaskan sel telur secara teratur) saat wanita belum mencapai usia 40 tahun.

2. Kerusakan pada tuba fallopi (saluran indung telur)

Tuba fallopi atau saluran indung telur adalah tabung yang menghubungan antara indung telur (ovarium) dengan rahim (uterus), di mana tabung ini berfungsi sebagai tempat bertemunya sel telur dan sperma untuk melakukan pembuahan.

Saat terjadi kerusakan pada tuba fallopi, maka sel telur tidak akan bisa bergerak lebih jauh di dalam saluran tuba fallopi ini untuk bisa dijangkau oleh sperma.

Ketika sel telur tidak bisa dijangkau oleh sperma, maka pembuahan sudah pasti tidak akan bisa terjadi dan kehamilan pun juga tentu tidak bisa terjadi.

Nah, sampai di sini sudah sangat jelas bagaimana kerusakan tuba fallopi ini menjadi penyebab kemandulan pada wanita.

Untuk informasi yang lebih lengkap mengenai penyebab kerusakan tuba fallopi ini silahkan baca di sini: Penyebab Tuba Fallopi Tersumbat.

Kerusakan pada tuba fallopi ini umumnya disebabkan oleh 3 hal:

Pertama — Karena wanita menderita penyakit radang panggul, yaitu suatu jenis penyakit yang berupa infeksi ovarium, tuba fallopi, leher rahim, rahim atau panggul perempuan.

Kedua — Karena pernah menjalani operasi akibat kehamilan ektopik, di mana janin yang berkembang di tuba fallopi (bukan di rahim) terpaksa dikeluarkan melalui prosedur operasi karena dapat membahayakan nyawa ibu yang sedang hamil.

Ketiga — Karena adanya tuberkolosis pada panggul. Penyebab ketiga ini merupakan penyebab kerusakan pada tuba fallopi yang paling umum dijumpai.

3. Gangguan lendir serviks

Penyebab kemandulan pada wanita berikutnya yang disebabkan oleh terganggunya organ reproduksi wanita adalah karena adanya gangguan pada lendir serviks.

Hal ini terjadi karena, lendir serviks yang biasanya secara alami menipis dengan sendirinya saat terjadi ovulasi, kini karena adanya gangguan ini menyebabkan lendir serviks ini tidak dapat menipis.

Akibatnya adalah, sperma kesulitan dalam bergerak menuju tuba fallopi untuk membuahi sel telur.

Dan hasilnya sudah bisa ditebak — pembuahan tidak bisa terjadi dan kehamlian pun sudah pasti tidak akan bisa terjadi juga.

4. Submucosal fibroid

Submucosal fibroid adalah salah satu tumor jinak namun tidak bersifat kanker yang umunya tumbuh di dalam rahim namun bisa juga disekitar rahim.

Tumor ini berkembang dimulai dari lapisan otot dinding rahim dan pada puncaknya dapat menyebar hingga ke rongga rahim.

Kondisi ini membuat embrio yang merupakan hasil dari pembuahan sperma dan sel telur tidak bisa memasuki rahim, sehingga juga beresiko menyebabkan kehamilan ektopik (kehamilan diluar rahim).

Hingga saat ini, tumor submusocal fibroid yang merupakan penyebab kemandulan pada wanita ini belum diketahui secara pasti penyebab munculnya.

5. Endometriosis

Endometriosis adalah pertumbuhan jaringan yang terjadi di rahim dan menonjol keluar dari rahim.

Jaringan yang menonjol keluar ini dar rahim ini akhirnya akan tertanam dan tumbuh dibagian organ reproduksi yang lain seperti di tuba fallopi.

Jaringan yang tumbuh di tuba fallop inilah yang menjadi penyebab dari mandulnya seorang wanita, karena jaringan ini akan tumbuh sehingga menyebabkan saluran tuba fallopi menjadi tersumbat dan akibatnya sel telur dan sperma tidak bisa bertemu untuk membentuk pembuahan.

Penyebab KETIGA : Efek samping dari obat-obatan

Penggunaan jenis obat-obatan tertentu tidak bisa dipungkiri juga merupakan penyebab kemandulan pada wanita yang cukup besar pengaruhnya.

Berikut beberapa jenis obat-obatan yang secara signifikan bisa memperburuk kesuburan anda hingga menyebabkan kemandulan.

  • Obat anti-inflamasi nonstreoid (OAINS). Pengguanaan obat jenis ini dalam dosis tinggi atau dalam jangka waktu yang panjang akan membuat pemakainya mengalami kesulitan untuk hamil. Jenis obat-obatan anti-inflamasi nonsteroid ini adalah semua obata-obatan yang masuk dalam golongan aspirin dan ibuprofen.
  • Neuroleptik. Obat jenis ini digunakan untuk mengobati gejala schizophrenia positif akut. Penggunaan obat ini kadang membuat siklus mentruasi penggunanya menjadi tidak teratur, bahkan dapat menyebabkan kemandulan.
  • Obat untuk kemoterapi. Obat yang digunakan sebagai terapi dalam pengobatan kanker ini meskipun jarang dijumpai kasusnya bisa merusak indung telur. Bahkan kemungkinan kerusakan pada indung telur yang diakibatkan oleh jenis obat untuk kemoterapi ini bersifat permanen, artinya wanita menjadi mandul.
  • Obatan-obatan terlarang. Ganja dan Kokain adalah jenis obat-obatan terlarang penyebab mandulnya seorang wanita yang secara signifikan akan mempersulit terjadinya ovulasi, sehingga akibatnya membuat waita susah hamil.

Itulah 3 penyebab dari mandulnya seorang wanita yang penting anda perhatikan karena akan membuat susah hamil jika diabaikan.

cara hamil cepat akhir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *