pendarahan implantasi

Serba-serbi Pendarahan Implantasi, Dikira Haid Padahal Hamil

Jika Anda sedang berusaha punya anak, menunggu kapan Anda resmi “terlambat datang bulan” bisa membuat Anda geregetan.

Bagian yang paling menjengkelkan adalah ketika Anda sudah merasa berharap dan “ge-er” karena haid tak kunjung datang, tapi kemudian Anda menemukan sedikit bercak darah pada pakaian dalam Anda.

Jangan langsung kecewa…

…flek darah yang Anda alami ini bisa jadi adalah pendarahan implantasi, salah satu tanda Anda sedang hamil muda.

hamil cara cepat awal

Apa itu pendarahan implantasi?

Pendarahan implantasi terjadi ketika telur yang dibuahi menempel pada lapisan rahim.

Penempelan ini dapat menyebabkan sebagian kecil dari lapisan rahim terkikis, yang keluar dari vagina dalam bentuk cairan berwarna cokelat atau merah muda, sering disebut juga sebagai flek darah.

Jenis bercak tipis ini bisa berarti bahwa Anda sedang hamil.

Membedakan pendarahan implantasi dengan haid

Pendarahan implantasi dapat menyerupai menstruasi, terutama selama beberapa hari pertama haid ketika Anda mengalami haid yang ringan.

Berikut adalah cara untuk membedakan antara pendarahan implantasi dengan menstruasi:

  • Amati derasnya: Pendarahan dari implantasi bersifat ringan dan akan tetap ringan, tetapi menstruasi dimulai dengan ringan dan kemudian akan menjadi deras. Pendarahan implantasi tidak mengandung gumpalan darah yang sering muncul saat menstruasi.
  • Periksa warnanya: Darah merah yang terlihat terang atau cerah menandakan menstruasi, dan cairan yang tampak sedikit merah muda atau cokelat dapat menjadi tanda implantasi. Pendarahan dari implantasi terkadang dapat terlihat merah, tetapi lebih sering terlihat cokelat atau merah muda.
  • Keteraturan: Pendarahan menstruasi biasanya terus terjadi selama jangka waktu penuh haid tanpa berhenti, tetapi pendarahan dari implantasi dapat datang dan pergi. Pendarahan implantasi sering menyebabkan bercak atau pendarahan yang muncul dan hilang selama sekitar satu atau dua hari. Ini berbeda dari siklus menstruasi yang biasanya berlangsung selama empat sampai tujuh hari.
  • Tingkat keparahan kram: Pendarahan menstruasi maupun implantasi dapat menyebabkan kram, tetapi kram dari haid bisa terasa jauh lebih intens. Kram ringan atau samar yang tidak pernah meningkat intensitasnya dapat berarti implantasi, terutama jika ditambah dengan cairan coklat atau merah muda.

Tanda hamil lainnya

Jika Anda masih tidak dapat membedakan apakah flek darah Anda terlihat seperti implantasi atau menstruasi, Anda selalu dapat melakukan tes kehamilan di rumah atau memeriksakan diri dengan dokter Anda.

Dokter kandungan dapat memberi tahu apakah Anda harus mulai mencari nama bayi atau hanya harus membeli pembalut.

Sementara itu, perhatikan apakah ada gejala awal kehamilan lainnya, seperti payudara sakit, sakit kepala, perubahan mood, kepekaan terhadap bau, dan peningkatan suhu tubuh saat Anda baru bangun tidur.

cara hamil cepat tengah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *