Ini Tanda Tanda Kehamilan Minggu Pertama yang Perlu Anda Tahu

tanda tanda kehamilan minggu pertamaAnda yang saat ini anda sedang berencana untuk cepat hamil perlu untuk mengetahui tanda tanda kehamilan minggu pertama sehingga anda tidak harus repot-repot pergi ke dokter hanya untuk memastikan apakah anda sedang hamil atau tidak. Selain itu, dengan mengetahui tanda-tanda hamil minggu pertama, anda juga akan menjadi lebih berhati-hati dalam melakukan aktivitas/kegiatan, khususnya aktivitas-aktivitas yang berat.

Karena dikhawatirkan ketika anda tidak tahu bahwa anda sedang hamil, anda justru melakukan aktivitas atau kegiatan yang membisa membahayakan janin anda sendiri, seperti olahraga secara berlebihan yang beresiko menyebabkan keguguran.

Untuk alasan itulah, mengetahui tanda-tanda hamil minggu pertama ini menjadi penting.

Umumnya, banyak wanita yang tidak tahu tentang tanda-tanda awal kehamilan, sehingga mereka tidak tahu apakah sedang hamil atau tidak.

Nah, karena umumnya banyak wanita yang tidak tahu tentang tanda-tanda hamil minggu pertama, padahal ini sangat penting karena berguna untuk menghindari hal-hal buruk yang bisa terjadi pada janin disebabkan karena ketidaktahuan wanita bahwa ia sedang hamil atau tidak…

…maka karena itulah di artikel ini kami membahas mengenai tanda-tanda hamil minggu pertama.

Berikut Tanda Tanda Kehamilan Minggu Pertama yang Perlu Anda Ketahui

Umunya orang-orang melihat tanda-tanda kehamilan dengan cara melihat gejala yang terjadi pada tubuh, seperti mual, muntah dan terlambat haid.

Namun sebenarnya, mengetahui apakah anda sedang hamil atau tidak hanya dengan melihat gejala seperti mual, muntah dan juga terlambat haid kadang tidak akurat.

Karena memang gejala seperti mual, muntah dan terlambat haid memang umum terjadi pada setiap wanita yang sedang hamil, tapi hal ini tidak berlaku sebaliknya.

Maksudnya adalah, seorang wanita yang mengalami gejala seperti mual, muntah dan juga terlambat haid belum tentu hamil, bisa saja gejala ini terjadi karena disebabkan oleh hal lain.

Oleh karena itu, agar anda bisa lebih akurat dalam mengetahui bahwa anda benar-benar sedang hamil atau tidak, maka anda perlu mengetahui gejala hamil lainnya yang semakin mempertegas bahwa anda memang benar-benar sedang hamil dan usia kehamilan anda sudah sekitar minggu.

Berikut 7 gejala hamil lainnya selain mual, muntah dan terlambat haid yang umumnya terjadi pada wanita yang sedang hamil.

1. Kurang nafsu makan

Jika anda tiba-tiba merasa kurang nafsu makan, bahkan terhadap makanan yang paling anda sukai pun anda tidak berselera, maka itu merupakan tanda bahwa anda sedang hamil.

Kurangnya nafsu makan ini terjadi karena mual dan muntah yang anda alami sebelumnya yang merupakan pertanda awal kehamilan.

Selain itu, perubuahan hormon dalam tubuh sebagai reaksi karena adanya kehamilan yang terjadi, juga merupakan penyebab dari menurunnya nafsu makan ini.

Menurunnya nafsu makan ini merupakan hal yang wajar bagi setiap wanita yang sedang hamil, jadi tidak perlu dikhawatirkan.

2. Mudah lelah

Mudah lelah, atau lebih tepatnya fisik yang mudah lelah, adalah gejala umum kehamilan yang dialami oleh hampir atau bahkan semua wanita yang sedang hamil.

Gejala mual sebagai tanda tanda kehamilan minggu pertama ini dipertegas pada saat wanita melakukan aktivitas — yaitu biasanya wanita akan merasa lebih cepat lelah atau letih padahal ini tidak biasanya terjadi.

Gejala mudah lelah ini terjadi sebagai akibat meningkatnya hormon progesteron secara otomatis saat terjadi kehamilan, di mana peningkatan hormon ini terjadi sebagai stimulan dari tubuh karena memang hormon ini berfungsi untuk mendukung kehamilan dan juga perkembangan janin.

Meningkatnya hormon progesteron ini menyebabkan metabolisme tubuh wanita menjadi lambat, inilah yang menyebabkan seorang wanita mudah merasa lelah karena metabolisme tubuh yang tidak berada dalam kondisi yang optimal seperti biasanya.

Jika hal ini terjadi pada anda, maka kemungkinan besar anda memang sedang hamil.

3. Ingin makan makanan tertentu

Gejala yang juga acap kali dialami oleh wanita yang sedang hamil adalah munculnya keinginan terhadap makanan tertentu — istilah bekennya “NGIDAM”.

Keinginan terhadap makanan tertentu ini normal terjadi pada setiap wanita yang hamil, khususnya pada makanan-makanan yang memberikan energi dan kalsium, seperti produk susu dan sejenisnya.

Selain ngidam pada jenis makanan tertentu, wanita yang sedang hamil juga kadang ngidam pada makanan yang diluar dari kebiasaanya (makan yang tidak biasa dia konsumsi).

Contoh sederhananya adalah, anda tidak biasa atau bahkan hampir tidak pernah makan mie ayam, tapi tiba-tiba ingin sekali makan mie ayam — nah, jika ini terjadi pada anda, maka kemungkinan besar anda memang sedang hamil 1 minggu.

4. Lebih sensitif terhadap bau

Wanita menjadi lebih sensitif penciumannya terhadap bau juga merupakan tanda tanda kehamilan minggu pertama yang umum terjadi pada wanita.

Bau-bau yang sangat atau terlalu menyengat kadang dapat membuat seorang wanita yang sedang hamil 1 minggu merasa mual dan bahkan sampai muntah.

Bahkan juga terhadap aroma yang harum seperti pewangi ruangan pun bisa membuat seorang wanita mual dan sampai akhirnya muntah jika memang wanita tersebut sedang hamil.

Wanita menjadi lebih sensitif atau merasa sangat terganggu terhadap bau rokok padahal sebelumnya tidak demikian, juga merupakan tanda bahwa wanita sedang hamil.

Meningkatnya kadar hormon progesteron kemungkinan besar merupakan penyebab munculnya gejala wanita menjadi lebih sensitif terhadap jenis bau-bauan ini.

5. Lebih sering buang air kecil

Selain menjadi lebih sensitif terhadap bau, wanita yang sedang hamil 1 minggu juga kadang menjadi lebih sering buang air kecil, bahkan kadang rasa ingin buang air kecil ini tidak bisa ditahan.

Gejala sering buang air kecil muncul sebagai akibat dari meningkatnya efesiensi kinerja ginjal dan juga pertumbuhan rahim (uterus) yang menyebabkan terjadinya tekanan pada kemih sehingga muncullah gejala sering buang air kecil.

Penyebab lain dari seringnya buar air kecil ini juga adalah karena meningkatnya jumlah cairan tubuh sebagai akibat dari terjadinya kehamilan.

Kondisi ini tentu akan membuat anda sangat repot karena harus sering masuk-keluar  toilet pada malam hari saat hendak tidur.

6. Morning sickness

Di atas telah disebutkan, bahwa tanda tanda kehamilan minggu pertama yang paling umum terjadi adalah mual dan muntah.

Nah, morning sickness adalah suatu istilah medis untuk menyebutkan suatu kondisi di mana seorang wanita yang sedang hamil di minggu pertama merasakan mual, muntah, lelah dan juga gejala lainnya di pagi hari.

Morning sickness adalah gejala awal kehamilan yang memang dialami oleh setiap wanita yang sedang hamil pada minggu-minggu awal kehamilan.

Namun, meskipun hal ini umum terjadi pada wanita, tidak semua wanita di awal-awal kehamilan atau diminggu-minggu pertama kehamilan merasakan hal ini.

Umumnya, morning sickness ini hanya sering dialami oleh wanita hamil yang memiliki gangguan atau penyakit lambung.

Jika anda merasakan gejala yang persis seperti ini, maka kemungkinan besar anda memang sedang hamil dan usia kehamilan anda baru berumur sekitar 1 minggu atau lebih.

7. Terjadi perubahan fisik

Terjadinya perubahan fisik pada seorang wanita juga merupakan tanda tanda kehamilan minggu pertama yang biasa terjadi pada seorang wanita.

Perubahan fisik yang biasa terjadi pada wanita yang hamil diminggu-minggu pertama adalah:

Payudara membesar dan lebih sensitif, organ kewanitaan serta tekstur mulut rahim mengalami perubahan warna (ini hanya dapat anda amati jika anda jeli) dan terkahir yang biasanya juga berubah adalah ukuran tubuh yang terlihat agak lebih besar dari biasanya.

Nah, itulah cara bagaimana anda bisa mengetahui tanda-tanda hamil minggu pertama yang umum terjadi pada wanita di awal-awal kehamilan.

Jika anda mengalami semua atau sebagian besar dari tanda-tanda hamil di atas, maka kemungkinan besar anda memang sedang hamil dan usia kehamilan anda masih terhitung minggu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *