wanita gemuk susah hamil

Benarkah Wanita Gemuk Sulit Hamil?

Anda tentu sering mendengar dari orang-orang, dari blog-blog di internet atau juga dari sumber-sumber lain yang mengatakan bahwa wanita gemuk sulit hamil.

Namun benarkah seperti itu?

Karena jika memang wanita yang gemuk itu sulit untuk hamil, maka tentu tidak akan ada orang gemuk yang berhasil hamil.

Tapi kenyataanya, banyak juga kita jumpai wanita yang gemuk dan ternyata bisa hamil.

Jadi seperti apakah yang sebenarnya?

Apakah memang wanita gemuk itu sulit hamil? Atau hanya isu-isu saja?

Untuk menjawab pertanyaan ini, maka kita harus merujuk pada sudut pandang medis berdasarkan pada penelitian atau studi dan bukannya menggunakan dugaan semata.

Kembali ke pertanyaan Benarkah bahwa wanita gemuk sulit hamil?

Jawabannya BENAR!

Ya, memang benar bahwa wanita gemuk itu sulit hamil.

Namun pun begitu, tidak semua wanita yang berbadan gemuk pasti sulit hamil, karena banyak faktor lain yang juga mempengaruhi terjadinya kehamilan — kegemukan hanya salah satunya.

Kebenaran dari pernyataan yang mengatakan bahwa wanita gemuk sulit hamil sudah dibuktikan dengan beberapa hasil studi dan juga diperkuat dengan pendapat dari beberapa dokter ahli.

Salah satu studi yang dilakukan untuk meneliti kaitan antara berat badan yang berlebih (obesitas) dengan tingkat kehamilan adalah studi yang dilakukan di Michigan University Amerika Serikat.

Penelitian ini melibatkan 50.000 responden wanita yang sedang mengikuti program peningkatan kesuburan dengan menggunakan teknologi reproduksi.

Hasilnya, ditemukan fakta yang cukup mencengangkan, yakni wanita dengan Indeks Massa Tubuh di atas 40 memiliki peluang kehamilan 35% lebih sedikit dari pada peluang kehamilan wanita yang memiliki Indeks Massa Tubuh normal (18<IMT<23).

Artinya apa?

Artinya adalah, wanita yang memiliki berat badan berlebih (obesitas) — SULIT untuk hamil!

Penelitia lain yang semakin memperkuat kebenaran dari pernyataan bahwa wanita gemuk itu sulit hamil adalah penelitian yang dilakukan oleh Babycenter Medical Advisor.

Penelitian ini mengungkapkan, bahwa teknologi modern seperti bayi tabung sekali pun sulit dilakukan pada wanita yang mengalami obesitas.

Alasan sulitnya wanita gemuk hamil menurut penelitian yang dilakukan oleh Babycenter Medical Advisor ini adalah, karena sulitnya embrio ditanam pada rahim (uterus) wanita yang gemuk sehingga membuat tingkat kehamilan pada wanita gemuk sangat rendah.

Jadi bisa dibayangkan, dengan teknologi bayi tabung yang modern saja, embrio sulit di tanam pada rahim wanita yang gemuk, apalagi jika embrio ini harus tertanam secara alami pada rahim wanita yang gemuk — jelas lebih sulit lagi.

Nah, kondisi di mana embrio sulit tertanam pada rahim wanita yang gemuk inilah yang menjadi salah satu sebabnya, mengapa wanita gemuk sulit hamil.

Selain dua penelitian tersebut, beberapa dokter ahli juga memberikan pernyataan yang sama, bahwa wanita yang mengalami kegemukan memang sulit hamil.

Salah satu dari sekian banyak dokter ahli yang mengatakan bahwa wanita gemu itu sulit hamil adalah dr. Spencer Richlin, MD seorang spesialis Endokrinologi Reproduksi dan Kesuburan dari RMACT: Reproductive Medicine Centers of Excellence, di mana beliau menyatakan bahwa:

“Kegemukan atau obesitas tidak akan membuat wanita sulit hamil, jika periode haidnya normal.”

Apa yang bisa kita telaah dari yang disampai oleh dr. Spencer Richlin, MD ini adalah, bahwa sebenarnya wanita yang gemuk tidak akan sulit hamil jika siklus haidnya normal.

Namun sayangnya, wanita yang kegemukan umumnya memiliki siklus haid tidak normal.

Inilah yang menyebabkan sulitnya kehamilan terjadi pada wanita yang gemuk (obesitas) menurut apa yang dinyatakan oleh dr. Spencer Richlin, MD.

Baca juga : Wanita Kurus Sulit Hamil, Benarkah?

Lebih jauh, jika kita analisa dengan ilmu medis, memang secara teori kegemukan ini bisa menghambat seorang wanita dari kehamilan.

Pasalnya, saat tubuh gemuk, artinya ada lemak berlebih yang menumpuk di dalam tubuh dan tidak terpakai sekaligus tidak dibutuhkan.

Lemak yang berlebih ini secara otomatis akan mempengaruhi kerja dari hormon estrogen, di mana kita tahu, bahwa estrogen ini adalah hormon yang mengatur proses-proses penting reproduksi wanita seperti siklsu haid, ovulasi dll.

Sehingga ketika terjadi gangguan pada kerja hormon estrogen ini akibat dari lemak berlebih yang menumpuk di dalam tubuh, otomatis siklus haid dan ovulasi tidak akan berjalan dengan baik.

Akibatnya, pembuahan akan sulit terjadi dan kehamilan pun sudah pasti tidak bisa terjadi juga.

Selain itu, penyebab lain wanita gemuk sulit hamil adalah, karena lemak yang berlebih di dalam tubuh bisa menyebabkan terjadinya polikistik ovarium…suatu kondisi di mana ovarium menebal sehingga menyebabkan ovarium tidak mampu mengeluarkan sel telur saat tiba waktunya ovulasi.

Hasilnya, karena tidak ada sel telur yang dikeluarkan saat sudah tiba waktunya ovulasi, maka otomatis pembuahan tidak akan terjadi dan kehamilan pun sudah pasti juga tidak akan terjadi.

Nah, dengan penjelasan di atas, maka sudah sangat jelas kiranya, bahwa kegemukan memang bisa membuat seorang wanita sulit untuk hamil.

Namun meskipun begitu, bukan sebuah hal yang mutlak, bahwa setiap wanita yang gemuk (obesitas) pasti tidak bisa hamil.

Karena sekali lagi kami katakan, bahwa banya faktor lain yang juga juga menentukan bisa tidaknya seorang wanita hamil selain kegemukan.

Namun jika selama ini anda sudah berusaha semaksimal mungkin agar bisa hamil tapi hingga saat ini belum juga berhasil, maka bisa jadi penyebabnya adalah karena anda gemuk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *