Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Skip to main content
cara menghitung masa subur haid tidak teratur

2 Cara Menghitung Masa Subur Haid Tidak Teratur Secara Akurat

Salah satu hal paling penting untuk dipahami kalau ingin berhasil menjalankan program hamil adalah tahu cara menghitung masa subur haid tidak teratur dengan benar.

Masa subur sebagaimana yang sudah kita ketahui bersama adalah waktu di mana wanita melepaskan sel telur untuk dibuahi oleh sperma.

Proses pelepasan sel telur nya sendiri dari ovarium ke tuba fallopi dikenal sebagai ovulasi.

Sejak terjadinya ovulasi, sel telur hanya bisa hidup maksimal 24 jam, selanjutnya mati.

Karena itu, mengetahui kapan masa subur datang penting untuk diketahui guna mencegah gagalnya pembuahan terjadi.

Sebab jika bunda berhubungan setelah lewat 24 jam sejak ovulasi, maka percuma, sebab sel telur nya sudah mati sehingga sperma tidak akan membuahi apapun dan hasilnya tidak mungkin bisa hamil.

Nah artikel ini akan memberikan penjelasan bagaimana bunda bisa menghitung masa subur khusus untuk haid tidak teratur, karena ini yang kadang sulit diketahui kapan datangnya.

Artikel ini tidak memberikan perhitungan masa subur menstruasi tidak teratur dengan hitungan kalender, karena sudah dibahas disini, melainkan membahas metode lain, yaitu…

Mengukur suhu basal tubuh

Suhu Basal Tubuh (SBT) adalah suhu tubuh bunda di pagi hari ketika masih berada di tempat tidur dan belum melakukan aktivitas apapun.

Ketika ovulasi terjadi, SBT bunda akan meningkat… karena itu dianjurkan untuk selalu mengukur SBT di pagi hari selama beberapa bulan.

INGAT! Pengukuran SBT ini harus dilakukan dijam yang sama di pagi hari, tujuannya untuk mendapatkan pola yang spesifik.

Di awal siklus haid, SBT ini cenderung stabil (yaitu berkisar di antara 35.5 C – 36 C, tergantung tempat tinggal juga), dan kemudian mengalami penurunan menjelang ovulasi dimulai.

Dan tepat ketika ovulasi terjadi (sel telur dilepaskan dari ovarium ke tuba fallopi), maka SBT bunda akan naik.

Nah kalau bunda ingin hamil, maka hubungan intim sebaiknya dilakukan 2 hari sebelum ovulasi, yaitu sebelum SBT bunda meningkat… alasannya karena sperma butuh waktu untuk sampai ke tuba fallopi.

Kalau bunda berhubungan di waktu tepat ovulasi terjadi, maka dikhawatirkan sel telur nya sudah ada di tuba fallopi lebih dari 24 jam baru sperma tiba, akibatnya sel telur nya sudah mati sehingga tidak terjadi pembuahan.

Catatan:

Gunakan termometer khusus untuk mengukur suhu basal tubuh, karena termometer ini memiliki ketelitian pengukuran lebih akurat dari termometer pada umumnya.

Disarankan untuk memilih yang jenis digital atau merkuri, dan cara penggunaannya di gunakan di dalam mulut atau di dubur.

Mengamati lendir leher rahim

Mrs V bunda mengeluarkan cairan setiap bulannya yang disebut dengan lendir leher rahim.

Tekstur serta warna dari lendir ini sangat bergantung pada kondisi hormon bunda saat itu.

Dengan kata lain, kalau ingin tahu masa subur atau kapan ovulasi terjadi, maka salah satu cara yang bisa dilakukan selain mengukur SBT adalah mengamati perubahan tekstur serta warna dari lendir leher rahim ini.

  • Tekstur. Lendir ini akan menjadi lebih encer dan jernih ketika ovulasi terjadi, tekstur nya licin dan mulur tak ubahnya sebagaimana putih telur mentah, bisa diregangkan 2 hingga 5 cm.
  • Warna. Sebelum ovulasi atau masa subur, warna lendir leher rahim ini cenderung putih keruh, tetapi ketika tiba masa subur, maka warnanya menjadi putih bening seperti putih telur.

Jika bunda mendapati lendir leher rahim pada kondisi ini baik tekstur maupun warnanya, maka lakukanlah hubungan intim, sebab itu bunda dalam keadaan subur atau ovulasi sudah terjadi.

…untuk mengecek lendir ini caranya adalah dengan memasukkan jari tengah atau telunjuk (harus sudah dibersihkan) ke Mrs V hingga mencapai rahim bagian bawah.

Setelah itu perhatikan tekstur dan warnanya seperti yang telah disebutkan di atas.

Demikian penjelasan bagaimana cara menghitung masa subur haid tidak teratur dengan metode lain selain hitungan kalender.

Silahkan dipahami dan dipraktekkan sehingga program hamil yang bunda lakukan bisa berhasil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.